Pulau

Pulau Ketawai Bangka, Pulau Tak berpenghuni yang wajib di Kunjungi

Pulau Ketawai adalah salah satu pulau wisata unggulan yang ada di pulau Bangka Provinsi Bangka Belitung. Pulau yang tak berpenghuni ini menjadi incara para penikmat wisata bawah laut maupun para traveller yang ingin menikmati kesunyian alam di Bangka. Memang, Pulau Bangka terbilang pulau sepi yang tak berpenghuni, hanya ada 1 penjaga pulau yang menempati pulau Ketawai.

foto ig: @emyebpj

Pulau Ketawai memiliki Luas sekitar 30 Hektar dan pulau ini banyak ditanami pohon kelapa, cengkeh dan pohon lainya. Namun Ribuan Pohon kelapa hampir memenuhi seisi pulau. Tak heran bila saat kita berada dipulau ini banyak sekali buah kelapa yang berjatuhan dan tidak diambil pemiliknya.

foto ig: @emyebpj
foto : @anas_tyas.998

Pulau Ketawai ini lokasinya tak begitu jauh dari pelabuhan Desa Kurau yakni hanya ditempuh selama 1.5-2 jam perjalanan Kapal nelayan. Tetapi jika melakukan perjalanan laut dari Kota Pangkalpinang ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bisa ditempuh lebih dari 2 jam.

foto: lorenrenren

Jika pengunjung menyewa perahu di Desa Kurau tarifnya berkisar Rp 750.000 – Rp 900.000 disesuaikan dengan waktu dan kondisi liburan atau hari biasa. Pulau Ketawai sendiri sudah dilengkapi dengan MCK jadi kalian tak perlu khawatir kekurangan air. Ada banyak toilet dipulau ini jadi kalian bisa menikmati air segar setelah snorkling.

foto: @sandy_tju

Buat kalian yang suka snorkling, Pulau ketawai menjadi salah satu pilihan terbaik menikmati keindahan bawah laut Bangka. Di sekitar pulau ketawai banyak spot yang bisa djadikan untuk snorkling. Tak jauh dari pulau ketawai juga ada beberapa pulau kecil lainya. Nah bila air laut sedang surut kita bisa menyebrang diantara pasir menuju pulau-pulau kecil ini. Oh ya, Tak hanya snorkling saja, dipulau ini kita bisa melihat banyak binatang liar seperti burung dan monyet atau biawak.

foto: @rezkypratama

Desember 2017 kemarin temen-temen dari Backpacker Jakarta berkesempatan mendatangi Pulau Ketawai yang menjadi salah satu tujuan Trip Eksplore Bangka. Meski bulan desember bukan waktu terbaik melihat keindahan wisata di Bangka menginga Desember musim penghujan namun hal ini tak mengurangi semangat dan antusias temen-temen dari BPJ. Oh ya buat kalian yang mau ke Bangka usahakan datang di Bulan Maret-Mei karena bulan tersebut musim kemarau.

Pulau ini juga bisa dijadikan sebagai lokasi camping bila kalian ingin menikmati sensasi camping dipulau tak berpenghuni. Seperti yang sudah disampaikan jika dipulau ini ada sumber air bersihnya jadi kalian tak perlu khawatir saat setelah snorkling kalian bisa mandi dipulau ini. Banyak spot camping dan cukup luas yang bisa kalian pilih. Bahkan ketika kalian tibapun area camping didekat dermaga juga tersedia.

sunset di Ketawai (foto: @tadabbur.idn)

Kini Pulau Ketawai semakin berbenah dengan dibangunya papan nama pulau ini membuatnya terlihat cantik dan terawat. Dermaga kayu masih terjaga dan beberapa kapal bisa sekaligus seinggah dipulau ini. Keindahan pasir putihnya dan lautnya membuat pulau ini ini semakin banyak didatangi wisatawan dan menjadi salah satu destinasi yang wajib didatangi jika berkunjung ke Bangka.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata disemua daerah di Indonesia. ( Follow Instagram @emyebpj )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close