Gunung

Gunung Manglayang Pilihan Cocok Untuk Pendaki Pemula – Bandung

Camping di Gunung Manglayang (foto : arsiyawenty.wordpress)
Camping di Gunung Manglayang (foto : arsiyawenty.wordpress)

Bandung bagian timur ternyata menyimpan banyak surga yang tersembunyi. Gunung Manglayang adalah salah satu wisata yang ada di Bandung Timur. Menurut cerita Gunung Manglayang masuk kedalam legenda Sangkuriang, gunung ini merupakan bagian dari rangkaian pegunungan Gunung Burangrang, Tangkuban Perahu, dan Bukit Tunggul. Memiliki ketinggian sampai 1.818 mdpl ini menjadikan gunung ini sebagai yang terendah dari rangkaian empat gunung tersebut dan membuat gunung ini agak terlupakan.

sumber : arsiyawenty.wordpress
sumber : arsiyawenty.wordpress

Buat Warga Bandung yang masih belajar hiking, gunung manglayang adalah pilihan yang cocok. Dengan tiga jam normal perjalanan pendakian, kamu akan sampai di puncak gunung manglayang. Ada tiga jalur pendakian sampai kamu bisa menuju puncak Manglayang, yaitu jalur Batu Kuda di Cileunyi, Palintang di Ujung Berung dan Baru Bereum di Kiara Payung Jatinangor. Jalur-jalur tersebut akan membawa kamu pada sisi puncak gunung yang berbeda.

Pagi digunung Manglayang (foto : arsiyawenty.wordpress )
Pagi digunung Manglayang (foto : arsiyawenty.wordpress )
Untuk bisa melihat pemandangan yang indah selama pendakian, Wargi Bandung disarankan mengambil jalur Baru Beureum. Ada dua jalur yang ditemukan disini, ke arah kiri adalah jalur pendakian, sedangkan jalur kanan melewati barisan warung menuju perkemahan. Warga Bandung tentu aja harus pilih jalur kiri. Jalur ini diawali dengan melewati aliran sungai kecil, dilanjutkan dengan kebun jeruk nipis milik penduduk. Kondisi fisik jalur pendakian dimulai dengan tanjakan tanah liat diselingi tanjakan berbatu, keseluruhannya sangat licin dan merupakan jalur air, jadi tidak direkomendasikan melakukan pendakian pada musim hujan.
Kabut Pagi dipuncak Gunung (foto : arsiyawenty.wordpress)
Kabut Pagi dipuncak Gunung (foto : arsiyawenty.wordpress)
Jalur pendakian gunung ini tidak dilengkapi dengan pos/shelter karena jarak dan waktu tempuh yang cukup singkat. Untuk lokasi membangun tenda cuma bisa dilakukan di Puncak Bayangan dan Puncak Manglayang. Jalur yang jelas ini akan berpisah di persimpangan, trek vertikal ke kiri adalah arah menuju puncak bayangan dan trek landai ke kanan adalah menuju puncak Manglayang, untuk membangun tenda direkomendasikan  di puncak bayangan. Tempatnya tidak begitu luas, kapasitas-nya cuma 4-5 tenda. Tapi disini, Warga Bandung akan  menikmati suasana sama persis saat berada di Puncak Cikuray.
Gunung Manglayang (foto gispala.wordpress)
Gunung Manglayang (foto gispala.wordpress)

Oiya, titik air gunung ini cuma ada di sungai kecil saat awal pendakian. Hutan ini tidak terlalu lebat, sinar matahari bakal bikin kamu semakin berkeringat saat mendaki. Jadi kalau Wargi Bandung mau belajar hiking, gak usah jauh-jauh cari gunung ke luar kota ya! Pilih Gunung Manglayang aja.

Sumber : http://www.infobdg.com/v2/gunung-manglayang-pilihan-tepat-belajar-mendaki-di-bandung-timur/

Tags
Show More

febeshinta

Hi, i am Febe Shinta, the editor in chief of backpackerjakarta.com and also the owner of febeshinta.com. For anyone who want to say “Hi” about thing related to both of these websites, please send me an email for more information or bussiness inquiry.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *