Air Terjun

Curug Putri Kencana, curug Kecil & Cantik di Bogor

Sudah lama tidak berenang di sungai yang airnya masih bersih dan sejuk, ditambah rindunya akan suasana riak air curug dan kicau burung membuat rasa rindu saya akan curug semakin menjadi-jadi.Alhasil, liburan akhir pekan yang singkat ini saya putuskan untuk mengunjungi salah satu curug di di daerah Babakan Madang, Sentul, yaitu curug Putri kencana. Curug ini sedang ramai di perbincangkan sehingga membuat saya penasaran.

WP_20151108_11_02_42_Pro

Dalam bahasa sunda, curug artinya air terjun, sedangkan leuwi artinya bagian terdalam atau cekungan yang ada di sungai atau aliran dari Curug. Curug Putri Kencana merupakan curug mini yang memiliki beberapa leuwi yang kedalamannya bervariasi, yaitu leuwi panjang, leuwi demang, leuwi pariuk, leuwi baliung. Jalur yang saya lewati untuk menuju curug putri kencana adalah Sentul-Jungle Land-Curug Putri Kencana. Dalam perjalanan, saya melewati jembatan kayu dan juga puncak lembah dengan pemandangan sawah yang terbentang. Di tempat ini banyak sekali pengunjung yang ingin berfoto, sehingga saya pun ikut-ikutan tuk berselfie ria.

DSC_0498

Setelah tiba di parkiran, saya berjalan kaki melalui jalan setapak, melewati perkampungan, sawah, hutan dan sampailah saya ke curug putri kencana. Curug ini menawarkan keindahan yang tidak kalah dengan curug lainnya. Aliran sungai yang jernih dan berbatu tidak hanya membentuk curug Putri kencana, tetapi juga beberapa curug dan leuwi. Curug putri kencana memang kecil dan tidak tinggi, namun airnya yang jernih dan sejuk membuat saya tak sabar untuk menyeburkan diri. Kedalaman curug ini mencapai 5 meter, jadi, bagi yang tidak bisa berenang lebih baik bermain di tepi curugnya saja. Puas di curug, saya pun beralih ke leuwi-leuwi yang memang asyik dan nyaman tuk berenang ataupun sekedar bermain air.

Leuwi Panjang

Bagi yang suka tantangan, ada satu curug lagi, namanya curug love. Curug ini berada diatas curug putri kencana dan perlu 1 jam tuk mencapainya. Puas bermain air, saya istirahat sambil mengisi perut. Fasilitas di lokasi ini cukup lengkap mulai dari toilet sampai mushollah, kebersihannya tetap terjaga. Jika ingin ke tempat ini, saya sarankan agar berangkat lebih pagi. Karena jika sudah siang, akan banyak sekali pengunjung yang dating sehingga kita tidak bisa puas bermain air.

Tertarik berkunjung ke tempat ini? Jangan lupa, buanglah sampah pada tempatnya.

Tags
Show More

Idrisaje -

bukan siapa-siapa. hanya mencoba berdamai dengan takdir Tuhan....

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *