Museum & SejarahWisata Jakarta

Belajar Sejarah Kelautan Bangsa Di Museum Bahari

Museum Bahari merupakan sebuah museum yang menyimpan berbagai macam koleksi yang berhubungan dengan kebaharian atau kelautan Bangsa Indonesia. Museum ini terletak di seberang Pelabuhan Sunda Kelapa tepatnya di Jalan Pasar Ikan,Jakarta Utara. Museum ini merupakan salah satu museum yang masuk dalam pengawasan Dinas Kebudayaan Permuseuman DKI Jakarta.

cityseeker.com
cityseeker.com

Di masa penjajahan Belanda dahulu bangunan ini merupakan sebuah gudang yang di gunakan untuk menyimpan hasil bumi seperti rempah rempah,kopi,teh,tembaga timah yang kala itu merupakan barang ekspor VOC ke Eropa. Bangunan ini memiliki dua sisi utama, sisi barat bernama Westzijdsche Pakhuizen(gudang barat) dan sisi timur bernama Oostzijdsche Pakhuizen(gudang timur). Gudang barat ini terdiri dari empat bangunan dan tiga diantaranya sekarang di gunakan sebagai Museum Bahari.

travel.detik.com
travel.detik.com

Di dalam Museum Bahari kita bisa melihat berbagai macam koleksi peninggalan bersejarah. Berbagai jenis perahu tradisional beraneka bentuk gaya hingga sampai kapal zaman VOC, ada juga berbagai model dan miniatur kapal modern serta perlengkapan pelayaran masa lalu seperti navigasi, jangkar, teropong, model mercusuar dan juga meriam. Museum Bahari juga menampilkan koleksi biota laut, data data jenis dan penyebaran ikan di perairan Indonesia dan aneka perlengkapan serta cerita dan lagu tradisional masyarakat nelayan tempo dulu. Selain itu disini juga menampilkan matra TNI AL, koleksi kartografi, maket Pulau OnRush, tokoh tokoh maritim dan perjalanan kapal KPM Batavia – Amsterdam.

www.liburanjakarta.web.id
www.liburanjakarta.web.id

Nah, buat adik adik atau teman teman yang ingin belajar sejarah maritim tempo dulu, Museum ini bisa kalian kunjungi setiap hari Selasa-Minggu dengan jam buka adalah jam 9 pagi sampai jam 3 sore.

rendykamil.wordpress.com
rendykamil.wordpress.com

SUMBER : id.wikipedia.org/wiki/Museum_Bahari

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *