PantaiPulau

Pulau Simping, Kalimantan Barat. Si Mungil Yang Terkecil Di Dunia

Satu lagi Indonesia punya, pulau terkecil di dunia. Yaps, Namanya Pulau Simping, dahulu masyarakat menyebutnya Pulau Kelapa Dua, karena terdapat dua pohon kelapa menjulang di tengah pulau.

Si unik kepunyaan Indonesia yang satu ini terletak di Pantai Teluk Mak Jantu, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Tepatnya berada di kawasan wisata pantai Sinka Island Park, Singkawang dengan luas kurang dari 1Ha. Waah, kebayang dong gimana kecilnya  pulau yang satu ini. Pantas saja disebut sebagai pulau terkecil di dunia.

sumber foto : travel.tribunnews
sumber foto : google

Adapun kondisi pulau ini yaitu berupa daratan yang terdiri dari pasir dan bebatuan yang ditumbuhi beberapa pohon diatasnya. Juga terdapat bangunan yang serupa dengan kelenteng tempat ibadah warga Tionghoa.

Selain itu,  si mungil yang satu ini juga memiliki daya tarik berupa pemandangan pantai, laut dan perbukitan yang indah disekelilingnya. Dimana kalian bisa menikmati suguhan alam itu sambil berjalan-jalan diatas jembatan panjang yang dikelilingi oleh batu-batu.

sumber foto : meisniez.blogspot.com
sumber foto : singkawang.info

Fyi, kedalaman air laut di pulau ini juga tergolong dangkal. Sehingga kalian dapat menikmati hari dipulau ini sambil berenang atau sekedar bermain air tanpa takut tenggelam. By the way, waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi atau sore, sembari menunggu matahari tenggelam.

Nah, membahas pulau terkecil didunia tak afdol rasanya jika tak mengenal asal usulnya. Jadi, menurut penjelasan dari para pedagang makanan setempat, pulau ini dulunya berpenghuni, namun karna terkena abrasi yang parah, pulau inipun kian lama ditinggalkan. Dan penyebutan pulau terkecil di dunia itu pun didapat dari tulisan yang terpampang pada papan petunjuk yang terletak di sisi kiri jembatan menuju pulau yang menyebutkan bahwa statusnya sebagai pulau terkecil diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa. Wowww…. Luar Biasaaa

sumber foto : www.mongabay.co.id

Gimana? Penasaran kah dengan pulau terkecil di dunia yang satu ini? Untuk itu, segeralah berkunjung. Pulau ini tidaklah sulit dijangkau. Hanya butuh waktu 20 menit dari kota singkawang menuju pantai teluk mak jantu.

Apabila kalian dari Kota Pontianak, Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat, butuh waktu tiga jam perjalanan menuju pulau ini, yang jaraknya sekitar 150 kilometer. Rute yang ditempuh relatif bagus. Hanya saja, plang penanda lokasi Pulau Simping yang terletak di Jl.Malindo / sisi kiri jalan arah Kota Singkawang tidak terlalu terlihat. Sehingga harus sedikit cermat untuk menemukannya. Dari Jalan Malindo, kalian harus menempuh jarak sekitar 2 kilometer untuk mencapai Pantai Teluk Mak Jantuk. Karna inilah gerbang untuk memasuki Pulau Simping. Topografinya sedikit berundak, tapi tak perlu khawatir. Karna selama perjalanan, kalian akan dibawa larut dalam suasana pesisir yang sangat asri nan syahdu.

Dan apabila sudah sampai di pulau ini, jangan lupa untuk membeli buah tangan para warga setempat, berupa pakaian, hiasan rumah, sampai bingkai foto yang terbuat dari pasir pantai dan keong.

Selamat berkunjung :)

Referensi : 

https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/kalimantan-barat/pulau-simping-kalimantan-barat-keindahan-pulau-terkecil-di-dunia.html ; http://www.mongabay.co.id/2017/01/15/mongabay-travel-simping-pulau-terkecil-di-dunia-yang-nyaris-dilupakan/
Tags
Show More

kikyamaleader

Nama saya Rizky Amalia. Seorang Accountant sekaligus Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang hobby menceritakan indahnya Indonesia melalui goresan pena. Bagiku, menulis adalah cara untuk melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa. Hingga pada akhirnya, tulisan-tulisan itulah yang akan menceritakan kembali siapa aku dan bagaimana aku melintas di bumi ini.

Related Articles

1 thought on “Pulau Simping, Kalimantan Barat. Si Mungil Yang Terkecil Di Dunia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *