Batang tabik

Batang Tabik, Pemandian Alam Yang Masih Bertahan Hingga Kini

Batang Tabik merupakan nama sebuah Jorong di Kenagarian Sei Kamuyang, Kecamatan Luak, Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat. Letaknya berjarak ± 5 km dari kota Payakumbuh, di pinggir jalan raya menuju Lintau.

Nama tersebut berasal dari kondisi wilayahnya. Terdapat sebuah mata air yang “Tabik” atau terbit dari dalam tanah, sehingga menjadi kolam.

Dan Menurut cerita setempat, airnya bersumber dari Danau Singkarak. Pengelola tempat wisata ini adalah Kerapatan Adat Nagari (KAN).

Batang tabik
Foto oleh: @exploreminang

Lokasi ini telah terkenal sejak zaman penjajahan Belanda sebagai satu-satunya pemandian di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Selain sebagai tempat pemandian dan rekreasi, airnya juga bermanfaat sebagai salah satu sumber air PDAM Kota Payakumbuh.

Baca juga: Pemandian Air Panas Sibanggor

Mata airnya mengalir terus tanpa henti dan tidak terpengaruh dengan musim, apakah itu kemarau atau penghujan.

Tetap jumlah airnya tak berkurang dan mengalir sangat banyak. Jika dulunya tidak dibendung, mungkin saat ini daerah yang disebut Batang Tabik tersebut telah berubah menjadi sebuah danau.

Foto oleh: @sudutpayakumbuh

Wisata Pemandian Batang Tabik ini sudah memiliki berbagai fasilitas yang bisa digunakan pengunjungnya.

Fasilitas tersebut seperti toilet, musholla, dan ruang ganti pakaian.

Tidak perlu khawatir akan lapar dan harus jauh-jauh berjalan, terdapat warung-warung yang menjual aneka makanan dan minuman.di sekitar area pemandian.

Foto oleh: @gadihbujangpayakumbuh

Di Batang Tabik terdapat 3 kolam. 2 antaranya sudah berkeramik dan 1 kolam masih terjaga keasliannya (alami). Di kolam alami, pengunjung akan melihat banyak ikan.

Kolam ini biasa terkenal dengan kolam ibu. Bagi yang sedang ada di Payakumbuh, jangan lupa untuk mampir di pemandian Batang Tabik ini.

Sumber: wisatasumbar.net, talogondang.wordpress.com

Hits: 8523

Wina Zulfani

Masalah terbesar kita cuma satu: meninggal tapi tidak masuk Surga.

Baca Artikel Lainnya