Alam & Taman

Pesona Tebing Breksi Gunung Kidul

Dimana sih lokasi tebing breksi ?

Tempat semacam apa ya tebing breksi itu ?

Jika anda berkunjung ke Yogyakarta tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk mengetahui kenapa Yogyakarta ini disebut sebagai daerah istimewa. Yogyakarta, satu kota yang penuh cerita disetiap sudutnya ini selalu menawarkan hal-hal yang sayang untuk dilewatkan baik dikalangan kawula muda hingga orang tua yang selalu ingin bernostalgia.

Hadirnya Tebing Breksi menambah salah satu dari sekian keistimewaan Yogyakarta dan menambah referensi liburan anda ketika berkunjung ke Yogyakarta. Suguhan utama yang disediakan di Tebing Breksi ini adalah tebing yang menjulang tinggi. Awalnya tebing ini adalah tempat penambangan, ketika penambangan berhenti dan lokasi ini ditinggal begitu saja, tempat ini kini menjadi  kawasan wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Pemerintah pun akhirnya memutuskan untuk menjadikan tebing breksi sebagai kawasan wisata pada tanggal 30 Mei 2015.

soloposfm

Sumber : soloposfm

Tebing yang tampak seperti dinding bebatuan yang rata serta ada juga yang berbentuk seperti kue lapis tersebut adalah ornamen-ornamen pahatan bekas penambangan. Karena latar pemandangan yang berbeda dan menghasilkan foto yang instagramable maka tidak heran apabila setiap harinya banyak wisatawan yang berkunjung dari pagi hingga matahari terbenam.

travelingyuk

Sumber : travelingyuk

Jika dilihat-lihat tebing breksi ini mirip dengan Brown Canyon yang ada di Semarang atau bentuk mini dari Grand Canyon di AS. Namun bersamaan dengan peresmian tebing breksi, diresmikan pula Tlatar Seneng yang dilengkapi dengan tempat duduk melingkar dan panggung bulat berdiameter kira-kira 15 meter. Tlatar seneng difungsikan sebagai tempat pertunjukan kesenian disana, sekilas panggung tersebut mirip dengan Colosseum di Roma, Italia.

new-image1

Tidak ada tarif khusus untuk menikmati pemandangan di Tebing breksi, Anda hanya cukup membayar Rp 2.000,00 untuk biaya parkir. Disarankan untuk memakai penutup kepala serta alas kaki senyaman mungkin, dikarenakan lokasi ini sangat terik dan angin kencang yang membawa serpihan pahatan.

yopiknik

Sumber : yopiknik

Lokasi Tebing Breksi ini tidak jauh bahkan sejalur dengan Candi Ijo, tepatnya di Dusun groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Resources :

http://www.njogja.co.id/wisata-alam/pesona-tebing-breksi/

http://piknikasik.com/panorama-tebing-breksi-jogja-keindahan-jogja-dari-atas-bekas-tambang

 

Tags

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *