Alam & TamanDanau & Sungai

Wisata Tirta Di Danau Rawa Pening – Semarang

new-image5
Danau Rawa Pening
Pada bulan September 2016, kantor saya mengadakan gathering ke Semarang dan mengunjungi beberapa tempat wisata di Semarang. Salah satunya Danau Rawa Pening. Rawa Pening (pening adalah salah satu varian bahasa Jawa untuk “bening”) adalah danau alam di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Dengan luas 2.670 hektare menempati wilayah Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru. Rawa Pening terletak di cekungan terendah lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran. Danau ini dangkal dan menjadi hulu bagi Sungai Tuntang.
Daya tarik yang ada di Rawa Pening adalah Wisata Tirta dengan perahu tradisional, penghasil enceng gondok sebagai bahan kerajinan, area pemancingan alam, Sumber mata pencaharian nelayan, restoran mengapung, pendopo, pusat kerajinan, beberapa permainan untuk anak-anak dan keluarga, Obyek fotografi yang sangat mempesona dan salah satu tempat yang indah untuk foto-foto Pre Wedding sehingga tempat ini menjadi salah satu obyek wisata populer di Ambarawa sejak dibukanya pada bulan Agustus tahun 2012.
new-image4
Mancing di rawa pening
Danau ini mengalami pendangkalan yang pesat. Di tengahnya banyak sekali tumbuh enceng gondok yang hampir menutupi seluruh permukaannya, sebagian menjadi tempat mencari ikan. Gulma ini juga sudah menutupi Sungai Tuntang, terutama di bagian hulu. Usaha mengatasi species invasif ini dilakukan dengan melakukan pembersihan serta pelatihan pemanfaatan eceng gondok dalam kerajinan, namun tekanan populasi tumbuhan ini sangat tinggi.
Jika ingin melihat indahnya danau rawa pening, bisa berkunjung ke Kampoeng Wisata Rawa. Untuk bisa ke tengah rawa pening ini bisa menyewa perahu motor dengan tarif 30 ribu rupiah untuk 30 menit max 6 orang.Panorama di sekitar Kampoeng Wisata Rawa ini cukup indah dan menyegarkan. Dengan udara yang segar, disini kita bisa melihat sawah hijau yang terbentang dan pegunungan di sekelilingnya.
new-image3
Perahu motor
Dimana Lokasi Kampoeng Wisata Rawa Pening?
Kampoeng Wisata Rawa terletak di Jalan Lingkar Selatan Kilometer 03 Ambarawa, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Sebuah jalan yang digunakan sebagai jalur perjalanan antara Yogyakarta dan Semarang.
Sekitar 34 km dari pusat kota Semarang atau dengan waktu tempuh sekitar satu setengah jam perjalanan dari kota Semarang. Akses ke tempat ini sangatlah mudah dijangkau karena berada di pinggir jalan dan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.
Harga Tiket Masuk & Jam Buka Wisata Kampoeng Rawa
Jam buka wisata kampoeng rawa mulai pukul 8 pagi hingga 9 malam dengan membayar biaya sekitar Rp 2.500 per orang. Ada juga beberapa wahana permainan yang tersedia disini, seperti: bebek air, becak mini, ATV, perahu karet, serta wisata perahu untuk berkeliling Danau Rawa Pening.
Setiap wahana permainan tersebut akan dikenakan biaya yang bervariasi. Untuk becak air biaya sekitar Rp 15.000 untuk 15 menit sedangkan untuk ATV biaya sekitar Rp 30.000 untuk 15 menit.
new-image2
Tengan sawah
Berkunjung ke Danau Rawa Pening menikmati wisata tirta, pemandangan alam Indonesia dengan udara yang segar layak untuk di pertimbangkan untuk mengisi liburan bersama keluarga atau teman di Semarang.
Created by : Nancy S
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *