BlogEditor PicksGunung

Ini dia Daftar Gunung yang ada dipulau Jawa

Bagi mereka yang hobi melakukan pendakian ke gunung, bisa mendaki banyak gunung merupakan sebuah kebanggan tersendiri. Soal Tingginya maupun medanya tak menjadi sebuah masalah. Asalkan ada budget dan teman pendakian semua gunung bisa dilakukan pendakian. Mungkin kalian juga sudah bosan mendaki gunung yang sama berkali-kali.

Padahal dipulau jawa sendiri ada lebih dari 40 gunung loh yang bisa didaki karena kini sudah dibuka jalur pendakian. Gunung-gunung di jawa barat dan Jawa Tengah tercatat paling banyak bisa didaki baik yang ketinggianya 1000 mdpl hingga 3000 lebih mdpl. Namun sebelumnya kita tampilkan dulu 7 gunung tertinggi yang ada di pulau jawa sebagai bahan refrensi kalian.

7 Gunung tertinggi yang ada di PULAU JAWA 📌

1. Gunung Semeru, 3.676 mdpl, Jawa Timur

Gunung Semeru atau Gunung Meru adalah sebuah gunung berapi kerucut di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat.

foto : erfakamelia_

Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko. Gunung Semeru secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (wikipedia).

2. Gunung Slamet, 3.428 mdpl, Jawa Tengah

Gunung Slamet sendiri sebenarya terletak di antara 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Gunung Slamet juga adalah gunung tertinggi yang ada di Jawa Tengah serta kedua tertinggi di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru.

Jalur pendakian standar adalah dari Blambangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga. Jalur populer lain adalah dari Baturraden dan dari Desa Gambuhan, Desa Jurangmangu dan Desa Gunungsari di Kabupaten Pemalang. Selain itu ada pula jalur yang baru saja diresmikan tahun 2013 lalu, yaitu jalur Dhipajaya yang terletak di Kabupaten Pemalang.

Selengkapnya disini : Pendakian Gunung Slamet Part 3 Via Blambangan

3. Gunung Sumbing, 3.372 mdpl, Jawa Tengah

Gunung Sumbing merupakan sebuah gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa. Gunung yang berdiri tegak di ketinggian 3.371 mdpl ini berdampingan dengan Gunung Sindoro dan terletak di tiga kabupaten yaitu Magelang, Temanggung dan Wonosobo.

foto : @millatin_hidayah

Mendaki ke Gunung Sumbing merupakan sebuah pengalaman yang akan selalu dikenang oleh setiap orang yang mengunjunginya karena jalur terfavorite via Garung ini menuntut semua pendaki akan daya tahan tubuh serta kesabaran yang kuat yang akan membuat hati siapa saja merasa puas ketika sampai di puncak.

Selengkapnya : Pemandangan di Puncak Gunung Sumbing

4. Gunung Arjuno, 3.339 mdpl, Jawa Timur

Satu lagi gunung yang masuk kedalam 7 gunung teringgi di pulau Jawa yakni Gunung Arjuno. Gunung Arjuno atau biasa disebut Gunung Arjuna adalah sebuah gunung berapi yang berada di Jawa timur dengan ketinggian 3.339 Mdpl. Gunung Arjuno secara administratif terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan dan berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

Gunung Arjuno merupakan gunung tertinggi ketiga yang ada di Jawa Timur setelah Gunung Semeru dan Gunung Raung, serta menjadi yang tertinggi keempat di Pulau Jawa. Nama gunung Arjuno sendiri diambil dari salah satu tokoh pewayangan Mahabharata yang bernama Arjuna.

Selengkapnya : Indahnya Gunung Arjuno, Gunung tertinggi ke 4 di Pulau Jawa

5. Gunung Raung, 3.332 mdpl, Jawa Timur

Gunung Raung (puncak tertinggi: 3.344 m dpl) adalah gunung berapi kerucut yang terletak di ujung timur Pulau Jawa, Indonesia. Secara administratif, kawasan gunung ini termasuk dalam wilayah tiga kabupaten di wilayah Besuki, Jawa Timur, yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember.

foto : @qorykazhari

Secara geografis, lokasi gunung ini berada dalam kawasan kompleks Pegunungan Ijen dan menjadi puncak tertinggi dari gugusan pegunungan tersebut. Dihitung dari titik tertinggi, Gunung Raung merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur setelah Gunung Semeru, serta menjadi yang tertinggi keempat di Pulau Jawa.

Kaldera Gunung Raung juga merupakan kaldera kering yang terbesar di Pulau Jawa dan terbesar kedua di Indonesia setelah Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat. Terdapat empat titik puncak, yaitu Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi, dan, yang tertinggi, Puncak Sejati (3.344 m).

6. Gunung Lawu, 3.285 mdpl, Jawa Tengah

Gunung Lawu adalah salah satu gununbg tertinggi di pulau Jawa dengan ketinggianya mencapai 3.265 mdpl dan terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung Lawu terletak di antara dua kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Gunung Lawu memiliki tiga puncak, Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah. Yang terakhir ini adalah puncak tertinggi.Pendakian standar dapat dimulai dari dua tempat (basecamp): Cemorokandang di Tawangmangu, Jawa Tengah, serta Cemorosewu, di Sarangan, Jawa Timur. Gerbang masuk keduanya terpisah hanya 200 m.

7. Gunung Welirang, 3.156 mdpl, Jawa Timur

Gunung Welirang adalah sebuah gunung berapi aktif dengan ketinggian 3.156 m dpl yang secara administratif terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Gunung Welirang berada dalam pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

foto : @maftuhg

Gunung Welirang bersebelahan dengan Gunung Arjuno, Gunung Kembar I, dan Gunung Kembar II. Puncak Gunung Welirang terletak pada satu punggungan yang sama dengan puncak gunung Arjuno, sehingga kompleks ini sering disebut juga dengan Arjuno-Welirang. Kompleks Arjuno-Welirang sendiri berada di dua gunung berapi yang lebih tua, Gunung Ringgit di timur dan Gunung Lincing di selatan. Area fumarol dengan cadangan belerang ditemukan di sejumlah lokasi pegunungan ini.

 

Nah selain 7 gunung tertinggi dipulau jawa diatas masih ada banyak sekali gunung lainya yang ada  dipulau jawa yang perlu kamu tahu seperti :

GUNUNG DI JAWA BARAT 📌

1. Gunung Gede

foto : @maida.ltp

2. Gunung Pangrango

Mandalawangi Pangrango
Mandalawangi Pangrango

3. Gunung Ciremai

4. Gunung Guntur

Gunung Guntur
Gunung Guntur

5. Gunung Cikuray

foto : @fikrimuhammadtaufik

6. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan
Gunung Papandayan

7. Gunung Galunggung

Gunung Galunggung
Gunung Galunggung

8. Gunung Parang

Gunung Parang
Gunung Parang

9. Gunung Lembu

10. Gunung Bongkok

View dari Gunung Bongkok
View dari Gunung Bongkok

11. Gunung Artapela

Pesona Kabut digunung Artapela

12. Gunung Munara
13. Gunung Tampomas
14. Gunung Manglayang
15. Gunung Rakutak
16. Gunung Salak
17. Gunung Burangrang
18. Gunung Kencana
19. Gunung Jonggol
20. Gunung Pulosari

 

GUNUNG DI JAWA TENGAH 📌

1. Gunung Sindoro

Sindoro dilihat dari Sumbing
Sindoro dilihat dari Sumbing

2. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu
Gunung Merbabu

3. Gunung Merapi

foto : @ulumpolem

4. Gunung Prau

Gunung Prau Dieng
Gunung Prau Dieng

5. Gunung Argopuro

foto : @knuga88

6. Gunung Andong

7. Gunung Lanang
8. Gunung Telomoyo
9. Gunung Blego
10. Gunung Ungaran
11. Gunung Muria
12. Gunung Rogojembangan
13. Gunung Sipandu

GUNUNG DI JAWA TIMUR 📌

Gunung Ijen

foto : Aga Bpj 8

2. Gunung Kelud
3. Gunung Penanggungan
4. Gunung Suket
5. Gunung Baluran
6. Gunung Butak
7. Gunung Panderman

Sebenarnya masih banyak lagi gunung-gunung yang ada di pulau Jawa. Terlebih masih banyak gunung yang belum dibuka jalur pendakianya karena terkendala medan dan SDM yang akan mengelola gunung tersebut. Nah buat kamu yang selama ini bingung mau mendaki gunung apa mungkin list diatas bisa menjadi refrensi kalian untuk melakukan nex pendakian.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close