Kuliner

Uta Kelo, Kuliner Khas Suku Kaili Yang Menggugah Selera

Hai guys! Berbanggalah jika kamu terlahir dan besar di Indonesia. Negara kepulauan yang kaya akan segalanya. Mulai dari destinasi wisata, sumber daya alam, budaya nya, bahkan sampai ke kulinernya. So, berbicara Indonesia tak harus mengenai pemandangan alam yang indah. Tapi juga tentang berbagai macam makanan khas yang menggugah selera.

Sumber Foto : Galeri Indonesia Kaya

Salah satunya adalah ‘Uta Kelo’. Makanan khas Suku Kaili yang merupakan suku asli wilayah Sulawesi Tengah. Kelo sendiri dalam bahasa Indonesia mempunyai arti ‘Daun Kelor’. Jadi, Uta Kelo merupakan makanan dengan bahan dasar utama berupa daun kelor. Dimana daun tersebut mudah sekali ditemukan di desa-desa yang menjadi wilayah tempat tinggal dari Suku Kaili.

Sumber Foto : Galeri Indonesia Kaya

Fyi guys, Uta Kelo terbuat dari campuran daun kelor yang dimasak bersama santan. Sekilas mungkin mirip seperti sayur daun singkong ya. Tetapi, Uta Kelo dapat disajikan dengan menambahkan bahan pendamping seperti pisang kapok, udang, maupun terong. Dimana rasa khas Uta Kelo sebenarnya terletak pada kombinasi rasa gurih yang dihasilkan dari santan serta rasa pedas cabai rawit yang menjadi salah satu bumbu utama dalam makanan ini.

Sumber Foto : Galeri Indonesia Kaya

By the way, selain rasanya yang menggiurkan, daun kelor sebagai bahan utama pun memiliki khasiat yang bagus untuk tubuh. Dimana daun tersebut dipercaya dapat memulihkan tenaga. So, Uta Kelo cocok sekali dijadikan menu pilihan saat makan siang untuk mengembalikan tenaga yang terbuang selama beraktifitas.

Sumber Foto : Galeri Indonesia Kaya

Uniknya lagi, masyarakat Suku Kaili ternyata memiliki mitos unik tentang makanan Uta Kelo ini. Dimana mereka percaya bahwa jika ada orang yang bukan berasal dari Suku Kaili datang mencicipi Uta Kelo, orang tersebut akan memiliki rasa rindu atau ingin kembali ke tempat Suku Kaili bermukim, bahkan ingin tinggal menetap di wilayah mereka. Waah, dahsyat juga ya makanan yang satu ini. Tapi, percaya tidak percaya, silakan kamu cicipi sendiri ya :)

Referensi : Galeri Indonesia Kaya

Tags

kikyamaleader

Perkenalkan! Aku adalah salah satu dari tetesan benih yang jatuh ke Bumi. Perlahan menjelma menjadi seorang Accounting yang bereinkarnasi menjadi Travel Journalist di Backpacker Jakarta. Dan sekarang tengah asik mengexplore indahnya Indonesia lewat goresan pena. Saat ini sedang mengejar target untuk bisa mendaki seluruh gunung di Tanah Air. Serta sedang bermimpi menapaki gagahnya Carstensz Pyramid, titik tertinggi Tanah Air Indonesia. Aku cinta menulis. Sebagaimana menulis adalah caraku melukiskan pikiran, perasaaan, serta gairah jiwa. Dan tulisan-tulisan itulah yang akan menandakan bahwa aku pernah ada dan melintas di Bumi ini sampai aku menghilang menjadi setitik debu di birunya semesta. Warm Regards, Rizky Amalia | Part of UKM Seni Budaya STEI & Teater Enjuku'18

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *