Liputan Trip Pendakian Gunung Puncak Palasari#2 BackpackerJakarta

Haiii Sobat jalanku …

Kembali bersama liputan trip Backpacker Jakarta Pendakian Gunung tentunya,

Kali ini melakukan pendakian gunung yang nan- manja serta healing tipis-tipis yang letaknya hanya disekitar kota Bogor. Dimana tempat ini menjadi populer akhir-akhir ini untuk semua kalangan tentunya karna pesona alamnya, yaitu Puncak Palasari 1029 MDPL.

Puncak Palasari berlokasi di Kampung Cibakatul, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Kemarin pada (9/Juni/2024) bersama BackpackerJakarta part 2 melakukan Pendakian Gunung Puncak Palasari dengan CP yaitu Idhay dan Iqbal, untuk mepo yang berada di Stasiun Depok Baru pukul 08.00 WIB, dengan sharecost itu sendiri sebesar Rp.179.086.

Dimulai perjalanan menuju basecamp kami menggunakan angkot dari Stasiun Depok Baru menuju Desa Sukamakmur dengan estimasi perjalanan sekitar 2-3jam ya (asli sih ini cukup jauh ya jadi jangan lupa bawa antimo agar tidak mual/mabok angkot), tapi selain angkot kita juga bisa menggunakan kendaraan pribadi (mobil/motor), tapi aku saranin sih motor deh biar bisa lebih cepat terus sat set gitu soalnya akses jalanan menuju bascamp itu jalanan cukup kecil dan semakin menanjak ke atas serta berkelak-kelok.

Setelah sampai di titik akhir dimana angkot kami harus berhenti, disana ada toilet dan warung jadi jangan khawatir sebelum tracking sebaiknya beli air minum/perbekalan dahulu seperti cemilan cepuluh untuk dibawa keatas ya. 



Sebelum melakukan Perjalanan kami melakukan breakfing terlebih dahulu lalu berdoa tentunya, setelah itu kamu mulai melakukan tracking menuju bascamp (gerbang pendakian).

Perjalanan ini cukup jauh juga sebenarnya sih, dimana jalanan-nya masih berupa tanjakan dengan jalan aspal berlobang tapi ada yang rata juga namun tidak semua nya mulus gitu jalanan aspalnya. Tetapi jalanan itu masih bisa di lewati dengan sepeda motor/mobil jeep ya. Disana masih banyak warga lokal yang lalu lalang dengan menggunakan motor, serta mobil jeep yang membawa barang lainnya.

Fyi guys buat kamu kaum mageran pengin sat set sebenarnya ketika mobil jeep itu lewat dijalanan tersebut kamu boleh menumpang mobil tersebut dengan cukup membayar sukarela dengan kesepakatan bersama untuk sampai lebih cepat menuju Pos Bascamp Puncak Palasari ya. Jadi silakan dinego ya guys hahahaha.



Setelah sampai di depan gerbang bertulisan
” SELAMAT MENDAKI ” berarti kita memulai tracking dengan jalanan yang cukup landai dan masih sangat mudah di lalui. Selain itu, selama perjalanan juga, kita selalu disuguhkan dengan pemandangan perkebunan yang cukup menawan tapi asli sih panas kalau trackingnya pas matahari lagi terik-teriknya hahaha karna minim pepohanan yang rindang.

 

Lalu setelah mendakati Puncak Palasari nanti kita akan bertemu semacem ilalang yang cukup cantik untuk jadi spot foto loh, jadi harus berfoto disana ya jangan lupa haha.

 

 

Pendakian Puncak Palasari ini terbilang sangat aman untuk disemua kalangan umur ya, sebab tracking masih muda diakses mulai dari pijakan kaki, jalur tanahnya dan ketinggian pun aman sekali, so buat kamu yang mau solo tracking-pun juga aman banget tanpa ada guide/warga lokal di jamin kamu bisa sampai diatas Puncak Palasari sebab akses jalur cuman 1 jalur jadi tidak akan bikin kamu tersesat.

Setelah melakukan tracking kurang lebih sekitar 40 menit, kami sampai diatas Puncak Palasari 1029 MDPL lalu kami berfoto bersama.



Fyi, diatas Puncak Palasari tidak ada warung sama sekali ya guys, walau menurut infonya ada tapi tidak menemukannya, jadi ketika kamu kesini pastikan kamu membawa cemilan/makanan/minuman sebaiknya untuk bersantai diatas Puncak Palasari.

Diatas puncak palasari sangat luas seperti lapangan bola lho, jadi kita bisa memasang tenda/flyseet untuk duduk bersantai sambil menikmati pemandangan kota.



Setelah bersantai berapa saat diatas, kami turun kembali ke bawah tapi jangan lupa untuk mampir ke Curug Goleg ya, dimana letaknya tidak jauh dari tempat bascamp.

Curug Goleg ini katanya baru dibuka, cuman buat turun kebawah emang cukup lumanyan juga sekitar 10-15 menit. Curug Goleg emang bukan curug yang besar tapi cukup asri dan airnya jernih.

Fyi disana ada warung kecil yang menjual pop mie/per-mie-an yang bisa dimasakin langsung sama bapak-nya serta berbagai minuman yang bisa kita pesan,

Spot ini sangat cocok untuk bengong sambil mendengar desar desir aliran air Curug Goleg, so cukup ciamik setelah kaki ini dipakai untuk tracking kita bisa santai sambil berenang atau hanya mair air cantik (berendam kaki) gitu lho gais hahaa



Lalu kalau kamu capek untuk kembali kebawah seperti ketempat awal kita bisa memesan ojek pangkalan curug yang tersedia/booking jeep kembali agar bisa cepat sampai. semua dinego ya gais jangan lupa.

Sekian terima kasih semuanyaaa sampai jumpa dicerita selanjutnya yaa…

Salam BackpackerJakarta ❤️

 

*LIST PESERTA PENDAKIAN GUNUNG PUNCAK PALASARI PART 2 BACKPAKCERJAKARTA*

*MEMBER*

1. Nining #38

2. ⁠Elsa #19

3. ⁠Sapta #1

4. ⁠Nuri #19

5. ⁠Farah #19

6. Desi #5

7. ⁠Nic #Semu

8. ⁠Fajar #22

9. ⁠Hilwa #47

10. ⁠Wulan 

11. Suci #45

12. ⁠Mansyah #22 

13. Winda #25

14. Yuri #18 

15. ⁠Chipaw #29

16. ⁠Putri #29

17. ⁠Nuraini #47

18. ⁠Farah #3

19. ⁠Sonia #39

 

*NON MEMBER*

1. Indah

2. ⁠Yafi

3. Rina

4. Ayenni

5. ⁠Trisya

6. ⁠Dhimas

7. ⁠Evi

8. ⁠Narifa

Hits: 89

Desi kurniawati putri

Hanya seseorang yang hobby menulis, karna menulis merupakan tempat untuk merangkai kata demi kata menjadi kalimat yang utuh dari setiap perjalanan langkah kaki-ku. Follow my instagram : @desi.kurniawatiputri

Baca Artikel Lainnya