PantaiPulau

Pantai Yang Tenang Di Pulau Rupat, Riau

Banyak yang orang tau bahwa Riau jarang dan bisa di bilang tak ada wisata alamnya, tapi jangan salah sangka dulu ya, Di Riau ternyata banyak juga wisata alam yang tidak kalah menggoda dari tempat lainnya, tepatnya di Kabupaten Bengkalis. Explore ke bengkalis merupakan suatu pilihan yang tepat.

Kabupaten Bengkalis merupakan suatu kabupaten di Riau yang memiliki pesona alam tak bisa di pandang sebelah mata, Bengkalis memiliki sebuah pulau cantik yang jarang dikenal oleh orang dan masih belum terjamah banyak orang, oleh karena itu menjadikannya tetap terjaga kealamiannya, yaitu Pulau Rupat. Pulau cantik ini dihuni sekitar 30.000 jiwa penduduk.

Foto by riau daily photo

Jika Anda menetapkan berkunjung ke Pulau rupat, Anda akan menikmati sajian objek wisata alam, wisata pantai, objek wisata bahari, hingga berbagai lokasi rekreasi lainnya yang dapat memanjakan mata pengunjung, Pulau rupat ini termasuk ke dalam beberapa tujuan wisata andalan yang ditetapkan pemerintah Provinsi Riau.

Pulau Rupat Bengkalis sejatinya merupakan sebuah pulau yang cukup besar dengan luasnya mencapai sekitar 1.500 KM persegi. Luas pulau Rupat tersebut, jauh lebih luas dari pada Pulau Bengkalis yang saat ini merupakan pusat kota dan pemerintahan dari kabupaten tersebut.

Pulau Rupat banyak menyimpan banyak penorama dan pesona alam yang masih asri dan masih alami. Anda akan menemukan pemandangan sungai kecil yang mengalir tenang, hingga sungai besar yang membelah pulau pun tersedia di pulau ini. selain itu pemandangan pantai berpasir putih yang sanggup memanjakan serta menawan hati para pengunjung pun tersedia disni.

Di Pulau Rupat banyak sekali pantai pantai yang belum di explore. Di Pulau Rupat ada pantai yang cukup dikenal seperti Pantai Rhu di Desa Teluk Rhu, Pantai Ketapang di Desa Sungai Cingam, Pantai Lapin di Desa Tanjung Punak, pantai yang melegenda, Pantai Alohong. Ada lagi pantai yang pemandangannya tak kalah indah dan menawan pengunjung, yaitu Pantai Makeruh.

Sambil menikmati suasana pantai yang tenang, nyaman dan memesona pengunjung dapat beramah tamah dengan para nelayan di sekitar pantai yang sedang memperbaiki jala atau nelayan yang akan pergi mencari ikan ke laut, akan tampak kesibukan nelayan yang sedang melaut di pantai tersebut.

Foto by TripRiau

Di Pantai Pesona Teluk Rhu Rupat Utara, Jika Anda berkunjung pada saat cuaca sedang bersahabat ombak di pantainya bergerak tenang dan air lautnya bersih, sehingga sangat bisa jika pengunjung untuk sekedar berenang, berjemur, bersantai bersama keluarga, memancing, atau berolahraga.

Jika pagi hari setelah sholat Subuh kita bisa melepas penat mandi di laut. Ombaknya mengayun-ayun, airnya sangat bersih. Di Pantai ini Kalau di sore hari cocok sekali untuk mancing ikan, Daerah yang memiliki pantai dengan pasir putih sepanjang mata memandang.

Bila malam hari tiba, pengunjung bisa membeli ikan hasil tangkapan nelayan setempat, dengan harga yang relatif terjangkau dan tidak membuat kantong kempes. Ikan yang disajikan biasanya masih segar dan sangat lezat, untuk santapan malam sangat cocok ikannya dibakar, sehingga memunculkan rasa dan aroma yang dapat menambah rasa nafsu makan para wisatawan untuk mencicipinya.

Dinas Pariwisata Pemprov Riau bersama Pemkab Bengkalis setiap tahunnya menggelar kegiatan Festival tahunan Pulau Rupat. Festival pantai tersebut menampilkan berbagai macam perlombaan bernuansa bahari maupun kebudayaan, diantaranya lomba yang sering di adakan seperti parade pancung, lomba pancung, lomba mencari kepah serta windsurfing.

Bagi para wisatawan yang datang ke Pulau Rupat utara tidak akan lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Pulau Beting Aceh. Pulau cantik yang terletak diseberang bagian barat Pulau Rupat, memiliki pasir putih yang berbisik ” akan berbunyi jika di injak” dan Pulau tersebut merupakan pulau terluar di Indonesia.

Berkunjung ke Rupat Utara tak usah bingung soal penginapan, Di Pantai ini sudah banyak  fasilitas penginapan atau homestay yang bisa Anda sewa untuk bermalaman di sini. Saat ini sudah terdaftar 20 usaha penginapan dan ada tujuh wisma disewakan.

Untuk sampai di Pulau Rupat, Anda dapat menempuh perjalanan darat dari pekanbaru menggunkan mobil atau kendaraan pribadi menuju kota dumai, lalu untuk menyebrang kepulau Rupat sudah ada ferry yang berkapasitas besar.

Tags

bubuy

Backpackology

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *