Tempat pemujaan di Situs Megalitikum Cibalay Bogor

Situs ini lebih di kenal dengan Situs Arca Domas Cibalay. Situs ini terdiri dari beberapa situs seperti Situs Arca Domas, Pasir Manggis, Situs Batu Bergores, Punden Endong Kasang dan Punden Jami Picing. Situs ini terletak di Kampung Cibalay Desa Tapos Kecamatan Tenjolaya kabupaten Bogor.  Untuk sampai ke Situs tersebut anda  dapat menggunakan dua rute yang berbeda pertama dari arah Bogor – Ciapus – Curug luhur – Terminal Faten. Rute lainya bisa ditempuh dari arah Bogor – dermaga – Ciampea – Cinangneng – terminal faten.

IMG_1967

Anda akan menjumpai beberapa bebatuan sebagai pembuka, Tumpukan batu ini di sebut Situs Balekambang. Situs ini merupakan peninggalan jaman Prasejarah. Disitus ini dapat di lihat Menhir dan Batu Gores. Ada beberapa menhir dengan panjang dan lebar yang berbeda.

Setelah Balekambang anda akan melewati aliran Sungai kecil yang di sebut sungai Cibalay. Perjalanan menuju Situs Arca Domas anda akan melewati gerbang utama dengan menaiki beberapa anak tangga yang di apit pepohonan Pinus. Tak lama anda akan disuguhan hamparan bebatuan seperti halnya di situs gunung Padang.

IMG_1861

Sebenarnya nama situs Arca Domas sedikit tidak tepat karena disini tidak pernah di temukan Adanya Arca yang ada hanyalah Punden Berundak. Situs Megalitikum ini  berada di ketinggian 700 mdpl dan menempati area yang cukup luas sekitar 4 hektar juga merupakan punden berundak dengan komponen yang lengkap.

Teras utama situs ini berada di udakan yang paling tinggi dengan beberapa batu menhir di atasnya. Lembaran-lembaran bebatuan unik ini membentuk suatu ruangan. Ruangan yang di jadikan tempat pemujaan ada 7 undakan di situs ini. Masing-masing undakan dengan bentuk yang berbeda namun fungsinya masih sama sebagai tempat pemujaan.

IMG_1986

Lembaran bebatuan terhampar di beberapa undakan baik membentuk suatu ruangan atau seperti layaknya jalan. DiArea ini Batu dan Menhir berpencar ada yang berdekatan namun ada juga yang berjauhan. Diarea utama puncak bukit di sebut “Pusar” ditengah-tengah hamparan batu terdapat batu berdiri tegak yang berbentuk segitiga dengan dioameter 3-4 meter.

Situs ini di kenal Masyarakat dengan Situs Cibalay dan paling banyak di kunjungi pada hari libur dan hari-hari tertentu tentunya dengan kepentingan yang berbeda-beda. Selain berwisata terkadang mereka juga melakukan sesembahan.

Ada beberapa situs yang tersebar di area ini yakni situs kebon kopi dan Jami Picing. Situs kebon kopi berada tak jauh dari situs Arca dormas dengan beberapa menit menyusuri jalan setapak andapun sampai di situs tersebut. Disebut situs kebon kopi mungkin karena bebatuan dan menhir yang berada di kebon kopi.

IMG_1906

Anda dapat melanjutkan menyusur jalan setapak kearah Situs Jami Picing. Ada beberapa batu dan menhir yang anda jumpai di situs ini. Berbeda dengan situs di Arca Domas di sini hanya beberapa undakan saja ada semacam batu besar yang di kenal dengan situs Batu Bergores.

IMG_2002

Situs-situs yang unik ini merupakan warisan dari leluhur kita yang harus kita jaga agar anak cucu kita dapat menikmati keindahan dan keunikan ini. Harapan kami setiap pengunjung tetap menjaga kebersihan dan jangan merusak situs yang ada apalagi mengambil atau memindahkan beberapa batu atau menhir di area situs ini.

 

Sumber : jalantraveller.blogspot.co.id

Hits: 2915

Baca Artikel Lainnya