City Tour & LandmarkEditor PicksSeni & Budaya

Kampung Warna-Warni Di Kota Malang

Apa kamu pernah mendengar kampung warna-warni di Rio De Jainero, Brazil ? jika iya, maka kamu tentunya sudah tahu betapa unik dan kerennya pemandangan kampung tersebut, nah ternyata di Indonesia terdapat sebuah kampung serupa lho.

Belum tahu? Dan mau tahu??? Nah sekarang biar di kasih tahu ya.. Simak baik baik di bawah ini ya..

Kampung ART Kampung Warna Warni - Suy #ArtTickleCulture
Kampung Warna Warni – Suy #ArtTickleCulture

Tepatnya di Malang, terdapat kampung yang seluruh rumahnya dicat warna-warni layaknya kampung di Rio De Jainero, kampung tersebut bernama Kampung “Juanda” yang terletak di Kelurahan Jodipan, Kota Malang, terciptanya Kampung Warna-warni ini adalah hasil ide dari seorang mahasiswi semester akhir Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Dinni, yang sedang menyusun tugas akhir mengenai Public Relation.

Awalnya, kampung Juanda ini merupakan sebuah pemukiman kumuh, bahkan kampung tersebut termasuk dalam 11 pemukiman terkumuh di Indonesia lho, namun kini kampung Juanda disulap menjadi sebuah pemukiman warna-warni yang menarik banyak wisatawan untuk datang. Ia ingin mengubah pola hidup warga menjadi sadar kebersihan, awalnya Dinni hanya ingin mencoba inovasi baru pada kampung tersebut, tapi jika ternyata kampung Juanda malah menarik wisatawan yang itu adalah bonus, ungkapnya.

Artistik walau terpinggir - Suy #ArtTickleCulture
Artistik walau terpinggir – Suy #ArtTickleCulture

Dinni Anggraeni terinspirasi dari Desa Favela di Rio De Jainero, Brazil, Berawal dari situ, Dinni dan sekelompok mahasiswa lainnya menggandeng perusahaan cat yang ada di Malang untuk membuat Kampung Warna-warni. Dengan mengusung konsep “Decofresh Warnai Jodipan”, warna-warni kampung dari temboknya menjadi kampung itu berbeda. Apalagi lokasinya unik. Di bantaran sungai, rumah-rumah berdiri sesuai kontur tanah sehingga seperti bersusun.

Menurut informasi, butuh sekitar 2 ton cat untuk mewarnai seluruh rumah di kampung tersebut, menurut Very (Marcom dan Project Indana Paint, produsen cat tembok), pengecatan tembok yang tinggi dibantu pasukan Paskhas TNI AU dengan menggunakan tali. Tembok-tembok tinggi milik warga juga ada yang dimural oleh komunitas mural. Sehingga menambah keindahan kampung.

Mural Yang Indah di Kampung Warna Warni - Suy #ArtTickleCulture
Mural Yang Indah di Kampung Warna Warni – Suy #ArtTickleCulture

Kampung Juanda ini sendiri terletak tepat disebelah sungai Brantas, menjadikan pemandangan kian menarik, setiap harinya tak sedikit wisatawan yang datang kesini, untuk masuk ke kawasan kampung sendiri kita hanya dikenakan biaya parkir saja.

“Setiap hari ada sekitar 200 kendaraan yang datang kesini, kami kenakan tarif Rp 2.000 setiap kendaraan,” kata Syaiful, koordinator parkir Kampung Warna-Warni.

Tidak hanya warna-warni saja, tapi di tembok-tembok kampung juga terdapat lukisan mural yang menjadikannya makin keren dan kece terutama bagi para pecinta selfie, bahkan tidak hanya wisatawan lokal saja yang berkunjung kesini, wisatawan mancanegara juga tertarik untuk berkunjung lho, jadi kapan kamu kesini?

Rute Menuju Kampung Jodipan

Kampung ini terletak di sebelah selatan stasiun Kota Baru (Kota Malang). Dari stasiun kamu bisa menuju Jalan Gatot Subroto (Pecinan). Ketika melewati jembatan, arahkan pandanganmu ke sebelah kiri bawah jembatan. Akan ada sekumpulan rumah warna warni yang Artistik juga sangat mencolok dan menarik perhatian. Nah itulah kampung tujuanmu, dan selamat ber-backpack bersama teman teman, Don’t miss it to berfoto ria, selfie juga boleh kok kalo kamu lebih suka hal itu. Intinya terserah kamu asalkan jangan merusak ya hehehe..

Tags

Rully Mardika Putra

Saya mencintai seni dan budaya sebab di sanalah jalan hidupku.. #ArtTickleCulture

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close