Editor PicksReviewSeputar TravellingTips Travelling

Ingin Nyaman Naik Kereta Api Saat Mudik? Ini Tipsnya!

Mudik tidak hanya dilakukan saat lebaran, tetapi juga di musim liburan. Bagi mahasiswa yang kuliah di luar kota, momen ini paling ditunggu. Biasanya, mereka membeli tiket kereta api 1-2 minggu sebelum mudik. Sebagian besar lebih memilih pembelian tiket kereta api di situs Traveloka atau dengan kata lain secara online.

Tidak sedikit yang membeli tiket kelas ekonomi untuk mendapatkan kursi di gerbong kereta api. Apalagi kini fasilitasnya lebih komplet. Tentu penumpang lebih nyaman menggunakan alat transportasi ini. Tak mengherankan, ketika musim liburan, tiket kereta ekonomi ludes terjual.

Apakah kenyamanan hanya ditentukan dari fasilitas di dalam gerbong? Pastinya, faktor dari dalam diri Anda lah yang sangat menentukan. Berikut ini ada 10 tips agar tetap nyaman ketika perjalanan menggunakan kereta api. Yuk, simak!

1. Pesan Tiket 30 Hari sebelum Mudik

Pesan Tiket 30 Sebelum Hari Mudik – sgimage.detik.net.id

Anjuran ini bisa dilakukan ketika membeli tiket kereta untuk mudik lebaran. Biasanya, PT KAI membuka pemesanan minimal 30 hari sebelum hari raya. Tiket kereta ekonomi paling cepat habis saat itu. Pasalnya, tiket tersebut harganya lebih terjangkau, tetapi punya fasilitas yang nyaris sama dengan kelas bisnis.

2. Pesan secara Online

Pesan Secara Online – cdn2.tstatic.net

Enggan mengantre di loket stasiun untuk membeli tiket? Solusinya adalah melakukan pembelian secara online. Misalnya, dengan pesan tiket kereta api di Traveloka. Tanpa harus beranjak dari tempat tidur, tiket berada di genggaman Anda.

3. Jaga Stamina dan Kesehatan

Stamina atau kekuatan fisik berkolerasi dengan umur, keturunan, serta asupan nutrisi di dalam tubuh. Sebelum melakukan perjalanan naik kereta api, persiapkan kondisi tubuh Anda. Beberapa latihan yang bisa dilakukan untuk menjaga stamina, antara lain senam, jogging, dan olahraga pernafasan.

Jaga Stamina dan Kesehatan – hellosehat.com

Stamina berbanding lurus dengan kesehatan seseorang. Jika stamina kuat, Anda tetap sehat dan bugar. Sebaliknya, kalau melemah, kesehatan bisa terganggu. Akibatnya, perjalanan pun menjadi kurang nyaman. Jadi, pastikan mengonsumsi makanan bergizi dan melakukan latihan ringan seperti yang dijelaskan sebelumnya.

4. Cetak Tiket Minimal 60 Menit Sebelum Keberangkatan

Cetak Tiket Minimal 60 Menit Sebelum Keberangkatan – 3.bp.blogspot.com

Meskipun melakukan pemesanan secara online, pastikan mencetak tiket lebih awal. Minimal 60 menit sebelum kereta api berangkat. Pasalnya, kondisi antrean di mesin cetak mandiri tidak dapat diprediksi. Mungkin, keadaannya longgar ketika hari normal. Namun, antrean bisa panjang ketika musim mudik.

5. Bawa Power Bank

Bawa Power Bank – matromall.com

Kereta api dari berbagai kelas memang menyediakan fasilitas listrik. Umumnya, setiap kursi memiliki dua buah stop kontak. Namun, belum tentu Anda sempat mengisi daya ponsel selama perjalanan. Mungkin, penumpang lain juga ingin melakukannya dengan jumlah handphone lebih banyak. Karena itulah, power bank dibutuhkan sebagai sumber daya listrik cadangan.

6. Kalau Kehabisan Tiket, Cari Info KA Tambahan

Kalau Kehabisan Tiket, Cari Info KA Tambahan – media.viva.co.id

Kereta api tambahan biasanya disediakan ketika musim mudik lebaran. Anda bisa mendapatkan informasi tersebut dari customer service di stasiun. Sebaiknya, datang langsung ke sana; barangkali diperbolehkan membeli saat itu juga.

7. Letakkan Identitas Diri di Kantong Baju atau Celana

Letakkan Identitas Diri di Kantong Baju atau Celana – uangteman.com

Sistem pengaturan penumpang di stasiun kini mengadopsi bandara. Di sana terdapat ruang tunggu, boarding pass, hingga sambutan petugas kereta api di depan gerbong. Itulah sebabnya, Anda harus menyiapkan identitas diri di kantong baju atau celana. Tujuannya untuk memudahkan saat pemeriksaan tiket kereta.

8. Bawa Makanan dan Minuman

Bawa Makanan dan Minuman – 3.bp.blogspot.com

Anda ingin menghemat biaya perjalanan? Siapkan makanan dan minuman sebelum naik kereta api. Kalau membeli di luar gerbong, harganya lebih murah. Selain itu, bisa memilih berbagai jenis kuliner yang disukai.

9. Kalau Membawa Balita, Siapkan Kebutuhannya

Kalau Membawa Balita, Siapkan Kebutuhannya – 1.bp.blogspot.com

Anda membawa bayi berumur di bawah 5 tahun? Sebaiknya, persiapkan perlengkapan yang dibutuhkan balita sebelum berangkat. Pastikan balita merasa nyaman saat perjalanan naik kereta. Pakaikan selimut, baju hangat, dan jaket selama di dalam gerbong. Di samping itu, bawalah mainan agar si kecil tidak rewel.

10. Bawa Jaket

Bawa Jaket – cdn.trivia.co.id

Semua kereta api kini dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC). Meskipun suhunya tidak sama, sebaiknya tetap memakai jaket. Pasalnya, Anda bisa masuk angin jika berpakaian terlalu tipis.

Demikian ulasan mengenai tips menjaga kenyamanan selama perjalanan mudik menggunakan kereta api. Jika Anda membutuhkan informasi pemesanan tiket kereta api, bisa memakai jasa agen online. Misalnya, agen Traveloka yang situs webnya dapat diakses melalui PC atau smartphone.

Tags

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close