Uncategorized

5 kebiasaan yang tak bisa dilepaskan saat Lebaran

Hari Raya Lebaran

Siapa yang tak bahagia ketika Lebaran datang? Rasa suka cita menghampiri bagi siapa saja yang merayakan. Bahkan, umat non-muslim yang tak merayakan pun turut bersuka cita menyambut Lebaran. Sedikitnya ada 5 kebiasaan yang tak bisa dilepaskan saat Lebaran. Apa saja ya?

1. Berharap diberi “angpao” alias salam tempel Lebaran

Siapa yang tidak mau angpao? Dari anak kecil hingga dewasa pasti senang menerimanya. Ketika lebaran tiba, pasti sebagian besar dari kalian berpindah profesi sehari menjadi “angpao hunter” atau pemburu angpao. Angpao Lebaran juga dapat diistilahkan sebagai salam tempel merupakan bentuk “terima kasih” atau sedekah uang yang dimasukkan dalam amplop. Besarnya beragam, mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 100 ribu.

Sumber foto by Kumparan.com

2. Memakai baju baru ketika Hari Raya Lebaran

Nah, ini udah menjadi satu hal yang wajib juga bagi kaum kita dimana baju lebaran yang serba baru akan menjadi list yang wajib dipersiapkan jauh-jauh hari bahkan sebelum puasa tiba, agar tidak repot lagi untuk membeli baju lebaran ketika mendekati Hari H.

Sumber foto by islamidia.com

3. Silaturahmi ke rumah gebetan, mantan, pacar, hingga calon mertua

Berkunjung atau bersilaturahmi kerumah keluarga, kerabat, tetangga mungkin sudah terlalu biasa dilakukan. Tapi, tidak sedikit orang, atau mungkin termasuk kalian, memilih rumah mantan atau gebetan sebagai tujuan destinasi Lebaran. Hitung-hitung menjalin hati yang belum tersambung. Eh!

Sumber foto by Rancah Post

Selain untuk lebih mengenal dekat keluarga secara langsung, paling tidak dapat melihat wajah orang tercinta kalian ketika Lebaran. Bayangkan saja jika kalian sedang makan ketupat dan rendang bersama gebetan, lantas semua keluarganya menghampiri kalian dan bertanya “Kapan nikahnya?”

4. Setiap berhenti di satu rumah, pasti makan dulu

Sebagian di antara kalian pasti pernah melakukan kebiasaan yang satu ini. Bersilaturahim ke rumah tetangga dan saudara, kue Lebaran pun menjadi incaran utama. Kalian pasti menyempatkan makan kue Lebaran yang ada di setiap rumah. Syukur-syukur kalau orang tersebut menyajikan kue kesukaan kita. Haha!

Sumber foto by womensobsession.com

5. Ziarah ke makam

Hal yang tak kalah penting adalah ziarah ke makam para saudara yang telah pergi mendahului kita. Biasanya ziarah makam dilakukan selepas sehari sebelum Lebaran hingga usai salat Ied.

Sumber foto by jabar.tribunnews.com

Itulah kebiasaan yang dilakukan oleh orang Indonesia yang menjadi suatu tradisi saat lebaran tiba. Benar-benar sangat hangat dan menyenangkan bukan ?!

Tags

Desi kurniawati putri

Hi, perkenalkan, Aku bekerja di perusahaan swasta sebagai Assiten R&D Staff Devisi Laborat Kimia. Motivasi hidup aku saat ini : I do my best to be a good one. Insha Allah, Semoga artikel aku bisa memberikan manfaat bagi orang lain dan bisa menjadi kenangan terindah dikemudian hari. Thank you. Follow my instagram : @desi.kurniawatiputri

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close