Museum & Sejarah

Museum Tanah Belajar Edukasi Pertanian

Mau tau mengapa tanah air kita subur dan makmur? dan mengapa pula tanam apa saja tumbuhan di Indonesia akan tumbuh dengan baik/ Jika kamu ingin tahu jenis tanah apa saja yang terdapat di Indonesia dan kandungan apa yang membuat tanah ini subur, jawabannya museum tanah. Museum ini menyimpan koleksi/sampel berbagai jenis tanah di Indonesia. Di Museum ini menyimpan berbagaikan jenis tanah yang dikemas dalam bentuk ukuran kecil berupa makromanolit, berbagai jenis bebatuan, sampel pupuk, perangkat uji tanah, peta-peta, maket, dan lat survei tanah.

 

museum tanah

Museum Tanah merupakan referensi yang telah membantu dalam pendokumentasian hasil penelitian mengenai jenis-jenis tanah di nusantara.  Karena Museum ini kita tidak perlu jauh-jauh ke berbagai daerah untuk mengetahui jenis tanah yang ada di Indonesia. Berkunjung ke museum tanah ini selain mempelajari mengenai jenis-jenis tanah, kamu juga mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana cara para peneliti untuk menentukan klasifikasi tanah dan juga manfaatnya yang digunakan untuk kehidupan manusia. berkunjung ke museum ini kamu seperti sedang mempelajari bagian dasar bagian isi bumi kita.

museum tanah 2

Museum Tanah terdapat di Gedung Laboratorium voor Agrogelogie” di jalan Ir. H Djuanda No. 98, Bogor, Jawa Barat. Sebrang pintu masuk Utama Kebon Raya Bogor. Saat ini koleksi museum tanah ini berada salah satu bagian ruangan lantai dasar gedung tersebut. Jika kamu berkunjung ke Bogor jangan lupa untuk mampir kesana. Satu hal lagi karena museum ini kurang familiar walaupun oleh masyarakat bogor sendiri, patokan kamu jika berkunjung cari Gedung Laboratorium voor Agrogelogie karena jika tanya museum tanah tidak semua orang tahu

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *