Air TerjunBlogEditor Picks

Curug Awang, Niagara Mini Yang Terlupakan

Curug alias air terjun merupakan sebuah keindahan yang bukan hanya bisa kita jadikan tempat tuk sekedar melepas lelah melainkan juga tempat untuk mencari inspirasi. Di Sukabumi, terdapat banyak air terjun cantik yang bisa kita jelajahi, diantaranya adalah Curug Awang.

Curug Awang berada di kawasan Ciletuh Geopark, Kecamatan Ciemas, Kab Sukabumi. Curug yang bermuara dari sungai Ciletuh ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan mengalir dari tebing bebatuan (yang paling tua di jawa, -red) yang cukup lebar, yaitu sekitar 65 meter. Dinding tebingnya yang berwarna coklat kemerahan yang merupakan susunan dari batu alam menjadi daya tarik tersendiri yang jarang ditemukan di daerah lain.

WP_20160325_15_11_36_Pro

Dengan formasi geologi seperti itu, (dan apabila kita mengunjunginya pada musim hujan, -red) ketika airnya yang deras memenuhi ruas sungainya yang lebar, pesona dan keindahannya sangat mirip sekali dengan air terjun Niagara di Amerika yang tentunya versi mini. Pemandangan seperti itulah yang membuat curug Awang disebut sebagai Niagara Mini dari Ciletuh.

Siapa sangka, sukabumi memiliki curug sekeren Niagara di Amerika. So, kita tidak perlu jauh-jauh ke Amerika tuk menikmati Niagara, cukup ke Ciletuh Geopark dan nikmati pesonanya. Bahkan kita bisa menikmatinya dari bawah curug. Untuk sampai ke curug Awang sendiri bisa di tempuh dengan kendaraan roda empat, karena kondisi jalan sudah bagus, namun ada beberapa ruas jalan yang masih didominasi bebatuan. Setelah tiba di parkiran, kita mesti berjalan kaki di jalanan berbatu dengan sedikit menurun, kemudian dilanjutkan menuju persawahan, melintasi jembatan. Sesudah melewati jembatan ini, curug Awang sudah bisa terlihat dari kejauhan.

WP_20160325_14_08_29_Pro_LI

Untuk melihat dari dekat, kita mesti berjalan lagi dengan kontur tanah yang menurun dan sangat terjal. Tidak ada undakan bebatuan seperti terasering, sebagai pegangan, pengelola menempatkan sebuat tambang yang ditambatkan pada tongkat kayu Setibanya di bawah curug, kita bisa melihat megahnya dinding-dinding bebatuan curug Awang. Selain itu juga banyak bebatuan besar yang berserakan dibawahnya. Bahkan, hembusan angin yang mengiringi jatuhnya air yang deras begitu terasa sangat menyejukkan.

WP_20160325_14_25_23_Pro_LI

Derasnya air yang jatuh dan warnanya yang merah kecoklatan, sangat tidak disarankan tuk berenang. Kita hanya bisa bermain air di aliran sungai saja. Hal ini disebabkan karena pengaruh batu dan tanah di wilayah ini berwarna merah. Namun hal ini tidak mengurangi indahnya pesona curug Awang. Perpaduan langit yang biru, hijaunya pemandangan dan warna bebatuan dan air inilah yang menciptakan warna unik dan menarik yang disajikan curug Awang.

Apabila anda mengunjungi kawasan Ciletuh Geoparak, curug ini bisa anda masukan ke salah satu destinasi wisata anda. Dan jangan lupa, bawa kembali sampahnya ya.

Tags

Idrisaje -

bukan siapa-siapa. hanya mencoba berdamai dengan takdir Tuhan....

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *