Tips Travelling

Panduan Naik Pesawat Terbang Untuk Yang Baru Pertama Kali

sumber foto : google

Bagi seorang traveller, tentu telah terbiasa menaiki berbagai jenis transportasi. Mulai dari transportasi darat, laut, bahkan udara. Tapi, bagi sebagian orang yang baru pertama kali ingin menggunakan transportasi udara, tentu akan bertanya-tanya mulai dari bagaimana pemesanannya, mekanisme keberangkatannya, dan apa saja yang perlu dipersiapkan dan dilakukan saat berangkat maupun tiba ditujuan.

Nah, disini saya akan memberikan beberapa panduan step by step untuk kamu yang sedang berencana bepergian menggunakan pesawat terbang untuk pertama kalinya.

1. Pesanlah Tiket Pesawat Secara Online.

Disini kamu bisa melakukan reservasi langsung secara online pada web maskapai yang ingin kalian pilih, atau bisa juga melalui situs web seperti nusatrip, wego, dan sebagainya. Umumnya, saat kamu sudah memesan dan melakukan konfirmasi pembayaran, kamu akan menerima e-ticket, dan e-ticket tersebut harus kamu print untuk ditunjukan sebelum memasuki bandara dan juga pada saat check in di counter maskapai.

Tetapi, apabila kamu ingin lebih efektif, kamu bisa memesannya melalui aplikasi Traveloka, yang bisa kamu download di playstore. Karna selain pemesanannya yang mudah, kamu tidak perlu repot untuk mencetak e-ticket tersebut. Tetapi cukup menunjukan e-tiket yang tersedia dibagian pesanan pada aplikasi traveloka. Jangan lupa, e-tiket akan terbit apabila kamu sudah melakukan konfirmasi pembayaran.

Keterangan tiket yang kita pesan, terdapat di bagian pesanan pada aplikasi traveloka
inilah e-ticket kita yang dapat ditunjukan langsung pada saat check in tanpa perlu mencetak tiket

2. Menyiapkan Barang Yang Akan Dibawa.

Setelah kamu melakukan pemesanan dan mendapatkan e-ticket, selanjutnya kamu tinggal mempersiapkan keberangkatanmu. Khususnya barang bawaan. Fyi, biasanya setiap maskapai memberikan bagasi dengan kapasitas 20 kg per orang untuk kelas ekonomi, 30 kg kelas bisnis, dan 40 kg kelas eksekutif. Kamu juga dapat membawa barang bawaanmu kedalam cabin maksimal seberat 7 kg. Jadi apabila kamu merasa banyak barang bawaan, pisahkanlah terlebih dahulu apa saja yang ingin kamu letakkan di bagasi, dan apa yang akan kamu bawa ke dalam cabin. Saya biasanya memisahkan barang-barang berharga didalam satu tas kecil, dan tas itulah yang saya bawa ke cabin pesawat. Selebihnya saya masukan ke tas besar yang akan saya letakkan di bagasi.

3. Datanglah 2 jam Sebelum Keberangkatan

Jika saatnya tiba, segeralah berangkat. Jangan sampai tiba di bandara dalam keadaan mepet waktu, karena jika terlambat, pesawat tidak akan menunggu kedatanganmu. Jadi, perhatikanlah jam keberangkatan dan datanglah ke bandara dua jam sebelum waktu keberangkatan yang tertera dalam tiket pesawat kamu.

Ohya, jangan berfikiran 2 jam menunggu itu membosakan. Karna naik pesawat tidak seperti menaiki bus diterminal. Tetapi banyak yang harus kamu lakukan mulai dari pemeriksaan keamanan pada metal detector, check in counter untuk menukar tiket dengan boarding pass, sampai pemeriksaan keamanan pada saat boarding. Belum lagi kamu harus mencari terminal keberangkatan sesuai nama maskapai, sehingga bisa butuh waktu untuk yang baru pertama ke sana.

4. Pemeriksaan Keamanan

Sesampainya di Bandara, kamu akan dihadapkan pada petugas didepan pintu masuk. Biasanya petugas meminta kamu untuk memperlihatkan tiket kamu. Sebelum akhirnya kamu akan diarahkan untuk masuk melewati Metal Detector. Dimana kamu akan diminta melepas semua logam dari tubuh kamu, mulai dari arloji, ponsel, dll. Jangan nekat membawa barang berbahaya jika tidak mau berurusan dengan pihak berwajib.

5. Check In Counter

Setelah melalui pemeriksaan keamanan pertama, kamu tinggal mencari counter sesuai maskapai yang kamu pesan. Jika kamu sudah menemukannya, petugas akan memintamu untuk menunjukan e-ticket dan kartu identitas. Disini juga kamu bisa sekaligus mendaftarkan bagasimu apabila barang bawaanmu melebihi 7 kg. Dan sesaat kemudian, petugas akan memberikanmu Boarding Pass sebagai tanda bahwa kamu telah check in. Jangan lupa, simpan baik-baik boarding pass karna akan ditunjukan pada saat boarding.

sumber foto : google
boarding pass yang akan didapatkan pada saat check in counter maskapai

6. Boarding

Sekarang, waktunya menuju Boarding Gate. Perhatikan boarding pass yang kamu dapatkan saat check in tadi. Di situ ada petunjuk ruang dan gate mana kamu harus menunggu pesawat. Perhatikan juga jam boarding dan jam terbang pesawat. Jika sudah, menunggulah di ruang boarding yang telah ditentukan. Apabila kamu bingung, jangan segan-segan untuk bertanya. Sebelum memasuki ruang boarding, sebelumnya kamu juga akan dihadapkan pada pemeriksaan keamanan yang kedua. Dan sama seperti sebelumnya, Metal detector akan kamu lewati kembali dan di sini fokus pada pemeriksaan benda cair yang kamu bawa. Jangan membawa benda cair melebihi 100 ml ke dalam kabin ya, karena biasanya pihak keamanan bakal mengambil bawaan kamu.

7. Memasuki Pesawat

Setelah menunggu, panggilan pesawat pun tiba. Perhatikan nomor penerbangan yang akan kamu tumpangi, pastikan panggilan pesawat sesuai dengan nomor penerbangan yang ada di boarding pass kamu. Setelah itu,  segeralah siap-siap mengantri naik ke pesawat. Biasanya penumpang kelas bisnis dan penumpang prioritas seperti manula, orang sakit, ibu hamil atau yang membawa anak-anak dipersilakan masuk lebih dulu. Jadi, harap antri ya.

Dan, sebagai tambahan informasi, ada beberapa cara bagaimana kamu masuk ke pesawat. Bisa dengan menggunakan garbarata/belalai, turun ke landasan kemudian naik tangga khusus, atau naik bus yang disediakan lebih dulu. Setelah kamu berada di pesawat, carilah tempat duduk kamu sesuai nomor pada boarding pass. Tenang saja, awak kabin akan dengan senang hati membantu kamu mencarikan kurismu. Setelah itu, letakkan bawaan kamu di kompartemen di atas tempat duduk dengan rapi.

sumber foto : google

Biasakan untuk langsung memakai sabuk pengaman dan, ini yang paling penting, segera matikan ponsel kamu ya. Duduk dengan tenang dan perhatikan petunjuk keselamatan penerbangan yang diperagakan awak kabin.

Selamat Menikmati Penerbangan :)

Author : Rizky Amalia 
Tags

kikyamaleader

Nama saya Rizky Amalia. Seorang Accountant sekaligus Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang hobby menceritakan indahnya Indonesia melalui goresan pena. Bagiku, menulis adalah cara untuk melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa. Hingga pada akhirnya, tulisan-tulisan itulah yang akan menceritakan kembali siapa aku dan bagaimana aku melintas di bumi ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close