Gunung

Gunung Bukit Raya, Kalimantan : Rumahnya Para Drakula Penghisap Darah

Hai kalian yang ngakunya anak gunung! Jangan cuma tau savana cantik dan lautan awan aja gengs. Because kali ini aku mau kenalin kamu ke gunung yang terkenal akan sejuta drakula penghisap darah. Yakni, Gunung Bukit Raya, Kalimantan, yang juga termasuk kedalam jajaran ‘Seven Summit Indonesia’.

Sumber Foto : www.pecintaalam.org

Fyi gengs, Gunung Bukit Raya berada dalam kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya di Kalimantan Barat. Yang mana taman nasional ini menjadi salah satu bagian dari jajaran pegunungan Muller – Schwaner dengan puncak tertingginya yaitu Puncak Kakam pada 2.278 mdpl.

Sumber Foto : Galeri Indonesia Kaya

Selain itu, di antara gunung tertinggi lainnya, Gunung Bukit Raya pun menjadi gunung yang jarang didaki dan termahal setelah Carstenz Pyramid di Papua. Bahkan dalam setahun hanya ada sekitar 50 grup yang mendaki gunung menantang ini. Waah, gila gila. Kok bisa ya? Yap, hal ini dikarenakan letak Gunung Bukit Raya sangat terpencil sehingga memerlukan berbagai moda transportasi untuk sampai di titik pendakiannya.

Sumber Foto : Galeri Indonesia Kaya

Anyway, Gunung Bukit Raya dapat dicapai melalui Desa Kasongan di Kalimantan Tengah dan Desa Rantau Malam di Kalimantan Barat. Namun, biasanya pendaki lebih memilih melalui Jalur Rantau Malam, karena informasi pendakian jalur ini lebih jelas dan transportasi menuju Desa Rantau Malam pun lebih mudah dijangkau.

Sumber Foto : Galeri Indonesia Kaya

Sedangkan titik awal pendakiannya dimulai dari Resort TNBB di Rantai Malam. Namun, sebelum pendakian, para pendaki diharuskan melakukan ritual adat ‘Ngukuih Hajat’, yang mana dipercaya dapat menguatkan semangat para pendaki agar diberikan keselamatan dan kekuatan lahir batin hingga kembali, mengingat jalur pendakian gunung ini masih tergolong rapat dan minim petunjuk. So, jika kalian berencana mendaki Bukit Raya, akan lebih baik jika kalian menggunakan jasa guide untuk mempermudah jalannya pendakian.

Sumber Foto : Galeri Indonesia Kaya

Istimewanya gengs, hutan Gunung Bukit Raya masih sangat asri dan lestari. Habitat flora dan faunanya pun masih sangat terjaga. Hal ini bisa dilihat karena di hutan ini terdapat lebih dari 800 jenis tumbuhan yang hidup dengan damai. Serta berbagai macam jenis pacet penghisap darah, tawon dan binatang liar lainnya yang juga menjadi tantangan mendaki gunung ini.

Sumber Foto : lifestyle liputan 6

So, jangan harap kamu dapat menemukan savana cantik dengan lautan awan serta padang lavender yang dapat membangkitkan semangat pendakian ya! Karena sejatinya kamu akan ditemani dengan pepohonan rapat yang menjulang tinggi selama 5 hari pendakian dan juga pacet-pacet yang siap bergelantungan dikaki dan tubuhmu.

Sumber Foto : Galeri Indonesia Kaya

Yap, inilah sedikit pemandangan dari Gunung Bukit raya. Gunung yang masih sangat terjaga keasriannya. Berpadu dengan berbagai macam rintangan yang menghadang. So, buat kalian yang memang penggiat alam dan menyukai petualangan yang menantang, Gunung Bukit Raya lah jawabannya!

Sumber Foto : Galeri Indonesia Kaya
Referensi : www.indonesiakaya.com 
Tags
Show More

kikyamaleader

Nama saya Rizky Amalia. Seorang Accountant sekaligus Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang hobby menceritakan indahnya Indonesia melalui goresan pena. Bagiku, menulis adalah cara untuk melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa. Hingga pada akhirnya, tulisan-tulisan itulah yang akan menceritakan kembali siapa aku dan bagaimana aku melintas di bumi ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *