Event BPJ

Pemilihan Duta Backpaker Jakarta Tahun 2018

Duta BPJ, Wakil 1, dan Wakil 2

Malam puncak pemilihan Duta Backpaker Jakarta (BPJ) sukses digelar untuk pertama kalinya di La Piazza Summarecon Kelapa Gading, sabtu (29/09/2018) malam yang mengantarkan Violeta Charisma Saragih perwakilan dari RT 3 sebagai Duta BPJ tahun 2018. Adapun Wakil 1 Duta BPJ diraih oleh Hariyanto dari RT 24 sekaligus terpilih menjadi Duta Persahabatan dan Wakil 2 Duta BPJ diraih Chesa Helsin Qiswian dari RT 25. Sementara Duta Photogenic dimenangkan oleh Alven Delano dari RT 19, sedangkan Duta Favorite dimenangkan oleh Raudhotul Khairiyah Angkat dari RT 32 berdasarkan like dan Komen foto terbanyak di Instagram @bpjanniversary.

Pada tahapan penilaian Grand Final tersebut melibatkan 6 juri yakni Edi M Yamin selaku Founder BPJ, Eka Muchlis Salim Siregar Juri Wawasan Travelling, Astrid Mulyana Juri Kepribadian, dan Bima Prasetya Juri Kebudayaan yang saat ini merupakan Putera Kebudayaan DKI 1 Tahun 2018. Sedangkan untuk juri tamu adalah Nanda Maharani Puteri Kebudayaan DKI 1 dan Amar Finalis Abang None Kepulauan Seribu.

Juri Malam Grand Final

Pembukaan Grand Final digelar sangat meriah, diawali dengan tarian maumere yang dibawakan oleh Finalis Duta BPJ. Sorakan penonton membuat suasana malam itu menjadi sangat spektakuler. Selanjutnya peserta mengenakan pakaian dengan tema travelling sekaligus memperkenalkan diri mereka kepada dewan juri dan para penonton yang hadir. Disesi selanjutnya peserta mengenakan pakaian formal, yakni Finalis Pria mengenakan jas lengkap dengan dasi dan Finalis wanita dibalut dengan gaun malam.

Finalis menari Maumere

Dewan Juri memilih 10 besar Finalis untuk melakukan Speech secara bergantian dengan tema “Melakukan travelling yang ramah lingkungan”. Selanjutnya dipilih 5 besar Finalis untuk menjawab pertanyaan langsung dari Dewan Juri. Disesi terakhir hanya tersisa 3 Finalis untuk dinobatkan sebagai Pemenang Duta BPJ, Wakil 1 Duta BPJ, dan Wakil 2 Duta BPJ.

Pemenang Duta BPJ mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp1.500.000, Keliling Indonesia gratis bersama BPJ, Voucher Trip, dan hadiah dari Sponsor. Wakil 1 Duta BPJ mendapatkan uang tunai senilai Rp750.000, Voucher Trip, dan hadiah dari sponsor. Sementara wakil 2 mendapatkan uang tunai senilai Rp500.000, Voucher Trip, dan hadiah dari sponsor. Adapun pengisi acara dimalam Grand Final diantaranya lantunan puisi yang dipersembahkan oleh Klub Buku dan Blogger, Stand Up Komedi yang dibawakan oleh Nopri dari BPJ Talent, dan pertunjukan Band Omcil dari BPJ Talent.

ALL Finalis Dimalam Grand Final

Pemilihan Duta BPJ bertepatan dengan perayaan Ultah BPJ yang ke-5 dengan mengusung tema “Istimewa”. Windra Mai Haryanto selaku panitia penyelenggara menyampaikan bahwa “tujuan diadakannya pemilihan Duta BPJ adalah memilih Perwakilan BPJ yang bisa memberikan informasi seputar Backpaker Jakarta kepada masyarakat luas sekaligus menjadi representative Organisasi BPJ”.

Persiapan Pulang setelah Karantina

Pemilihan Duta BPJ tahun ini diikuti sebanyak 19 Finalis yang telah mengikuti masa karantina selama 2 hari 2 malam di salah satu hotel yang berada di Kawasan Gambir diantaranya sebagai berikut:

Pemotretan di MONAS (karantina H 2)
  1. Akunami Agrie M / RT 34
  2. Chesa Helsin Qiswian / RT 25
  3. Rendy Cahya Prakosa / RT 26
  4. Verawati / RT 12
  5. Sugeng Riyadi / RT 31
  6. Harjuna Edi / RT 33
  7. Gyshella Marshyane / RT 31
  8. Sari Anggar / RT 24
  9. Violeta Charisma Saragih / RT 3
  10. Dedi Nurfadila Ardi / RT 28
  11. Alven Delano / RT 19
  12. Yulia Wijaya Sari / RT 26
  13. Alikza / RT 35
  14. Ismoyo Eko Purwanto / RT 2
  15. Meta Yanti / RT 14
  16. Hariyanto / RT 24
  17. Saskia Fawzia Achmad / RT 34
  18. Raudhotul Khairiyah Angkat / RT 32
  19. Deni Sahputra / RT 35

Pada hari pertama, para Finalis melakukan FGD (Forum Group Discussion) yang dibagi menjadi 2 kelompok dengan tema yang ditentukan oleh panitia. Selanjutnya dihari kedua diberikan pembekalan Materi LETPRO oleh Eka Muchlis Salim Siregar dan Kepribadian disampaikan oleh Astrid Mulyana. Siang harinya Finalis melakukan sesi pemotretan di Gedung MG Group dan untuk foto dengan konsep outdoor bertempat Di sekitaran Monumen nasional (MONAS). Dihari terakhir, Finalis melakukan Deep Interview dengan 3 tahapan, diantaranya Kepribadian, wawasan seputar travelling, dan kebudayaan.

Focus Group Discussion (Karantina H 1)

Karantina yang dilalui para Finalis dari hari pertama hingga hari terakhir dijadikan bobot penilaian untuk menjadi pemenang Duta BPJ, dan untuk selanjutnya menjadi pertimbangan saat malam Grand Final.

Melalui pemilihan Duta BPJ ini, diharapkan terpilihnya seseorang yang dapat membantu menginformasikan Organisasi BPJ kepada masyarakat luas dan juga bisa mewakili dalam kegiatan rutin ataupun juru bicara BPJ selama satu tahun kedepan.

Persiapan Deep Interview (Karantina H 3)
Author : Harjuna Edi / RT 33 / IG : @harjuna_tbm
Sumber Foto : Klub Fotografi BPJ & IG @bpjanniversar
PIC : Bima Prasetya
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *