Air Terjun

Curug Malela, Niagaranya Indonesia

Curug Malela adalah sebuah Air terjun yang cukup besar dan terletak di desa Cicadas,Kecamatan Rongga- Gununghalu Kabupaten Bandung Barat. Curug ini disebut-sebut sebagai Niagaranya Indonesia mengingat bentuknya sedikit mirip Air Terjun Niagara yakni lebar dan deras aliranya.

foto : @rizardnessky

Curug Malela sendiri berasal dari aliran sungai bagian Utara Gunung Kendeng,yaitu sebuah gunung berapi yang terletak di sebelah barat Ciwidey yang telah mati, kemudian mengalir melintasi sungai cidadap – Gunung Halu.

foto : @hens4m

Curug Malela memiliki ketinggian  sekitar 60 meter dengan lebar curug mencapai 70 meter dan memiliki 5 buah jalur air terjun. Mungkin itulah yang menyebabkan curug malela memiliki curahan air yang sangat besar terlebih jika musim hujan akan terlihat seperti Niagara.

foto : @ridzal.fdl_

Curug Malela kini menjadi salah satu destinasi wisata populer yang ada di Bandung. Banywak wisatawan yang datang dari luar kota hanya sekedar ingin melihat langsung keindahan dan bentuk curug malela. Banyak bebatuan besar dan tebing-tebing curam disekitaran curug dan menambah keeksotisan curug malela.

foto : @uncle_garrylommy

Untuk menuju Curug Malela bisa ditempuh melalui beberapa jalur seperti :

1. Kota Cimahi Kabupaten bandung

Cimahi menuju  Batujajar dilanjutkan kearah Cihampelas – Cililin – Sindang Kerta hingga kekawasan Gunung Halu. Tiba digunung Halu arahkan kendaraan menuju desa Buni Jaya llau tanyakan lokasi persis Curug Malela berada.

2. Kota Bandung

Dari Terminal Leuwipanjang Bandung, perjelanan dilanjutkan dengan naik naik angkot jurusan Cimah atau Cililin. Sesampainya di Cililin kemudian dilanjutkan dengan naik bus jurusan Gunung Halu/ Buni Jaya. Sesampainya di Terminal Buni jaya perjalanan kembali dilanjutkan dengan kendaraan berupa ojek menuju desa Cicadas. Nah bila sudah tiba di Cicadas tandanya sudah dekat jadi tinggal berjalan kaki ke lokasi Curug Malela.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close