Alam & Taman

Kawah Ijen, Wisata Langka dan Menginspirasi

Kawah ijen merupakan sebuah Taman Wisata Alam yang berada di dua kabupaten yaitu kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi Jawa Timur. Kawah ijen sendiri merupakan sebuah kawah yang berada di pegunungan Ijen . Apa yang dihadirkan oleh kawah Ijen mungkin wisata yang sangat langka, yaitu Bluefire. Bluefire merupakan api biru yang berada dilingkup kawahnya dan ini peristiwa ini sangat langka hanya ada dua didunia, Indonesia dan satu lagi di Islandia.

Kawah Ijen volcano solfatara (foto : manusialembah.blogspot)
Kawah Ijen volcano solfatara (foto : manusialembah.blogspot)

Ijen sendiri sudah menjadi banyak destinasi dari wisatawan mancanegara yang hadir ke Indonesia, utnuk sekedar melihat peristiwa langka tersebut. Tak khayal dalam setiap libur weekend kita akan selalu menemui mereka mereka yang berkulit putih, mancung dan pastinya berbeda dengan masyarakat Indonesia dalam perjalanan ke kawah ijen. Kawah Ijen yang merupakan wisata unggulan Indonesia akan terus berkembang dan berbenah dalam setiap lini, akses jalan yang sekarang semakin membaik serta pelayanan terhadap wisatawan semakin kordinatif tak salah rasanya kawah Ijen pantas mendunia.

ijen

Kawah Ijen tidak hanya menawarkan peristiwa langka, namun banyak terselip hal hal yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Jika dalam perjalanan ke kawah ijen melihat banyak orang memanggul pikulan yang berjalan naik atau turun , itulah peristiwa lainnya. Ya, penambang belerang yang ada di Ijen. Selain terdapat Bluefire, kawah Ijen sebagai lahan tambang belerang yang produktif aktifitas penambangan akan selalu kita temui dalam perjalanan ke kawah ijen.

foto : anekatempatwisata.com
foto : anekatempatwisata.com

Hal yang mungkin sedikit mencekik leher kita yaitu, ketika mengetahui bagaimana para penambang belerang itu bisa dua kali perjalanan naik turun dengan membawa beban belerang sekitar 80-90 Kg sekali perjalanan. Sedangkan wisatawan biasa tak membawa perlengkapan yang melebihi beban namun letih pun rasanya tak mau hilang. Para penambang itu dibayar sekitar Rp 600 perkilo. Oleh karena itu mungkin Ijen merupakan paket wisata yang lengkap, Lengkap dengan Pesona langkanya, lengkap dengan Inspirasinya.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *