Alam & TamanDanau & SungaiGunungPantaiSeni & Budaya

10 Destinasi Wisata Yang Wajib Dikunjungi Ketika Liburan Ke Lombok

Siapa yang tidak mengenal Lombok ? Lombok merupakan sebuah pulau yang berlokasi di sebelah timur Pulau Bali. Keindahan alam serta tempat wisata nya yang eksotis menawarkan karakter wisata yang unik dan berkesan. Mulai dari Gunung Rinjani bahkan sampai pantai pantai yang menawan akan kejernihan air lautnya.

Pulau Lombok sendiri termasuk dalam bagian Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan terbagi dalam 5 bagian yaitu, Kotamadya Mataram, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Barat. Dalam setiap bagian dan daerah mempunyai destinasi wisata dan jenis yang berbeda beda. Berikut adalah 10 Detinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika kalian merencanakan liburan ke Lombok :

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya.

C360_2016-08-15-20-28-30-421

Sumber : Rizkyfirmansyah

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi Lombok adalah sebuah tempat wisata di Lombok yang paling terkenal. Pantai Senggigi memiliki keindahan panorama yang menawan hati sekaligus menjelma menjadi salah satu tempat menarik di Lombok bila dipandang dari kejauhan dan ketinggian.

anekatempatwisata

Sumber : anekatempatwisata

Gili Trawangan

Gili Trawangan di Nusa Tenggara Barat adalah salah satu destinasi favorit dunia yang wajib dikunjungi. Destinasi ini jauh dari kebisingan sehingga memberikan kalian pemandangan pantai yang menawan, serta keindahan alam bawah lautnya yang mempesona.

Danau Segara Anak

Danau Segara Anak merupakan salah satu tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi, terutama bagi para pecinta wisata alam yang berlokasi di kawah Gunung Rinjani.

IMG-20160815-WA0043

Sumber : Emeraldphilips

Pantai Kuta

Pantai Kuta biasanya identik dengan pantai yang paling terkenal di Pulau Bali. Tapi jangan salah dulu bahwa di Lombok pun ada. Pantai Kuta Lombok ini terletak di wilayah selatan Pulau Lombok, pantai nan indah ini memiliki hamparan pasir yang lebih bersih dan putih. Serta garis pantai yang lebih bergelombang, dengan jajaran terumbu karang yang sehat. Sehingga menyuguhkan kepada kalian pemandangan yang romantis dan menakjubkan.

C360_2016-08-15-20-30-27-672

Sumber : Cahyadiarif

Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan adalah sebuah pantai yang terletak di sebelah selatan pulau Lombok, letaknya tidak jauh dari pantai Kuta Lombok atau tepatnya bersebelahan. Pantai Tanjung Aan merupakan pantai yang sepi dan tidak memiliki fasilitas apa-apa. Walau demikian pantai ini sangat digemari oleh wisatawan terutama wisatawan asing yang memang mencari suasana alami dan jauh dari keramaian.

berjalanjalanwordpress

Sumber : berjalanjalanwordpress

Rumah Adat Dusun Sade

Dusun Sade berada di Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Masyarakat yang menghuni dusun ini adalah penduduk dari Suku Sasak yang masih memegang teguh adat tradisi Lombok hingga kini dengan kehidupan keseharian masyarakat nya masih sangat kental dengan tradisi Sasak zaman dulu. Oleh karenanya, Dusun Sade ditetapkan sebagai desa wisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Keunikan lain nya adalah karakteristik dari rumah penduduk Dusun Sade ini dibangun dari bambu dengan atap yang berasal dari daun alang-alang.

C360_2016-08-15-20-30-07-538

Sumber : Cahyadiarif

Gili Nanggu

Sebuah pulau kecil yang memberikan keindahan pantai dan sekitarnya yang tidak kalah indahnya dibandingkan gili-gili yang lain. Gili Nanggu berada di Selat Lombok atau di pesisir barat Pulau Lombok wilayah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Untuk mencapai Gili Nanggu cukup mudah. Dari Mataram, kalian bisa menuju Pelabuhan Lembar yang berjarak sekitar 27 km dengan kendaraan dan selanjutnya menggunakan perahu atau speedboat selama 35 hingga 45 menit.

Bukit Malimbu

Bukit Malimbu merupakan salah satu tempat wisata kebanggaan Kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Lokasi bukit ini berjarak kira-kira 24 km perjalanan darat dari kota Mataram, kurang lebih membutuhkan waktu perjalanan satu jam dengan menggunakan mobil.

funadventure

Sumber : funadventure

Pura Batu Bolong

Pura batu bolong merupakan sebuah pura kecil yang terdapat di daerah Senggigi, Lombok. Seperti halnya pura-pura yang ada di pulau Bali, pura ini juga mengharuskan pengunjung untuk menggunakan kain berwarna kuning di pinggang selama berada di dalam area pura, juga menjaga kesopanan karena kononnya pura ini merupakan tempat ibadah keagamaan. Selain itu terdapat peraturan bahwa wanita yang sedang berhalangan dilarang memasuki area pura. Pengunjung yang masuk dikenakan biaya sebesar Rp.20.000,- /orang.

Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

1 thought on “10 Destinasi Wisata Yang Wajib Dikunjungi Ketika Liburan Ke Lombok”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *