5 Tips Traveling Aman di Era New Normal
5 Tips Traveling Aman di Era New Normal (pict. Pexels)

5 Tips Traveling Aman di Era New Normal

Komentar

Hi, Guys! Sudah mulai traveling lagi belum? Setelah banyaknya pembatasan aktivitas selama pandemi Covid-19 dalam tiga tahun terakhir ini, sekarang kita sudah bisa mulai kembali menggairahkan industri pariwisata di Indonesia.

Walaupun pandemi hampir berlalu dan pembatasan aktivitas yang mulai dilonggarkan, kita tetap perlu waspada saat traveling.

Enggak perlu khawatir berlebihan, kita tetap bisa menikmati perjalanan yang menyenangkan dengan persiapan yang matang.

Berikut ini tips traveling di era new normal agar tetap aman dan menyenangkan. Simak, yuk!

1.  Pola Hidup Sehat

Pola Hidup Sehat – foo lifepack.id

Menjaga kesehatan merupakan hal penting untuk bisa traveling dengan aman dan nyaman. Pasti engak enak banget dong ya kalau kita tiba-tiba sakit saat lagi piknik, huhu.  Semua rencana liburan yang sudah dirancang bisa jadi langsung buyar.

Nah, menjaga kesehatan ini bukan cuma dilakukan menjelang dan saat traveling saja. Kita perlu menerapkan pola hidup sehat dalam aktivitas sehari-hari. Hal ini dikarenakan tubuh kita punya batas ketahanan tersendiri yang bisa menurun dalam jangka panjang.

So, kurang-kurangin deh begadang, makan junk food, minum minuman beralkohol, merokok, dan kebiasaan tidak sehat lainnya. Ini penting agar tubuh kita selalu bugar, termasuk ketika sedang traveling.

2.  Selalu Update Peraturan Perjalanan Terbaru

Kasus penularan virus Covid-19 dengan segala variannya tidak menentu dari hari ke hari. Kadang kurvanya melandai, namun bisa jadi meningkat dengan masuknya varian terbaru. Mau tidak mau pihak otoritas pun sering mengubah kebijakan peraturan perjalanan.

Jika kamu merencanakan untuk traveling pada waktu tertentu, jangan lupa cek peraturan perjalanan yang berlalu.

Misalnya untuk perjalanan dalam negeri menggunakan pesawat terbang, kereta api, kendaraan pribadi, dan lain-lain. Ketahui apa saja dokumen perjalanan yang diperlukan agar bisa disiapkan sebelumnya.

3.  Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan

Perlu diingat, pandemi belum sepenuhnya berakhir. Kita masih tetap harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Siapkan perlengkapan yang dibutuhkan selama perjalanan, misalnya masker cadangan, sabun antiseptik, hand sanitizer, dan lain-lain.

Sebaiknya kita tidak makan dan minum di tempat umum yang terlalu ramai. Selain tidak nyaman, kondisi tersebut juga rentan terhadap penularan virus penyakit. Usahakan untuk tidak jajan sembarangan.

4.  Jangan memaksakan Diri

Traveling memang menyenangkan, bahkan bisa menjadi sarana healing yang efektif. Jalan-jalan ke tempat yang indah bisa membuat suasana hati lebih bahagia. Namun sebaiknya kamu tidak memaksakan diri untuk bepergian jika kondisi kesehatanmu sedang tidak fit.

Kondisi tubuh setiap orang berbeda-beda. Jangan sampai penyakitmu menjadi semakian parah karena memaksakan diri tetap traveling. Lebih baik kamu istirahat terlebih dahulu dan periksakan kesehatanmu ke dokter.

5.  Lindungi Diri dengan Asuransi

5 Tips Traveling Aman di Era New Normal (pict. Pexels)

Tidak dapat dipungkiri bahwa biaya perawatan medis cukup besar, bahkan bisa menguras tabungan yang seharusnya bisa digunakan untuk traveling ke destinasi impianmu.

Untuk mengalihkan risiko keuangan dari kondisi yang tidak diharapkan seperti sakit maupun kematian, sebaiknya kamu melindungi diri dengan asurasi jiwa.

Ada banyak manfaat asuransi jiwa yang bisa didapatkan. Kamu akan merasa lebih tenang karena diri dan keluarga telah tercover asuransi.

Asuransi jiwa bermanfaat untuk mengalihkan risiko keuangan saat kamu sakit. Sehingga kamu tidak perlu menguras tabungan untuk membayar biaya rumah sakit.

Selain asuransi jiwa, kamu juga bisa melindungi diri dengan asuransi perjalanan serta melindungi asetmu dengan asuransi kendaraan, rumah, dan lain-lain. Pembelian polis asuransi bisa dilakukan dengan mudah secara online melalui Lifepal.

Industri pariwisata cukup terpuruk selama masa pandemi. Sebagai penggemar traveling, sudah waktunya kita berkontribusi untuk mulai jalan-jalan lagi. Udah kangen sama pesona alam Indonesia yang memukau, kan? Ayolah, kita gass!

Baca Juga