Air Terjun

Enam Curug menawan Kota Tegal

Walau Kota tegal lebih di kenal dengan sebutan Kota Bahari namun Tegal juga mempunyai daerah pegunungan tepat di kaki gunung Slamet, maka tak heran Tegal mempunyai Beberapa Curug atau Air terjun yang tak kalah dengan Curug cantik di beberapa daerah seperti Bogor dan daerah lainya. Curug/air terjun yang memukau ini patut di kunjungi bagi pencinta alam yang selalu haus akan deburan air yang jatuh dari ketinggian.

  1. Curug Dewa Cantel

curug cantel tegal

Curug dengan ketinggian hampir 100 meter ini merupakan curug tertinggi di kabupaten tegal, Curug yang terletak di Dusun Kalipedes desa Sigedong Kecamatan Baturaden ini akan memanjakan mata setiap pengunjung dengan aliran yang sangat memukau. Perjalanan kearah Curug ini sangat rawan longsong. Pengunjung di harapkan selalu mentaati setiap pertaturan yang tertulis di Curug ini. Jika anda beruntung saat pagi anda akan bertemu dengan satwa liar di curug ini.

 

  1. Curug Totos

curug totos tegal

Curug ini terletak di anatar desa Tuwel dan Bumijawa. Curug dengan Deburan air yang sangat deras dengan ketinggian tak melebihi 20 meter ini terletak tepat di jembatan penghubung antara Tuwel dan Bumijawa. Cukup dengan membayar jasa parkir dan berjalana di tepain sungai anda bisa menikmati pesona Curug Totos.

 

  1. Curug Penganten

curug penganten tegal

Curug Unik yang terletak satu jalur dengan Curug Luhur dan Curug  Tunggengan. Curug Ini terletak di  desa Tuwel Kecamatan Bojong, tepat di samping SMAN 1 Bojong. Dua Curug yang berdampingan layaknya seorang pengantin menjadi pemandangan yang luar biasa di Curug ini. Untuk mendekat ke curug ini anda harus melawan arus yang deras. Berhati-hati dan tetap taati aturan yang ada bila akamn ke Curug ini.

 

  1. Curug Tunggengan

curug tunggengan

Curug yang letaknya dekat dengan Curug Luhur ini menjadi pembuka  saat anda akan ke Curug Luhur. Curug Cantik dengan aliran air yang jatuh dari ketinggian sekitar 50 meter ini tidak begitu deras, tetapi untuk mendekati curug ini  anda harus menyebrangi sungai yang aliranya cukup deras. anda dapat menikmati sensasi guyuran airnya dan berenang di muara curug ini. Tak terlalu dalam Cuma sebatas pinggang orang dewasa. Jika anda datang di musing kemarau curug ini mongering.

 

  1. Curug Luhur

curug luhur tegal

Masih satu lokasi dengan curug PengantenCurug luhur merupakan curug yang banyak di kenal di kabupaten tegal, keindahan dan pesona curug ini mampu menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung. Guyuran air yang angat deras menjadikan curug ini tidak dapat di nikmati terlalu dekat. Larangan mandi pun terdapat di tepi muara curug luhur

 

  1. Curug Jejeg

curug jejeg

Curug Jejeg terletak di desa jejeg kecamatan Bumijawa,untuk dapat menikmati keindahan curug ini kita harus menyusuri sungai dengan bonus curug-curug kecil nan indah. Bejalan sekitar 500 meter sampai ahirnya di sebuah curug nan indah, inilah curug bertingkatnya orang tegal. Lelah serasa  hilang seketika bila sudah di depan curug ini. Muara curug yang jernih dapat menggoda anda untuk merasakan kesegaranya.

 

Masih ada beberapa curug yang ada di kabupaten tegal yang belum sempat saya cambangi, seperti curug Sanga yang terletak di Margasari, curug cantik di guci.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *