Pantai

Menyelam di Birunya Blue Bay

Blue Bay atau lebih dikenal dengan Teluk Biru memang belum begitu banyak di kenal oleh para wisatawan, dibandingkan dengan Green Bay atau Pulau Merah. Selain lokasinya yang tersembunyi, aksesnya juga lumayan sulit, karena hanya bisa ditempuh dengan jalur laut saja. Tapi jangan salah, tempat ini memiliki pemandangan laut yang masih alami dan sangat mempesona. Pemandangan bawah lautnya sangat indah, banyak terumbu karang dan biota laut yang beraneka ragam dan warna. Tak heran jika tempat ini sering dijadikan sasaran para wisatawan untuk snorkeling dan juga diving.

Foto. Asliindonesia.net
Foto. Asliindonesia.net

Blue Bay terletak di Desa Muncar, Banyuwangi. Untuk menuju ke Blue Bay kita berangkat dari Pelabuhan Muncar menggunakan perahu nelayan setempat. Harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung seberapa lihainya kita menawar. Harga berkisar antara Rp 300.000 – Rp 800.000. Penyewaan perahu ini sebenarnya lebih murah jika kita sewa rombongan daripada sewa pribadi. Dari Pelabuhan Muncar ke Blue Bay menempuh waktu selama 2-3 jam, tergantung kondisi ombak.

teluk%2Bbiru%2B3

Ombak di daerah Muncar ini memang cukup besar, oleh karena itu sangat disarankan untuk berangkat pagi hari sampai siang hari. Blue Bay ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Penduduk setempat banyak mengenalnya dengan nama Selanggrong. Tempat ini memang masih sangat alami dan bersih.

Telukbanyubirubanyuwangi.wordprees.com
Telukbanyubirubanyuwangi.wordprees.com

Warna air lautnya yang biru dan jernih serta pasir putihnya yang lembut membuat kita betah untuk berlama-lama di tempat ini. Disini pun dibentuk sebuah organisasi bernama GEMURUH (Gerakan Muncar Rumahku). Organisasi ini dibentuk untuk menjaga wilayah perairan disekitar Blue Bay dari aktivitas penjarahan bawah laut.

asliindonesia.net
asliindonesia.net

Jadi penasaran untuk mencoba snorkeling dan diving ke Blue Bay. Pasti sangat seru dan berkesan.

Editor : Syarah N.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *