KulinerUncategorized

Lezatnya Ayam Bakar Cincane Khas Kalimantan Timur

ayam bakar cincane (foto : lumbungresep)
ayam bakar cincane (foto : lumbungresep)

Ayam Cincane merupakan salah satu kuliner andalan di Kalimantan Timur. Biasanya, kuliner ini dijadikan hidangan utama ketika masyarakat Samarinda menyelenggarakan pesta pernikahan atau acara menyambut tamu kehormatan. Ketika sedang wisata kuliner di Kota Samarinda, menu Ayam Cincane dapat dijumpai di beberapa kedai ataupun rumah makan. Daging ayam kampung yang disajikan bersama bumbu berwarna kemerahan menjadi ciri khas tersendiri dari Ayam Cincane.

Kalau kamu penggemar kuliner olahan ayam, kamu perlu mencicipi kuliner  Ayam Cincane ini. Sebelum mencicipi ayam cincane di daerah asalnya, mungkin kamu bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. Banyak resep yang dibagikan di berbagai situs di internet. Berikut ini resep dari berbagai sumber,

Resep Ayam Cincane Kalimantan Timur

Bahan :
1 ekor ayam kampung, potong jadi 4 bagian
3 sdm minyak
3 cm jahe
3 cm lengkuas
2 lbr daun salam
2 btg serai, memarkan
2 sdm gula merah
1 sdt garam
500 ml santan

Haluskan:
12 bh cabai merah
6 bh bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt terasi

Cara membuat:
1. Panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan, daun salam dan serai, masak hingga harum dan matang.
2. Masukkan ayam, masak hingga ayam berubah warna, lalu tambahkan gula merah, dan garam, tuang santan, masak hingga santan mengering.
3. Masukkan ayam dalam pinggan tahan panas, panggang dalam oven panas 200 derajat Celcius, selama 30 menit. Angkat, hidangkan.
Untuk 6 orang.

 
 Yuk, simak video berikut ini tentang Ayam Cincane!

Tags

Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist - www.nirmalamedia.com - maeshare.blogspot.com - Suka belajar dan mencoba hal baru. Penikmat kuliner. Pemerhati lingkungan. Cinta bumi dan buah-buahan. - Tinggal di Solo, Jawa tengah, Indonesia. IG @kuliner.soloraya - IG @Maenequeen - IG @maya.nirmalasari

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close