Air TerjunBlog

Siapa Sangka, Cidahu Punya 2 Curug Mempesona!

Narsis ala Ratu & Raja Curug

Jika mendengar kata Cidahu, yang terlintas dari benak kita adalah daerah tersebut merupakan salah satu jalur alternative menuju puncak Gunung Salak. Padahal salah satu kecamatan di Sukabumi ini mempunyai destinasi wisata yang cukup lengkap mulai dari pemandangan yang aduhai, sampai curug yang mempesona. Berikut 2 curug yang sayang untuk dilewatkan :

  1. Curug Empat (4)

Untuk menuju curug ini, kami sepakat untuk berkemah di Cidahu, tepatnya di Bumi Perkemahan Cangkuang dimana lokasi ini cukup dekat untuk menuju Curug Empat. Selepas sarapan, kami tak mau membuang waktu, merapikan tenda dan perlengkapannya, kemudian menitipkaan barang bawaan kami di warung, dan semua sudah siap trekking ke curug.

Patokan lokasi curug ini adalah pas di pintu masuk ke puncak Gunung Salak dan Javana Spa. Tetapi kami ambil arah kanan jalan setapak, menyisir pinggir kawat Javana Spa. Di beberapa spot kita bisa melihat view kota. Jalan menuju Curug ini meski tidak terlalu ekstrim, tetapi cukup menguras tenaga. Setelah kurang lebih 1 jam kami trekking, akhirnya dari kejauhan curug mulai terlihat. Belum ada satupun pengunjung selain kelompok kami. Kami pun memanfaatkan momen ini untuk berfoto, dan mandi, merasakan kesunyian, ketersembunyian, dan kesegaran curug ini. Berikut foto-foto yang sempat kami abadikan :

Istirahat sejenak
  1. Curug Cidahu / Curug Cangkuang

Setelah puas  menikmati Curug Empat, kami melanjutkan perjalanan ke curug berikutnya, yaitu Curug Cidahu. Curug ini tidak terlalu jauh dari pintu masuk Perkemahan Cangkuang, hanya 1 km dari parkiran motor. Namun jangan mengangap remeh jarak ini ya. Diawal trekking, kami mesti kita tempuh dengan menuruni tebing curam, melewati jembatan dengan sungai kecil dibawahnya. Ternyata, setelah tiba dibawah tebing, terdapat banyak spot untuk berkemah dengan pemandangan indah disekitarnya. Tempatnya lumayan luas dan sangat nyaman karena banyak ditumbuhi rumput hijau dan taman yang terkelola dengan sangat baik.

Curug Cidahu
Narsis jaman now. hahaha

Setelah itu, jalur yang kami lalui berupa kumpulan pohon damar. Spot ini menjadi incaran para pengunjung karena  mempunyai landcape yang instagramable, pas untuk bernarsis ria. Setelah mengabadikan beberapa view, kami melanjutkan trekking dengan jalur yang sedikit menanjak dan kemudian kami menjumpai lagi spot untuk berkemah. Meskipun tidak luas seperti spot dibawah tebing tadi, lokasi ini cukup nyaman untuk mendirikan tenda. Perjalanan kami lanjutkan, tidak jauh dari lokasi tadi, kami menuruni anak tangga, tak jauh dari sini kami sudah bisa melihat keindahan curug Cidahu.

Dibawah Curug Cidahu

Perlahan tapi pasti, akhirnya kami sampai di Curug Cidahu. Sebuah curug cantik yang berada dibalik sebuah tebing dikawasan TNGHS. Dinginnya air di Curug Cidahu langsung terasa ketika kami menginjakan kaki ke tepi kolam. Curug ini mempunyai ketinggian sekitar 20 meter, dibawahnya terdapat kolam yang cukup dangkal. Jadi, masih aman untuk kami yang sekedar ingin berendam tapi tidak bisa berenang. Kolamnya  yang jernih dan bersih membuat batu yang berwarni-warni terlihat sangat jelas.

Dramatisasi ala jaman now. hehehe..

Dibawah curug Cidahu terdapat satu curug lagi bernama Curug Dua Undak. Kamipun tak mau melewatkan keindahannya dengan langsung turun menikmati, merasakan kesegaran dan keindahannya.

Untuk sampai ke curug ini tidaklah sulit. Dari jalan raya utama Ciawi-Sukabumi belok kanan, masuk setelah Pasar Cicurug. Arah masuk ditandai dengan papan penunjuk berukuran besar ke Javana Spa. Jaraknya kurang lebih 11 kilometer dari Pasar Cicurug. Jika anda berencana ke tempat ini, sebaiknya terlebih dahulu berkemah semalaman di area berkemah, sebelum esok paginya trekking menuju kedua curug ini untuk menikmati keindahan alamnya dipagi hari.

Tags

Idrisaje -

bukan siapa-siapa. hanya mencoba berdamai dengan takdir Tuhan....

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close