Home / Blog / Air Terjun / Lagi!! Backpacker Jakarta Goes To Bandung Barat Part #2

Lagi!! Backpacker Jakarta Goes To Bandung Barat Part #2

Suka main air dan hunting tempat-tempat unik yang ada di Bandung Barat ?

Yaa, Bandung memiliki berjuta pesona yang tersimpan di dalamnya. Mulai dari wisata sejarah yang meliputi bangunan-bangunan tua, wisata alam yang keren dan memesona hingga wisata kuliner yang terus berinovasi dan tak ada habisnya.

Nahh, kali ini kami dari @backpackerjakarta kembali mengunjungi Bandung Barat untuk mengexplore tempat atau lokasi yang unik, murah dan sedang hits disini. Tak sedikit orang-orang berdatangan hanya untuk berfoto, mencari spot terbaik untuk di abadikan dengan kamera DSLR, Mirorless atau Kamera HP.

Hanya memerlukan waktu satu hari alias Odt serta biaya sharecost yang terbilang sangat pas bagi para kantong backpacker yaitu Rp 120.000,- / orang, trip ini berjalan pada hari Sabtu, 08 April 2017 dengan meeting point di Sekretariat Backpacker Jakarta yang beralamat di Jalan Mayjen Sutoyo, Kav 48 No.48, Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur pukul 01.00 dini hari.

Trip yang di gawangin oleh Kibo @kikikiboo dan Thamrin @kejedot_pintu ini tiba di destinasi pertama yaitu Curug Sanghyang Heuleut pada pukul 07.00 pagi. Untuk sampai ke Sanghyang Heuleut, kami harus tracking sekitar 1 jam dari tempat parkir di dekat PLTA Saguling. Setelah berjalan sekitar 1  jam, akhirnya kami menemukan surga tersembunyi di Kabupaten Bandung Barat. Sebuah danau kecil diantara gunung dan bebatuan yang menjulang. Nah, setelah mendekati lokasi, kami harus berhati-hati karna jalan menuju lokasi utama cukup sulit. Batu-batu  besar yang tidak beraturan membuat kami harus berjaga jaga agar tetap safety.

Cepe : Kibo @kikikibo dan Thamrin @kejedot_pintu
Tracking Curug Sanghyang Heuleut

Banyak kegiatan menyenangkan yang kami lakukan di Sanghyang Heuleut mulai dari bersantai, berenang, bermain air di sungai, ataupun hunting foto untuk mengabadikan moment perjalanan ini, dan masih banyak lagi.

Curug Sanghyang Heuleut

Tak berlama lama disana, kami langsung pergi dan menuju ke detinasi berikutnya yaitu Curug Cikahuripan. Curug ini biasa dikenal dengan nama Sendang Geulis Kahuripan. Curug ini memiliki sebuah mata air cantik yang menyuguhkan kesegaran dan suasana alam yang masih sangat asri. Air disini masih jernih dan dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan di tengah perbukitan dan persawahan. Tak heran jika lokasi ini menjadi inceran kami.

Curug Cikahuripan
Curug Cikahuripan

Oh iya, untuk lokasi nya sendiri, curug ini berada di Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, dan untuk sampai ke curug nya sendiri kami harus berjalan selama kurang lebih 30 menit. Air nan sejuk, bersih, dan dingin bisa dimanfaatkan untuk berendam dan berfoto ria karena lokasi ini sangat lah instagramable di media sosial. So, jangan sampai terlewat gaes!

Tracking Curug Cikahuripan

Nah, destinasi terakhir yang akan kami kunjungi adalah Bendungan Saguling. Bendungan ini menjadi salah satu tempat wisata di Bandung Barat. Karena selain difungsikan untuk menghasilkan listrik tenaga air, waduk ini juga punya pemandangan indah untuk dinikmati.

Bendungan Saguling

Waduk ini dibendung oleh jembatan besar yang telah dibeton yang berfungsi membendung waduk untuk menahan aliran air. Dan di sisi kiri jembatan terlihat pemandangan waduk, lalu disebelah kanannya ada hamparan perbukitan yang hijau. Ditambah lagi pemandangan air yang mengalir di dinding bukit, serasa bagaikan pemanis yang memanjakan mata.

So, Dengan menghabiskan waktu liburan kalian bersama teman-teman, kalian akan mendapatkan pengalaman berpetualang yang luar biasa, sehingga tenaga dan pikiran dapat lebih segar untuk memulai aktivitas kembali.

See you next trip!

Peserta :

  1. Eben #NonRT
  2. Aris #15
  3. Aya #15
  4. Rido #15
  5. Siti #15
  6. Deny #15
  7. Harry #NonRT
  8. Fadli #21
  9. Tya #01
  10. Purwaningsih #15
  11. Jun #15
  12. Tisa #NonRT
  13. Riska #21
  14. Arum #01
  15. Brenda #10
  16. Isal #15
  17. Naning #15
  18. Metty #20
  19. Restu #NonRt
  20. Yani #NonRT
  21. Tresna #16
  22. Fia #01
  23. Marini #23
  24. Ilma #23
  25. Anggi #NonRT
  26. Boy #15
  27. Nury #19
  28. Suy #19
  29. Eva #NonRT
  30. Dewi #NonRT

Saran

  1. Lebih perhatian ke Kang Supir misalnya diajak makan, tapi overall udah ok semua.
  2. Ada nya  perenggangan atau pemanasan sebelum tracking dan adanya sosialisasi mengatur irama bernafas saat tracking.
  3. Kedepannya untuk makan bisa bawa bekal dan ngariung bareng supaya lebih akrab dan lebih berasa kebersamaannya.
  4. Adanya sesi perkenalan seperti membuat lingkaran.
Author : @Febe_Shinta

About febeshinta

Instagram : @febe_shinta

Check Also

7 Destinasi Wisata di Kalimantan Yang Wajib Anda Datangi

Pulau Kalimantan atau dikenal juga dengan Borneo, memiliki potensi wisata baik wisata alam maupun pantai. …