Home / Blog / Seni & Budaya / Mengenal Tomok Sigale-Gale Yang Melegenda

Mengenal Tomok Sigale-Gale Yang Melegenda

Kalau Sumatera Utara biasa dikenal dengan Danau Toba yang mendunia, kali ini kamu harus kenalan dulu dengan Sigale-Gale. Sebuah pertunjukan boneka yang memiliki cerita mistis dan menjadi salah satu daya tarik budaya yang ada di Tanah Batak. Lokasinya berada di Tomok, tak jauh dari Parapat. Cukup satu jam menyeberang via kapal ferry, kamu sudah sampai di desa yang menjadi destinasi wisata budaya boneka Sigale-Gale.

Sumber foto : google

FYI guys, menurut cerita yang melegenda, Sigale-gale adalah boneka kayu yang dibuat untuk membahagiakan Raja Rahat, raja dari salah satu kerajaan di Pulau Samosir. Alkisah, Raja Rahat memiliki putra tunggal bernama Raja Manggale. Sayangnya, sang putra kesayangan gugur di medan perang dan jasadnya tidak ditemukan. Kesedihan karena kehilangan sang putra membuat Raja Rahat sakit.

Sumber Foto : CNN Indonesia

Guna membahagiakan kembali rajanya, para tetua di kerajaan tersebut membuat sebuah patung yang mirip dengan Manggale. Agar patung tersebut ‘hidup’, para tetua itu memanggil roh Manggale yang membuat patung bisa bergerak. Berkat patung tersebut, Raja Rahat pulih dari sakitnya. Sejak saat itu, masyarakat Batak menyebut patung tersebut sebagai Sigale-gale, yang diambil dari nama Manggale.

Sumber Foto : google

By the way, pertunjukkan Sigale-gale saat ini tentu tidak menggunakan roh seperti dimasa lalu. Boneka yang digunakan dalam pertunjukkan, digerakkan menggunakan sistem penggerak mekanis, sehingga boneka bisa menari lincah. Dimana tarian ini umumnya diiringi musik Sordam dan Gondang Sabangunan. Selain itu, Boneka Sigale-gale pun akan ‘ditemani’ 8-10 orang penari yang akan menari Tor-Tor.

Sumber Foto : http://www.klikhotel.com/

So, buat kamu yang berencana liburan ke Sumatera Utara, jangan lupa sempatkanlah mengunjungi Desa Tomok, Samosir. Karna untuk bisa mengexplore suatu tempat, tidak hanya dilihat dari panoramanya saja, tetapi kamu juga bisa mengexplore budaya dan adat istiadatnya. Selamat Berkunjung ke Tanah Batak :)

Referensi : https://www.cnnindonesia.com/

About Rizky Amalia

Perkenalkan! Aku adalah salah satu dari tetesan benih yang jatuh ke Bumi. Perlahan menjelma menjadi seorang Accounting & Tax yang tersasar dijalur sastra dan sekarang tengah asik mengexplore indahnya Indonesia lewat goresan pena. Saat ini sedang mengejar target untuk bisa mendaki seluruh gunung di Tanah Air sebelum menikah. Serta sedang bermimpi menapaki gagahnya Carstensz Pyramid, titik tertinggi Tanah Air Indonesia. Aku cinta menulis. Sebagaimana menulis adalah caraku melukiskan pikiran, perasaaan, serta gairah jiwa. Dan tulisan-tulisan itulah yang akan menandakan bahwa aku pernah ada dan melintas di Bumi ini sampai aku menghilang menjadi setitik debu di birunya semesta.

Check Also

Kampung Terapung Suku Bajo, Kabupaten Wakatobi

Suku Bajo/Bajau merupakan suku laut, yang menggantungkan hidupnya dari laut dan memiliki kehidupan yang tak …