Museum & Sejarah

Marlborough, Benteng Inggris terbesar di Indonesia

Benteng Marlborough adalah sebuah benteng besar peninggalan Inggris yang ada di kota Bengkulu. Benteng ini didirikan oleh East India Company (EIC) tahun 1713-1719 ini dulunya berada di bawah pimpinan gubernur Joseph Callet sebagai benteng pertahanan Inggris. Sejarah menunjukan bahwa benteng Malborough adalah salah satu benteng terkuat Inggris di wilayah Timur setelah benteng St. George di Madras, India.

Benteng Marlborough 2
foto : kebudayaan.kemdikbud

Benteng Marlborough sendiri sebenarnya didirikan di atas bukit buatan yang mengarah ke pusat kota Bengkulu dan keaharh samudera Hindia. Itu sebabnya jika pengunjung kebenteng ini bisa menyaksikan Samudra Hindia yang cukup luas dari astas benteng. Menghhadap kelaut juga dimaksudkan agar mengawasi kawasan laut Bengkulu yangkemungkinan besar adany amusuh dari lautan.

Benteng Marlborough bengkulu
foto : kebudayaan.kemdikbud

Beberapa sejarah menceritakan jika Benteng ini dulunya pernah dibakar oleh rakyat Bengkulu sehingga penghuninya terpaksa mengungsi ke Madras. Mereka kemudian kembali tahun 1724 setelah diadakan sebuah perjanjian penting pada tahun 1793. Perjanjian tersebut tidak berlangsung lama mengingat adanya serangan yang kembali dilancarkan oleh rakyat Bengkulu.

Benteng Marlborough
foto :justatrotter

Pada penyerangan tersebut seorang opsir Inggris yang bernama Robert Hamilton tewas dan kemudian pada tahun 1807 residen Thomas Parr juga tewas. Dalam memperingati tewasanya Kedua petinggi tentara inggris tersebut didiriakanlah monumen-monumen di kota Bengkulu oleh pemerintah Inggris seperti monumen Thomas Parr yang kini ada disalah satu sudut kota Bengkulu.

Benteng Marlborough 4
foto : kebudayaan.kemdikbud

Sebenranya Benteng Marlborough masih bisa berfungsi sebagai benteng pertahanan hingga masa penjajahan Hindia Belanda tahun 1825-1942 kemudian pada masa penjajahan Jepang tahun 1942-1945 dan pada perang kemerdekaan Indonesia. Benteng malborough kini menjadi cagar buday ayang dijadikan objek wisata andalan Kota bengkulu. Dibenteng ini sering diadakan acara-acara tertentu baik perayaan hut kota bengkulu atau perayaan festival lainya. Nah buat kamu yang mau ke Bengkulu Benteng ini menjadi destinasi yang wajib kamu kunjungi loh…

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *