Gunung

Panorama Menakjubkan Dari Bibir Tebing Gunung Lembu

 

Selain Gunung Parang dan Gunung Bongkok, di Purwakarta juga terdapat Gunung Lembu yang ketinggiannya juga tidak mencapai 1.000 mdpl. Terletak di Kampung Panunggal, Desa Panyindangan, Sukatani ini merupakan spot pendakian yang menyenangkan di hari libur.

Trip Bersama
Trip Bersama

Lagi-lagi, meskipun tidak terlalu tinggi, tetapi jalur pendakian gunung ini cukup menantang. Pendakian ke Puncak Lembu memakan waktu sekitar dua sampai empat jam. Kontur treknya merupakan tanah merah dengan medan terjal yang menguras tenaga. Terlebih saat musim hujan yang akan membuat trek semakin licin.

Setelah 25 menit perjalanan dari hutan bambu, kita akan menemukan tanah lapang yang cukup luas dengan gazebo dekat pohon jengkol. Di tempat ini warga suka menggembalakan sapi, sehingga dipercaya menjadi penamaan Gunung Lembu.

gunung lembu - backpacker jakarta (21)

Setelah melewati tanjakan kedua, kita akan kembali menemukan jalur datar. Inilah disebut puncak pertama Gunung Lembu yang ditandai dengan terdapatnya makam keramat Mbah Jongrang Kalipitung.

Selanjutnya akan ditemukan trek jalan setapak dengan kanan dan kiri jurang, namun jangan khawatir sebab sudah banyak papan peringatan, bambu pengaman dan tanda di setiap pos. Meski melelahkan, namun kita akan merasa aman saat mendaki.

Foto : @krizwan_88
Foto : @krizwan_88

Puncak kedua Gunung Lembu ditandai dengan makam keramat Mbah Raden Suryakencana. Setelah puncak kedua ini akan kita temukan areal datar yang dapat digunakan untuk tempat mendirikan tenda dan berkemah.

Tidak jauh dari tempat berkemah, kita akan menemukan puncak ketiga yang merupakan puncak tertinggi Gunung Lembu. Dari sini akan didapatkan pemandandangan Waduk Jatiluhur, Gunung Parang dan Bongkok yang berdampingan, serta sunrise dari puncak Gunung Lembu.

Untuk mendapatkan keindahan panorama yang lebih menakjubkan, turunlah sekitar sepuluh menit menuju tebing yang dinamakan batu lembu. Tebing ini menjorok keluar dan bentuknya menyerupai punuk lembu. Menyaksikan keindahan panorama alam dari tebing akan memberikan sensasi tersendiri yang tidak akan pernah bisa dilupakan.

Foto : @jerryhinargo
Foto : @jerryhinargo

Gunung ini merupakan gunung yang memiliki jalur pendakian paling mudah dan ramah dibandingkan Gunung Parang dan Gunung Bongkok, namun tetap harus diperhatikan kondisi fisik serta membawa perbekalan yang cukup.

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close