Editor PicksGunungSeputar TravellingTips Travelling

Tips Mendaki Gunung Agar Tetap Cantik Bagi Para Wanita !!!

Halo Para Travelers !!

Khususnya bagi kamu para pecinta gunung. Pasti sudah tidak aneh lagi mendengar kata “Gunung”. Apalagi di zaman sekarang, lagi demamnya para pecinta gunung. Bukan hanya laki-laki saja tetapi wanita juga loh saat ini. Naahhh.. bagi kamu yang ingin mendaki gunung. Kali ini aku ingin membagi tips mendaki gunung untuk bagi kaum kita, seiring meningkatnya minat wanita untuk mendaki gunung saat ini luar biasa sekali. Wanita saat ini benar-benar tangguh loh. Hahaha

1. Sebulan sebelum melakukan pendakian gunung, hal yang terpenting dilakukan adalah “Olahraga” !!! Ingat, mendaki gunung bukan cuma jalan kaki, tapi mendaki dengan barang bawaan carrier yang cukup berat. Olahraga yang dilakukan yang ringan-ringan saja seperti jogging, running dan renang untuk latihan pernapasan.

2. Coba lihat tanggal pendakian kamu, apakah bertepatan ketika kamu sedang kedatangan “PMS”. Kalau bertepatan, aku anjurkan tidak usah mendaki dulu. Tapi kalau merasa kuat, ya silahkan. Asal tahu cara membersihkannya dan menyimpan dengan baik di dalam carrier.

Tips berikutnya adalah barang bawaan wajib :

1. Carrier

Carrier ini berbeda dengan tas punggung / ransel karena dibuat dengan sistem khusus. Sistem khusus yang dimaksud adalah, tas ini sudah disesuaikan ukuran punggungnya, memiliki straps / tali dan buckle di pinggang dan dada. Tujuannya agar beban tidak 100% ditanggung oleh bahu, tetapi dibagi di perut. Kalau mau beli carrier jangan tergoda oleh warna atau designnya, tapi dilihat dulu apakah itu woman series (khusus untuk wanita) atau bukan. Untuk perjalanan 2 hari 1 malam, sebaiknya bawa carrier 35-55 liter.

Sumber foto by instagram @eiger.mountaineering

2. Jaket Gunung

Poin kedua yang wajib dibawa wanita saat mendaki gunung yakni jaket gunung. Tubuh wanita tidak sekuat tubuh pria, berlaku pula dalam pendakian. Jika anak laki bisa kuat tanpa jaket di atas gunung, maka bagi wanita itu hal yang hampir tidak mungkin. Oleh karena itu bawalah 1 jaket gunung tebal wanita. Mengapa harus jaket yang tebal? Bukan jaket biasa atau sweater? Berjaga-jaga tentu lebih baik daripada pilih-pilih. Dalam puncak atau perjalanan gunung di atas 1500 mdpl sudah pasti bersuhu dingin oleh karena itu jaket tebal pasti akan sangat menghangatkan tubuh. Belum lagi saat ada hujan, jaket benar-benar sangat membantu.

Sumber foto by instagram @eiger.mountaineering

Tips: saat perjalanan mendaki (siang/malam) kamu bisa memasukkan jaketmu di tas carrier, atau bisa diikatkan dipinggang karena saat berjalan mendaki umumnya suhu tubuh naik sehingga rasanya panas dan berkeringat. Saat malam hari atau perjalanan summit atau menuju puncak baru saat yang nyaman untuk memakai jaket gunung.

3. Sepatu Trekking /Sepatu gunung

Sepatu gunung lebih bagus untuk wanita ketimbang sandal gunung. Jika memakai sepatu, kaki tentunya lebih terlindung. Namun kembali pada pribadi masing-masing. Memakai sandal gunung juga lebih ringan dan bagi sebagian lain, lebih nyaman. Jangan lupa pakai kaos kaki.

Sumber foto by instagram @eiger.mountaineering

4. Sandal Gunung

Siapa bilang ke gunung enggak boleh pakai sandal? Boleh kok, asalkan dipakainya bukan pas mendaki, tetapi saat sedang istirahat di camp. Bukannya apa-apa, sandal gunung memang kurang aman dipakai untuk mendaki dan resiko cedera nya lebih besar. Kalau tidak punya sandal gunung, di camp bisa pakai sandal jepit kok.

Sumber foto by instagram @eiger.mountaineering

5. Sleeping Bag

Sleeping bag adalah bawaan wajib ketika naik gunung. Sleeping bag juga membantu kita untuk tidur lebih nyaman, Apalagi yang bagian dalamnya ada lapisan polar. Tidur jadi enak banget, hangat dan nyaman.

Sumber foto by instagram @sleepingbag3333

6. Sarung Tangan

Bagi wanita membawa kaos tangan adalah wajib. Suhu dingin di gunung tidak bisa ditolerir, untuk itu bawalah kaos tangan. Jangan malas untuk membawanya karena harganya murah dan tidak membuat tas semakin berat. Beli aja sarung tangan murah di tepi-tepi jalan. Soalnya sarung tangan yang ini untuk dipakai jalan mendaki. Sebab kalau tidak hati-hati, kita bisa terkena yang membuat tangan kita jadi gatal, terluka dan panas.

Sumber foto by instagram @07advntr

7. Headlamp

Ketika melakukan pendakian di malam hari atau summit attack dari subuh, pastinya butuh lampu untuk menerangi jalan. Headlamp juga memudahkan pergerakan kita karena dilingkarkan ke kepala. Jadi yang dibawa naik gunung adalah headlamp bukan senter ya, tetapi jika tidak ada boleh gunakan senter sebagai pilihan terakhir.

Sumber foto by [email protected]

8. Matras

Matras itu berguna untuk alas kita duduk/masak di camp dan sebagai alas tidur di dalam tenda.

Sumber foto by instagram @sleepingbag_store

9. Trekking pole (tongkat)

Trekking pole bagi wanita sangat berguna ketimbang laki-laki. Wanita umumnya sering kehilang keseimbangan saat berjalan mendaki dan turun. Untuk itu bawa trekking pole akan sangat membantu.

Sumber foto by instagram @lamongan_outdoor_gear

10. Pakaian

Sekarang sudah banyak baju quick dry yang memiliki banyak pilihan warna. Kaos quick dry ini tipis, ringan dan sesuai namanya, cepat kering. Kalau kaos quick dry, cukup kita angin-anginkan sebentar sudah kering dan siap dipakai jalan lagi keesokan hari. Oh iya, kalau tidak punya baju quick dry lengan panjang, boleh pakai manset untuk menutupi tangan. Selain melindungi dari sinar matahari, manset juga melindungi kita dari alergi gatal beberapa tanaman di hutan.

11. Celana Jalan
ketika naik gunung sebaiknya gunakan celana panjang atau celana cargo. Tetapi bagi teman-teman memilih tetap memakai celana pendek karena bisa bergerak lebih leluasa. Boleh saja, tapi jangan lupa pakai celana legging ya sebagai tambahan.

12. Obat-obatan Pribadi
Walaupun kita sehat bugar ketika berangkat mendaki, bisa saja di tengah pendakian kita jatuh sakit. Oleh karena itu jangan sampai lupa membawa obat-obatan pribadi.

13. Jas Hujan
Ketika hujan melanda, kita tidak bisa terus-terusan berdiam diri. Pendakian harus tetap dilanjutkan dengan memakai jas hujan.

Sumber foto by instagram @eiger.mountaineering

Tips Bawaan Khusus Bagi Kaum Wanita :

Nah, untuk barang-barang di bawah ini, khusus untuk wanita saja. Barang apa saja ya?

1. Tissue Basah

Ini salah satu yang penting bagi aku, dimana ini bisa digunakan sebagai pengelap keringat yang nempel dibadan atau wajah agar tetap bersih walaupun tidak mandi seharian. Setelah seharian kita mendaki, sebaiknya laplah terlebih dahulu badan kita dengan tissue basah lalu mengganti baju agar tidak masuk angin dan bisa tidur dengan nyenyak. Atau bisa digunakan sebagai penolong pertama saat mau buang air ketika harus menghemat air/tidak ada air saat di hutan.

2. Make up standar

Bagi wanita bau badan mungkin akan sangat menggangu. Bawalah perlengkapan alat make up standar  yang kamu butuhkan. Misalnya: deodorant, lip balm (supaya bibir tidak kering), minyak muka dll.

3. Sunblock

Ini digunakan untuk melindungi kita dari sinar matahari. walaupun di gunung tidak panas katanya, tetapi tetap saja. Di gunung juga membuat kita bisa menjadi gosong setelahnya.

4. Buff / slayer

Buff atau slayer ini selain untuk menghangatkan leher, bisa jadi bandana gaya.

5. Topi

Kalau mukanya mau lebih terlindungi lagi ya pakai topi biar enak.

6. Baju Gaya

Baju gaya adalah baju bersih yang memang kita siapkan untuk foto-foto di puncak agar tetap terlihat kece saat difoto dan tidak kucel.

7. Kacamata

Bagi wanita penampilan tentu nomor satu. Kacamata hitam bisa membantu menjaga mata dari sinar matahari dan debu. Atau jika kamu memang memiliki pandangan minus maka wajib bawa kacamata

8. Alat makan

Peralatan makan biasanya adalah barang-barang grup. Namun tiap personel tentu harus membawa masing-masing yang merupakan alat wajib. Yakni: gelas plastik, sendok, piring

9. Botol minum

Bagi cewek botol minum cukup sakral. Tentu para cewek tidak akan seperti cowok yang satu botol minum untuk bersama

10. Perlengkapan mandi

Bawalah tas kecil yang berisi barang-barang toilettries agar lebih memudahkan kamu untuk membawanya. Jadi ketika kamu sudah sampai bascamp, kamu bisa mandi dahulu sebelum nanjak atau sesudah nanjak agar kamu lebih fresh dan seger ketika kamu pulang dalam perjalanan.

Tags

Desi kurniawati putri

Hi, perkenalkan, Aku bekerja di perusahaan swasta sebagai Assiten R&D Staff Devisi Laborat Kimia. Motivasi hidup aku saat ini : I do my best to be a good one. Insha Allah, Semoga artikel aku bisa memberikan manfaat bagi orang lain dan bisa menjadi kenangan terindah dikemudian hari. Thank you. Follow my instagram : @desi.kurniawatiputri

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close