Pemandian Air Panas Sibanggor, Mandailing Natal

Pemandian air panas sibanggor
Foto oleh: annisablog.wordpress.com

Mandailing Natal memiliki wisata geo yang cukup menarik. Sebuah pemandian air panas. Terletak di Desa Sibanggor, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Sibanggor terdiri atas tiga desa yaitu Sibanggor Jae, Sibanggor Tonga, dan Sibanggor Julu. Seluruh daerah Sibanggor penuh dengan air panas kecil. Lokasi yang paling nyaman terletak di tepi jalan antara Sibanggor Tonga dan Jae.

Cukup menempuh jarak sekitar 12 km dari Panyabungan, anda akan sampai dilokasi yang dituju. Bagi anda yang punya masalah mengenai kesehatan kulit dan ingin sekaligus berwisata, ini merupakan lokasi yang bisa anda coba kunjungi. Selain untuk mencoba sensasi mandi di air belerang, pemandangan rumah-rumah tradisional ala Mandailing yang beratap ijuk dan berdinding papan tentunya juga menambah daya tertarik.

Foto oleh: travelingyuk.com

Masyarakat secara swadaya mendirikan tempat pemandian air panas ini. Ada dua kolam yang dirikan berdampingan. Kolam pertama yang cukup panas, sumber airnya langsung dari pusat air panas. Sementara kolam kedua yang airnya lebih hangat, bersumber dari aliran kolam pertama. Di sini sudah terbangun beberapa fasilitas, seperti kolam pemandian, sarana mandi uap, WC umum, dan tempat ibadah.

Tak ada retribusi khusus, cukup membayar sukarela kepada warga yang bertugas menjaga fasilitas ini. Pemandangan  sawah, rimba, dan Gunung Sorik Marapi juga bisa anda nikmati. Bila cuaca mendukung, anda dapat memuaskan diri untuk memainkan kamera atau alat perekam gambar.

Tak jauh dari situ, terdapat aliran Sungai Aek Milas. Aliran sungai itu berbatasan langsung dengan tembok perbukitan. Di sini juga terdapat beberapa sumber air panas. Kadar belerang dari air itu membuat batu-batuan di sekitarnya berubah warna menjadi merah dan kuning. Aliran air panas yang masuk ke batang aliran sungai, membuat Sungai Aek Milas menjadi hangat. Aliran sungai yang deras dengan bebatuan yang ada di tengahnya, menjadi lokasi menarik untuk aktivitas wisata sungai.

Foto oleh: beravontur.wordpress.com
Sumber: variety-indonesia.blogspot.co.id, annisahblog.wordpress.com

Hits: 2230

Wina Zulfani

Masalah terbesar kita cuma satu: meninggal tapi tidak masuk Surga.

Baca Artikel Lainnya