Langkuik Tinggi

Langkuik Tinggi: Air Terjun Terindah di Agam

Air Terjun Langkuik Tinggi berlokasi di Jorong Nyiur, Malalak Selatan, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Jorong Nyiur sendiri merupakan jalur alternatif Padang-Bukit Tinggi dan berada di jalan Simaka (Sicincin, Malalak Balingka), dengan waktu tempuh lebih kurang 30 – 45 menit dari Kota Bukittinggi. 

Langkuik Tinggi
Biaya Akomodasi

Sesampainya di posko, akan ada petugas parkir yang nantinya mengamankan kendaraan. Biaya parkir sebesar Rp. 5.000,-/ motor.

Kemudian, pengunjung melaporkan jumlah dan nama-nama dari anggota yang akan berangkat. Tidak lupa untuk meninggalkan salah satu nomor handphone, sebagai kontak darurat.

Baca juga: Trip Ekstrim ke Sarasah Barasok

Karcis masuk per orang adalah sebesar Rp. 5.000,-. Di sana ada jasa guide dengan nominalnya terserah kepada pengunjung. Tidak ada patokan harga khusus, hanya berdasarkan kerelaan saja.

Menuju Langkuik Tinggi

Perjalanan kali ini berjarak sekitar 1,5 Km. Mulai menyusuri persawahan, kemudian setelahnya berganti menjadi pepohonan.  Melewati jalan setapak berbatu, mendaki, dan menurun.

Medan tempuhnya juga cukup licin. Pengunjung harus berhati-hati karena terdapat jalan yang kemiringannya hingga 70 derajat, sehingga mengharuskan mereka untuk berpegang pada akar-akar pohon ataupun tangga yang sudah tersedia.

Di perjalanan selanjutnya, juga akan bertemu beberapa air terjun dan sungai dengan bebatuan besarnya. Pengelola air terjun ini juga sudah menyiapkan tali untuk menyeberang di sungai tersebut. 

Langkuik Tinggi

Setelah perjalanan panjang, akhirnya sampailah pada lokasi tujuan. Udara yang ada pada sekitar air terjun sangat sejuk karena lokasinya berada di kaki Gunung Singgalang. Hutannya juga masih terjaga dengan baik.

Air terjun Langkuik Tinggi ini mempunyai ketinggian mencapai 100 m dengan tebing yang sangat tinggi. Cipratannya membuat pengujung yang berada di radius 15 m  dari air terjun menjadi basah kuyup.

Langkuik tinggi

Air Terjun Langkuik Tinggi memang tempat wisata yang paling cocok bagi yang suka dengan alam dan keindahan. Wisatawan juga bisa memanjakan diri dan mandi di lokasi tersebut. 

Views: 1609

Wina Zulfani

Masalah terbesar kita cuma satu: meninggal tapi tidak masuk Surga.

Baca Artikel Lainnya