Alam & Taman

Pesona Bukit Pengilon – Yogyakarta

Bukit Pengilon yang sangat indah dengan hamparan padang rumput hijau. Lokasi wisata satu ini juga sedang hits di media sosial seperti instagram. Meskipun belum terlalu dikenal, namun di instagram sudah mulai banyak yang upload foto – foto selfie mereka dengan hastag #bukitpengilon. Mungkin memang lebih cocoknya Bukit Pengilon Gunungkidul ini disebut sebagai wisata selfie karena panoramanya memang benar – benar memukau.

Tidak percaya? Silahkan datang ke sana dan buktikan sendiri. Walaupun masih banyak yang belum tahu dengan keberadaan tempat ini namun akhir-akhir ini namanya mulai populer dan foto-fotonya mulai banyak lalu-lalang di timeline sosmed.

Foto by wisatalova

Pantai Bukit Pengilon punya keunikan di banding bukit-bukit lainnya. Jika Anda sudah berada di puncak, Anda bisa melihat pemandangan laut lepas yang tepat berada di hadapan Anda. Di sekeliling Anda membentang padang rumput hijau yang masih terjaga kealamiannya.

Sesekali Anda akan melihat hewan ternak milik warga yang sedang merumput. Karena belum banyak yang tahu dengan keberadaan Bukit Pengilon Pantai Siung ini, kondisi alamnya pun masih sangat bersih dan belum ada kerusakan disana sini. Rasanya seperti datang ke sebuah bukit yang belum pernah terjamah manusia.

Foto by Pinterest

Bukit Pengilon terletak di Dusun Wates, salah satu dusun yang ada di Desa Purwodadi, Kec. Tepus Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Siung bagian timur. Jadi sebelum naik ke bukit, Anda bisa mampir sebentar untuk menikmati keindahan pantai yang ada di kaki bukit ini.

Foto by wisatalova

Dalam perjalanan mendaki ke puncak bukit, Anda akan melihat pemandangan yang menakjubkan di sisi kiri dan kanan. Hamparan padang rumput yang hijau dan bersih menghiasi bukit-bukit kecil yang ada di sepanjang kaki gunung purba Batur.

Foto by aecaesa

Jika memandang ke sebelah barat, Anda akan melihat pemandangan hamparan Pantai Banyu Nibo dan Pantai Siung. Hamparan pasir pantai yang putih terlihat jelas di sepanjang pantai. Di sebelah barat ada Pantai Wediombo dan juga Pantai Watu Lumbung.

Di hadapan Anda terhampar pemandangan lautan lepas Samudra Hindia, sesekali Anda akan melihat kapal-kapal melintas. Semua keindahan itu akan menghilangkan semua lelah Anda selama mendaki. Banyak para pengunjung yang berburu spot-spot untuk berfoto. Anda juga tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mengeskplore berbagai sudut yang paling cantik untuk mengabadikan kunjungan Anda ke bukit ini.

Satu hal penting yang tidak boleh Anda lupa yaitu untuk membawa perbekalan makanan dan minuman, apalagi jika Anda berminat untuk berlama-lama di puncak bukit. Disini belum ada fasilitas apapun, jadi tidak ada penjual makanan dan minuman. Anda harus membawa sendiri perbekalan Anda. Mungkin saja Anda akan bertemu dengan warga, namun biasanya mereka hanya warga lokal yang mencari rumput untuk pakan ternak mereka yang tinggal di bawah kaki Gunung Kidul ini.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Bukit Pantai Pengilon adalah pada saat pagi atau sore hari. Jangan naik pada saat matahari sedang tinggi. Karena cuacanya bisa sangat terik dan melelahkan. Jika pun Anda harus naik pada siang hari sebaiknya pakailah jaket dan lindungi kulit Anda dengan sunblock. Kecuali jika Anda memang ingin menghitamkan kulit.

Foto by wisatalova

Puncak Bukit Pengilon juga sering dijadikan area camping ground. Jika Anda punya waktu yang cukup tidak ada salahnya untuk mencoba berkemah di bukit ini. Bonus yang bisa Anda dapatkan adalah pemandangan sunrise dan sunset yang cantik dan pengalaman berkemah yang menyenangkan.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk datang ke bukit ini?

Referensi : http://wisatalova.com; http://www.yogyalagi.com
Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

2 thoughts on “Pesona Bukit Pengilon – Yogyakarta”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *