Danau & Sungai

Pesona Bedugul “Danau Tamblingan”

Danau Tamblingan masih dalam satu kawasan objek wisata yang ada di bedugul. Letaknya berdekatan dengan danau buyan, bahkan saking dekatnya orang orang sering menyebut kedua danau ini sebagai “Danau Kembar”. Danau ini letaknya di desa Munduk, kecamantan Banjar, kabupaten Buleleng. Danau tamblingan merupakan danau yang paling kecil di antara keempat danau yang ada di bali. Tapi jangan salah, danau ini masih terjaga keasrian dan kealamiannya.

plesiryuk.com

Di danau ini kita tidak akan menemukan perahu motor ataupun perahu boat lainnya, yang ada hanyalah perahu sampan milik warga setempat. Hal ini di maksudkan agar kealamian dan keasrian danau tetap terjaga dan tidak tercemar oleh limbah dari bahan bakar perahu motor. Di sini kita bisa menyewa perahu sampan milik warga dan mendayungnya sendiri untuk berkeliling danau. Danau ini di kelilingi oleh pepohonan yang rimbun sehingga membuat udara di sini sejuk dan asri.

bali.panduanwisata.id

Kata “Tamblingan” berasal dari kata “Tamba” yang berarti obat dan “Elingan” yang berarti kemampuan spiritual. Konon, danau ini dulu di jadikan sebagai obat oleh orang orang suci untuk mengobati para penduduk sekitar yang di landa berbagai penyakit. Saat yang pas untuk berkunjung ke danau tamblingan ini adalah pada waktu pagi hari, karena kita bisa melihat indahnya sunrise di danau ini. Selain itu berkunjung di musim hujan, pada saat ini air di danau akan meluap dan membuat pemandangan pura pura yang ada disini seperti mengapung.

kepaksayap5758.blogspot.com

Di danau tamblingan terdapat 11 pura antara lain pura embang, pura tukang timbang, pura dalem tamblingan, pura endek, pura ulun danu dan sang hyang kangin, pura sang hyang kawu, pura gubug, pura tirta mengening, pura naga loka, pura pengukiran, pura pengukusan dan pura batu lepeng. Di antara pura pura tersebut dua di antaranya merupakan pura peninggalan masa pra hindu pada abad ke-10 yaitu pura embang dan pura tukang timbang.

mrahdilatebeh.blogspot.com

Saat pagi di sekitar danau ini sering di jadikan tempat untuk yoga karena udaranya yang sejuk dan tempatnya yang asri. Danau ini juga sering di jadikan lokasi untuk acara pramuka dan juga foto pra wedding.

mrahdilatebeh.blogspot.com
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *