Alam & TamanCity Tour & LandmarkEditor PicksPantaiSeni & Budaya

Ini dia 7 Destinasi Wisata Keren yang ada di Pulau Bintan Kepulauan Riau

Pulau Bintan adalah pulau di Provinsi Kepulauan Riau, di mana terdapat Kota Tanjung Pinang, Ibu kota Provinsi Kepulauan Riau. Di pulau ini memiliki tiga pemerintahan, Pemerintah Kota Tanjungpinang yang terletak di Senggarang, Pemerintah Kabupaten Bintan terletak di Bandar Seri Bintan, serta Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau di Pulau Dompak (Tanjungpinang). Pulau ini berdekatan dengan negara Singapura.

Trip bersama Backpacker Jakarta

Bintan adalah pulau terbesar di Kepulauan Riau, yang terdiri dari hampir 3.000 pulau besar dan kecil, terbentang di sebrang Singapura dan Johor Baru, Malaysia. Pulau ini melebar dari Malaka ke Laut Cina Selatan. Tanjungpinang merupakan ibu kota provinsi ini, terletak di pantai barat selatan Bintan. Secara strategis terletak di semenanjung selatan Malaysia di mulut Selat Malaka, kepulauan Riau, dahulu pada abad pertama masehi, merupakan tempat favorit bagi kapal dagang India dan Cina (wikipedia).

Buat teman-teman yang ingin berlibur ke Bintan, berikut ini akan saya infonkan mengenai Destinasi keren yang bisa kalian kunjungi Mulai dari Pulau Hingga Kolam Renang Terbesar di Asia Tenggara.

1. Bukit Pasir Busung

Bukit Pasir Busung mendadak menjadi perbincangan para traveller akhir-akhir ini. Pasalnya Bukit pasir ini menyuguhkan pemandangan yang langka dan tidak seperti biasanya. Bukit Pasir Busung sendiri dijuluki sebagai Gurun Pasirnya Bintan mengingat dikawasan ini terdapat hamparan pasir yang bercampur bebatuan kecil mirip menyerupai gurun atau padang pasir.


Namun tahukan kalian jika wisata bukit pasir Bintan ini merupakan bekas penggalian tambang Bauksit yang sudah tidak digunakan lagi. Yap, didaerah Kepulauan Riau sendiri khususnya Batam dan Bintan banyak sekali galian-galian yang sudah tidak dioperasikan atau dimanfaatkan lagi.

Trip bersama Backpacker Jakarta

Selengkapnya bisa kalian baca disini : Bukit Pasir Busung, Gurun Pasirnya Bintan

2. Treasure Bay

Indonesia patut berbangga karena salah satu kolam renang terbesar di asia tenggara ada di Indonesia. Yapp kolam renang Treasure Bay yang ada di Lagoi Pulau Bintan kepulauan riau ini digadang-gadang menjadi kolam renang terbesar saat ini di kawasan asia tenggara.

Jika kita lihat memang sungguh amat megah dan luasnya kolam renang ini. Saat berada dikawasan kolam renang ini kita serasa berada di pinggir pantai dan dihadapan lautan luas. Oh ya luasnya mencapai 6.3 Hektar loh guys jadi cukup melelahkan jika kita ingin mengelilingi pulau.

Fasilitas dikolam raksasa ini sudah sangat lengkap karena disekitar kolam renang sudah dibangun resort dan hotel-hotel mewah plus fasilitas penunjang lainya seperti kendaraan khusus yang digunakan untuk berkeliling kolam atau jika ingin menikmati airnya langsung kita bis amenaiki boat atau kapal yang bis amembawa kita keliling kolam ini.

Selengkapnya : Treasure Bay Bintan, Kolam Renang Terbesar di Asia Tenggara

3. Masjid Raya Sultan Riau Pulau Penyengat

Di tepi Pulau Penyengat, Kepulauan Riau, dapat dilihat sebuah masjid yang berdiri sejak dua abad lalu dengan empat menara yang tingginya mencapai 19 meter. Masjid Raya Sultan Riau adalah daya tarik dari Pulau Penyengat yang berjarak 3 km dari Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Foto Bersama didepan Masjid Raya Sultan Riau

Masjid Raya Sultan Riau berdiri pada tanggal 1 Syawal 1249 H atau 1832 M oleh Raja Abdurrahman. Uniknya, masjid ini dibangun tidak menggunakan semen, tetapi menggunakan putih telur, kapur, dan tanah liat sebagai perekatnya. Masjid Raya ini berukuran 18 m x 19,8 m. Awalnya masjid ini ukurannya tidak terlalu besar.

4. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva 1000 Wajah

Salah satu cermin perpaduan budaya Tiongkok yang ada di Pulau Bintan yakni berupa bangunan umat budha yang diberi nama Vihara Ksitigarbha Bodhisattva atau yang dikenal dengan Vihara Patung 1000 Wajah. Bangunan yang berdiri di tahun 2010 ini merupakan sumbangan dari seorang dermawan yang berasal dari singapore.

Beliau menyumbangkan sebuah lahan tanah untuk dijadikan vihara namun ada yang unik dan berbeda ditempat ini, jika biasanya kita berkunjung ke sebuah tempat ibadah umat budha, kita akan menemukan tempat sembahyang dan sebuah dupa yang berjejer rapi di vihara. Namun kita tidak akan menemukannya disini, karena vihara ini diperuntukan khusus untuk menyimpan patung biksu atau arahat. Arahat sendiri memiliki arti orang yang telah mencapai kesucian spiritual tertinggi untuk mengikuti agama Budha.

Selengkapnya disini : 1000 Wajah Di Vihara Ksitigarbha Bodhisattva

5. Gunung Bintan

Gunung Bintan merupakan satu-satunya gunung yang terdapat di pulau Bintan, propinsi Kepulauan Riau. Gunung Bintan merupakan daerah resapan air di pulau Bintan. Gunung berketinggian 340 meter ini dikenal memiliki setidaknya 40 spesies fauna mulai dari kijang, kera, burung matahari hingga walet.

Sangat mengasyikkan menjelajahi gunung ini sebab di sepanjang jalan, juga bisa melihat dari dekat sekaligus mencicipi rupa-rupa tanaman buah seperti durian, pisang, nanas, papaya, rambutan, duku hingga buah nangka. Destinasi pas buat mereka penyuka gunung, hutan dan olahraga di alam terbuka.

Selengkapnya : Gunung Bintan, Riau

6. Gedung Gonggong
Bangunan gedung gonggong

Gedung Gongong terletak di Kawasan Taman Laman Boenda kota Tanjung Pinang. Taman Laman Boenda sendiri merupakan sebuah taman utama kota Tanjung pinang yang berada ditepian pantai. Tak heran jika Gedung Gonggong langsung menghadap lautan lepas terlebih sore hari pemandanganya sangat indah.

7. Balai Kesenian Adat Melayu

Bangunan yang berada dikompleks area adat ini begitu unik dan sangat kental dengan nuansa melayu. Tepat didepan balai rakyat ini ada peabuhan kecil yang menjadi tempat berlabuhnya kapal-kapal nelayan stelah mencari ikan.

Balai Kesenian Rakyat Riau

Balai kesenian adat Melayu ini menjadi kawasan pertunjukan adat wisatawan yang datang berkunjung ke Pulau Penyengat. Area yang cukup luas dengan berbagai bentuk bangunan dan fungsinya ini juga memberikan kesempatan kepada pengunjung yang datang untuk merasakan bagaimana menjadi seorang Raja dan Putri. Kita bisa menggunakan pakain adat khas Melayu yang biasa dikenakan oleh para Raja dan Putri dimasanya. Sigasana pengantin yang megah akan menjadi latar belakang foto dengan pakaian adat yang kita kenakan.

8. Pemakaman Para Raja & keluarga di Pulau Penyengat

Makam-makam yang ada di Pulau Penyengat sendiri cukup banyak mulai dari tokoh terkenal seperti Makam Raja Haji Fisabilillah, Makam Embung Fatimah, Makam Raja Ali Haji, makam Raja Ja’afar dan Makam Engku putri. Oh ya semua pemakaman disini free alias gratis jadi tidak akan dipungut biaya lagi.

Kompleks Pemakaman Raj-raja
9. Pantai Lagoi

Pantai Lagoi memiliki pasir putih yang terjaga dengan baik. Mungkin karna pantai resort sehingga setiap waktu sellau dibersihkan oleh penjaga pantai. Di Pantai Lagoi sendiri sebenarnya tak hanya bisa menikmati pasir putih dengan pantainya yang tenang saja tetepi juga ada beberapa wahana yang bisa dicoba sayang karna saat itu masih pukul 08.30 jadi belum dibuka untuk umum. Di Pantai Lagoi juga ada gembok cinta heeee jadi yang pasangan bisa beli gembok dan mengikat cintanya dipantai ini.

10. Danau Biru Bintan

Danau biru letaknya tak terlalu jauh dengan lokasi bukit pasir atau Gurun Pasir Busung. Danau biru atau telaga biru ini memang mirip dengan yang ada di Belitung yakni danau kaolin. Namun keunikan danau biru yang ada di Bintan dilengkapi dengan hamaparan pasir seperti gurun.

Keindahan Danau Biru

Sebenaranya kawasan ini bukanlah kawasan wisata karena sebelumnya kawasan ini merupakan pertambangan Bauksit namun kini sudah ditutup. Sisa penambangan inilah yang kita menjadikan kawasan ini sangat menarik dan bahkan menjadi destinasi utama bagi wisatawan yang akan ke Bintan.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata disemua daerah di Indonesia. ( Follow Instagram @emyebpj )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *