Event BPJ

Meriahnya Fun Futsal Backpacker Jakarta 2016

Hallooo sobat BPJ!

Sebagai penutup Kopdar Akbar di tahun ini komunitas Backpacker Jakarta mengadakan liga futsal antar RT bertajuk Fun Futsal. Acara rutin yang dilakukan setahun sekali ini jatuh pada tanggal 26 – 27 November 2016 yang berlokasi di Goedang Futsal Jalan Raya Kalimalang No. 3A, Jakarta Timur. Jumlah peserta yang berpartisipasi adalah 24 tim yang terdiri dari 23 tim futsal perwakilan masing-masing RT dan 1 tim futsal berasal dari sekretariat BPJ.

Nah masing-masing tim ini boleh mengirimkan maksimal 15 orang pemain, 2 orang official tim, dan 2 orang tim medis. Acara fun futsal 2016 ini disponsori oleh Elevenia, Kementrian Pemuda dan Olah Raga, Indi Home Telkom Indonesia, dan PT Gudang Garam Tbk.

new-image12

Setiap tim diberikan kesempatan bertanding sebanyak 5 kali, waktu bertanding 2 x 10 menit dengan istirahat 5 menit dan diperbolehkan untuk time out 1 menit setiap babak. Sistem pertandingan menggunakan sistem point pada babak penyisihan dengan perhitungan:

  1. Menang = 3
  2. Seri = 1
  3. Kalah = 0

Apabila terdapat point sama akan diperhitungkan head to head antar tim selanjutnya perhitungan selisih gol. Untuk perempat final, semifinal dan final menggunakan sistem gugur.

Acara hari pertama tanggal 26 November 2016 diawali dengan kata sambutan yang dibawakan oleh founder BPJ yaitu Edi M Yamin atau biasa dipanggil Om Ed atau Emye ( begitulah kami memanggilnya), beliau menegaskan bahwa ajang fun futsal ini bukan merupakan ajang untuk menunjukkan siapa yang menang dan yang kalah melainkan untuk menjalin silaturahmi antar RT sehingga kita bisa saling kenal satu sama lain melalui fun futsal ini. Walaupun bertajuk Fun Futsal tetapi pertandingan ini tetap menjunjung tinggi sportifitas ya sobat BPJ.

Babak penyisihan pun dimulai, tiga pertandingan pembuka dilakukan sekaligus di tiga lapangan. Para pemain bermain dengan penuh semangat dan supporter pun luarr biasa meriah. Perlengkapan supporter sudah dipersiapkan dengan matang oleh masing-masing RT. Mulai dari balon tepuk, pom-pom, kendang, ember, dan terompet yang bunyinya menggelegarr hingga penjuru pelosok lapangan serta teriakan demi teriakan penuh semangat untuk para pemain juga ikut memeriahkan Fun Futsal 2016.

Di acara hari pertama ini setiap tim dari masing-masing RT melakukan pertandingan sebanyak 4 kali dengan jeda istirahat 2 jam antar pertandingan. Waah lumayan banyak juga ya sobat BPJ, mungkin untuk tim dengan jumlah pemain yang sedikit pasti akan sangat melelahkan. Tetapi euforia yang dirasakan tetap penuh semangat, kebersamaan bagi setiap tim RT juga sangat terasa erat. Hal ini terlihat pada saat makan siang, ada yang membeli nasi kotak untuk setiap warga RTnya dan ada juga yang sudah membawa perbekalan sendiri dan memakannya bersama-sama.

Acara hari kedua yaitu tanggal 27 November 2016 masih melanjutkan babak penyisihan sehingga menghasilkan 8 tim yang masuk ke seperempat final. Tim yang masuk babak perempatan final adalah RT 1, 4, 5, 11, 14, 15, 18 dan 21. Suasana semakin memanas saat pertandingan seperempat final babak pertama yait

RT 11 melawan RT 5 yang dimenangkan oleh RT 5

new-image14

new-image9

RT 1 melawan RT 15 yang dimenangkan oleh RT 1

new-image2

new-image5

RT 21 melawan RT 14 yang dimenangkan oleh RT 14

new-image6

new-image8

RT 18 melawan RT 4 yang dimenangkan oleh RT 18

new-image3

new-image4

Setelah selesai pertandingan seperempat final semua warga BPJ dihibur oleh tim talent yang menampilkan sebuah tarian yang menawan. Selain itu juga tentu saja acara Fun Futsal ini dijadikan ajang foto-foto untuk semua RT di BPJ.

Memasuki semifinal setiap tim semakin semangat dalam bermain, semua tenaga dan strategi dikerahkan untuk bisa menjadi pemenang. Para pendukung masing-masing tim pun semakin antusias menyemangati para pemain. Tim yang bertemu di semifinal yaitu

  1. RT 1 melawan RT 5 yang dimenangkan oleh RT 1 dengan skor 10 – 3
  2. RT 14 melawan RT 18 yang dimenangkan oleh RT 14 dengan skor 7 – 4

Sorak sorai penonton pun pecah untuk kedua tim yang masuk ke babak final yaitu RT 1 dan RT 14.

Selain pertandingan antar RT, Fun Futsal 2016 juga dimeriahkan oleh futsal tim admin wanita. Pertandingannya tidak kalah meriah dari pertandingan antar RT tadi, bahkan lebih meriah karena tidak hanya penonton yang berteriak para pemainnya juga semuanya teriak, jadi makin rame hehee.

new-image13

Setelah itu dilanjutkan dengan pertandingan untuk memperebutkan juara ke 3 antara RT 5 melawan RT 18 yang dimenangkan oleh RT 18 dengan perolehan skor 3 – 6.

Dan akhirnya pertandingan yang kita semua tunggu-tunggu pun dimulai sobat BPJ, pertandingan final antara RT 1 melawan RT 14. Riuh sorak sorai penonton menggema menggelegar, pendukungnya tidak hanya berasal dari RT 1 ataupun RT 14 saja tetapi semua warga BPJ yang masih menonton pertandingan juga ikut-ikutan mendukung walaupun bukan warga RTnya. Bahkan ada satu penonton yang nekat berdiri di tiang gawang untuk menyemangati para pemain, euforia yang sangat luar biasa.

Pertandingan semakin memanas, para pemain mengerahkan segala upaya yang tersisa untuk memberikan yang terbaik bagi timnya masing-masing. Semua pemain bermain dengan sportifitas tinggi, pantas saja mereka semua masuk ke babak final. Teriakan demi teriakan penonton pecah setiap saat bola hendak masuk ke gawang, nafas seketika berhenti beberapa detik melihat kemana arah bola terjatuh, masuk ke dalam ataukah terpental tiang gawang? Hingga dimenit ke 7 pertandingan goool pertama pecah untuk Tim RT 14, kedudukan sementara 1 – 0. Pertandingan terus berlanjut sampai habis babak pertama dengan perolehan skor yang masih sama yaitu 1 – 0, 1 untuk RT 14.

Memasuki babak kedua penonton semakin penasaran dan semakin antusias melihat begitu banyak peluang yang nyaris menghasilkan gol untuk masing-masing tim, memang peluang gol masih banyak dilakukan oleh Tim RT 14. Hingga dimenit ke 3 di babak kedua ini Tim RT 1 mencetak gol pertamanya sehingga menyamakan kedudukan 1 – 1.

Suasana di lapangan makin memanas penuh semangat. Selang beberapa menit berikutnya gol balasan dari Tim RT 14 pun pecah memancing gol – gol berikutnya. Skor akhir pertandingan 2 – 4 , 2 untuk Tim RT 1 dan 4 untuk Tim RT 14. Jadi pemenang acara Fun Futsal 2016 jatuh pada RT 14, tepuk tangan meriah untuk pemenang pun menjadi penutup acara Fun Futsal tahun ini.

Sekali lagi selamat ya untuk RT 14, dan untuk rekan – rekan kita yang mengalami cedera semoga bisa cepat pulih sehingga bisa beraktivitas kembali dan bisa memeriahkan acara Fun Futsal tahun depan.

So rangkuman pemenang Fut Futsal 2016 yaitu

Juara 1 dimenangkan oleh RT 14

new-image1

Juara 2 dimenangkan oleh RT 1

new-image2

Juara 3 dimenangkan oleh RT 18

new-image7

Sampai jumpa kembali di acara Fun Futsal 2017 nanti!

Dokumentasi setiap RT yang sudah turut berpartisipasi dan memeriahkan Fun Futsal 2016

RT 2

new-image2

RT 3

2

RT 4 (Atas)

new-image1

RT 5

new-image9

RT 6

new-image6

RT 7

4

RT 8

2

RT 9

new-image5

RT 10 (Bawah)

new-image1

RT 11

new-image14

RT 12

1

RT 13

new-image1

RT 15

new-image5

RT 16

new-image4

RT 17

new-image4

RT 19

new-image3

RT 20

new-image5

RT 22

1

RT 23

new-image3

Team Sekret

new-image2

Created by : Budi / RT 12

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *