Air Terjun

Curug Cikuluwung, Wisata Baru yang kini lagi Hits di Bogor

Curug Cikuluwung adalah salah satu Curug baru yang saat ini lagi ngehits di Bogor. Curug yang ukuranya terbilang kecil dan tidak terlalu luas ini berada disebuah aliran sungai yang sempit dan diapit dua buah sisi tebing berbatu yang cukup terjal.

Foto @dedekluk_991

Adanya kolam atau laguna kecil disekitar aliran sungai tepat dibawah air terjun membuat pengunjung seolah memilki kolam pribadi. Meski aliran airnya tak terterlalu deras namun Curug Cikuluwung rupanya menyuguhkan kesan tersendiri bagi wisatawan yang datang.

Apa Istimewanya Curug Cikuluwung ?

Salah satu hal yang membuat Curug Cikuluwung ngehits adalah faktor instagenik yang dihasilkan bila kita mengabadikan moment diantara dua buah sisi tebing bewarna cokelat tepat didepan curug dan diantara aliran sungai Yang bewarna Hijau.

Foto @rizki_galabhi

Bebatuan di sisi Tebing yang mememilki beragam bentuk membuat kita seolah berada disebuah lembah, mungkin seperti berada di Mini green Canyon. Apalagi Air yang mengalir dari sungai Cikuluwung ini warnanya sangat jernih dan bersih dipadukan dengan danau didepan air terjun plus diapit tebing-tebing bewarna cokelat membuat siapa saja yang datang berkunjung akan merasa betah.

Foto @rhmad_daru

Usahakan datang lebih awal agar tak perlu antri berfoto mengingat curug ini sedang ngehits membuat banyak wisatawan mulai berdatangan. Ingat, usahakan jangan datang saat musim hujan sebab airnya keruh bewarna Coklat. Loket Tiket Curug Cikuluwung mulai dibuka pukul 08.00 pagi dan akan ditutup mulai pukul 15.00 sore.

Dimana Lokasi Curug Cikuluwung berada ?

Curug Cikuluwung sendiri terletak di Bogor Barat tepatnya di Kampung Suka Asih, Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Uniknya Curug Cikuluwung ini berada diantara Pemukiman Warga sehingga saat akan memasuki area curug kita akan melewati rumah warga Suka Asih bahkan parkiranyapun tepat didepan rumah warga.

Cara & Rute Menuju Curug Cikuluwung

Buat teman-teman yang ingin datang ke Curug Cikuluwung, Akses menuju tempat ini tergolong cukup baik jadi tak perlu khawatir. Banyak papan petunjuk yang sudah mengarahkan ke lokasi Curug Cikuluwung.

Dari pusat kota Bogor, arahkan kendaraan menuju Dramaga – Cikampak hingga Cibatok. Nah dari Cibatok perjalanan dilanjutkan menuju ke arah pertigaan Cemplang kemudian ambil jalur lurus terus. Sekitar 40 menitan kita akan bertemu Sungai Cikuliwung dan sebuah gang yang biasa disebut Gang Gardu.

Dari gang Gardu tersebut artinya perjalanan kita sudah hampir tiba karena sekitar 15 menit dari Gang Gardu kita akan melewati jalan berbatu hingga akhirnya bertemu dengan papan petunjuk Loket Curug Cikukuwung.

Ets, dari Loket ini kita harus jalan lagi melewati perumahan warga sampai akhirnya bertemu dengan sebuah Tempat Parkiran. Dari Parkiran sendiri kurang lebih sekitar 5 menitan berjalanan kaki hingga akhinya kita tiba di Curug Cikawulang. Namun sebelumnya kita harus meniti anak tangga dengan jalur yang sedikit licin dan terjal.

Harga Tiket masuk & Fasilitas yang ada di Curug Cikuluwung

Karena curug Cikuluwung terbilang baru dibuka untuk umum yakni sekitar awal Januari 2018 lalu maka fasilitas yang ada bada belum memadai. Namun meningkatnya jumlah wisatawan yang datang membuat pengelola setempat memperbaiki dan menambah fasilitas umum.

Untuk harga Tiket Masuk Curug Cikuluwung sendiri yakni Rp 10.000 per pengunjung. Harganya masih terbilang murah karena baru dibuka, tidak menuntut kemungkinan dalam waktu dekat akan berubah harga tiketnya.

Foto @ali_alhusayn92

Pengelola sudah membangun Tangga semen seadanya agar pengunjung yang turun ke lokasi air terjun tidak tergelincir. Satu lagi, buat kalian yang datang kesini jangan lupa bawa sandal gunung atau sepatu yang ga licin plus jalanya harus hati-hati.

Sudah Ada beberapa warung yang berdiri disekitar curug Cikawurung namun lokasinya berada di area parkiran. Begitupun dengan Toilet untuk bilas juga berada disekitar parkiran tempat loket masuk berada.

 

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

1 thought on “Curug Cikuluwung, Wisata Baru yang kini lagi Hits di Bogor”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *