City Tour & LandmarkKuliner

Inilah Kerupuk Basah, Oleh-Oleh Khas kota Putussibau Kalimantan Barat

Saat kalian Berkunjung ke kota Putussibau atau Kabupaten yang memiliki julukan Uncak Kapuas, jangan lupa mencicipi atau membawa oleh-oleh makanan khas kota Putussibau yakni Kerupuk Basah. Saat saya berkunjung ke perbatasan Badau, saya sempat mencicipi makanan khas Kabupaten Kapuas Hulu ini dan bahkan saya juga membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Welcome di PLBN Badau

Kalian pasti bingung kan mengapa dinamakan kerupuk basah. Apakah kerupuknya basah dan gak kering ? Yap guys, kerupuk basah yang menjadi kuliner khas kota Putussibau ini tidak seperti kerupuk pada umumnya. Jika kalian tau empek-empek sebelum digoreng, nah kurang lebih hampir sama bentuknya.

Kerupuk Basah oleh-oleh Putusibau

Kerupuk Basah atau yang biasa disebut Temet dalam bahas setempat adalah makanan olahan yang berbahan dasar ikan dan tepung yang dicampur berbagai bumbu. Sekilas memang terlihat seperti makanan khas kota Palembang yakni Empek-empek. Bahkan saat saya mencicipinya rasa kenyal dan rasa ikan sekilas mirip dengan Empek-empek.

Salah satu yang membedakan kerupuk basah dan empek-empek selain pada bahan dasar ikanya juga ada pada bentuk ukuranya yang panjang bahkan bisa mencapai panjang 15-20 cm dan diameter 4 cm. Nah nantinya saat akan disajikan dipotong-potong terlebih dahulu.

Bumbu pelengkap atau kuah pelengkap kerupuk Basah juga ada beragam pilihan dan masing-masing disesuaikan dengan selera kita. Buat kalian yang suka digoreng dan diberi bumbu cabai saus tomat, kerupuk ini juga sangat sesuai dengan rasa pedas atau asin. Saya sendiri mencoba bumbu kacang dan tetap terasa enak.

Kabupaten Kapuas Hulu memang sudah dikenal sejak lama sebagai penghasil ikan air tawar terbesar di Kalimantan Barat. Selain karena ada Sungai kapuasnya juga karena ada danau Sentarum yang menjadi sumber air dari sungai Kapuas. Nah biasanya jenis ikan yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kerupuk basah adalah ikan toman dan ikan belida yang banyak dijual di Kapuas Hulu.

Sungai Kapuas

Untuk harga sepaket Kerupuk Basah biasaya dijual dengan harga yang cukup murah mulai dari harga Rp 15.000 sampai Rp 35.000. Kalian jangan khawatir mencari keberadaan Kerupuk Basah ini sebab dikota Putussibau sendiri kita bisa menjumpai berbagai sudut warung yang menjual kerupuk basah di sepanjang jalan utama atau disepanjang perkampungan yang dilintasi oleh sungai Kapuas.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *