Gunung

Pesona Keindahan Gunung Ringgit, Situbondo

Gunung Ringgit merupakan sebuah gunung yang terdapat di Pasir Putih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur dan memiliki ketinggian 1.250 meter. Gunung Ringgit juga dikenal dengan nama Gunung Putri Tidur, karena bentuknya yang jika dilihat dari jauh seperti wajah seorang putri yang sedang tertidur. Di gunung ini juga terdapat sebuah makam seorang bangsawan muslim dari Situbondo, yaitu Raden Condro Kusumo.

Sumber : Google.co.id

Walaupun ketinggian gunung ini hanya 1.250 mdpl, namun jalur pendakian gunung ini bisa dikategorikan sulit, karena para pendaki akan dihadapkan dengan tebing yang tingkat kemiringannya dapat mencapai 90 derajat. Oleh karenanya, keterampilan panjat tebing sangat dibutuhkan dalam pendakian gunung ini. Selain itu, di jalur pendakian juga terdapat anak tangga yang disiapkan untuk para peziarah yang ingin menuju Makam Raden Condro Kusumo.

Di jalur pendakian gunung ini, akan banyak sekali dijumpai para peziarah yang ingin menuju makam1 atau makam2 untuk berziarah ke makam Raden Condro Kusumo. Kebanyakan dari para peziarah juga akan bermalam di makam 2 tersebut karena ada beberapa pondok/rumah yang biasa digunakan untuk bermalam para peziarah. Disana juga terdapat toilet dan sumber air yang sangat melimpah.

Sumber : Google.co.id

Selama ini, seringkali ketika kita mendaki gunung, kita tidak berjalan dari 0 mdpl namun pada gunung ringgit ini kita akan mendaki dimulai dari garis pantai -+ 0 mdpl. Itu yang akan menambah kemenarikan pendakian ini. View dari puncak, kita akan dihadapkan pada luasnya laut yang menghadap ke pulau madura. Sedangkan dibelakang kita hamparan pegunungan yang terlihat berlapis-lapis. Jika cuaca cerah kita akan melihat juga Puncak Gunung Raung, Gunung Agung, Gunung Suket dan Gunung Baluran.

Hewan yang banyak menghuni gunung ringgit ini adalah Monyet Pantai, Lutung Hitam (Monyet Caron) dan Babi Hutan (Celeng). Hati hati terhadap logistik dan barang bawaan anda karena Monyet pantai ini seringkali usil dan akan banyak anda temui ketika berada di puncak setelah matahari terbit(Sunrise)

Sumber : Google.co.id

Akses Gunung Ringgit 1250 mdpl via Caron :
– Terminal Surabaya – Terminal Besuki (Situbondo) Naik Bus  [5 Jam] – Terminal Besuki – Carron, Situbondo (SDN 4 Klatakan) atau biasa dikenal dengan sebutan SD Carron. Naik mini bus  [20 menit] – Jalur Pendakian berada disebelah kiri SDN 4 Klatakan. Masuk sekitar 200m jalan paving selanjutnya akan menemui jalan berbatu. [4 menit ] – Dari Pemukiman Warga – Makam 2 Petunjuknya tinggal mengikuti kabel listrik yang menuju makam 2. [1 jam] – Makam 2 – Puncak So’on mengikuti petunjuk anak panah [4 Jam] *jalur menuju puncak dari makam 2, berada pas sebelum makam Raden Condro Kusumo/ Setelah Pohon Besar. Ke arah kanan (ada pohon kelapa).

Ayo ke Gunung Ringgit, Situbondo, Jawa Timur… Semua akan terbayarkan oleh keindahan alamnya…..

Sumber : originaladv.blogspot.co.id
Tags

Related Articles

1 thought on “Pesona Keindahan Gunung Ringgit, Situbondo”

  1. Gunung yg indah sekali, kalo liat dari arah situbondo menuju ke barat wah perfect sekali. Mengingatkan ku sama pemandangan di game skyrim di pc.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *