Home / Blog / Pantai / Si Cantik Pulau Sabu dan Raijua di Nusa Tenggara Timur

Si Cantik Pulau Sabu dan Raijua di Nusa Tenggara Timur

Pulau Sabu, iya benar Sabu. Mendengar namanya saja kita sebagian besar belum dan seperti masih asing mendengarnya. Pulau Sabu atau bisa juga disebut Sawu atau Savu ini biasa menyebutnya dengan sebutan Rai Hawu yang berarti tanah dari Hawu, sedangkan orang Sabu sendiri menyebut dirinya dengan sebutan Do Hawu namun resminya kini bernama Sabu.

Pulau Sabu dan Pulau Raijua adalah dua pulau yang menyimpan keindahan alam yang sangat luar biasa. Pulau Sabu dan Pulau Raijua adalah salah satu dari gugusan pulau di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Disini sangat banyak peninggalan sejarah dan budaya yang sangatlah eksotis. Juga harus di jelajahi. Pasir yang bersih, pantai yang indah, ombak yang menantang, budaya yang masih amat terjaga, menjadi daya tarik utamanya.

Berikut beberapa tempat wisata di pulau Sabu dan Raijua :

Kelebba Maja

Letaknya di Kecamatan Sabu Liae, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur. Disitu kamu bisa menikmati ukiran alam yang indah yaitu berupa bebatuan dengan hiasan lukisan erosi cantik, dengan warna merah marunnya. Unik bukan? Ini hanya bisa kamu jumpai di pulau Sabu.

 

Kelebba Maja sumber by Google

Gua Liemadira

Gua Liemadira terletak sekitar 10 Km dari kota Seba. Gua yang letaknya di Kecamatan Hawo Mehara ini sangatlah cocok buat kamu-kamu yang berjiwa adventure atau suka berpetualang. Gua ini memiliki hiasan interior yang sangat cantik memikat, juga ditambah dengan kolam yang berasa sejuk juga air yang jernih menambah keindahannya.

Gua Lie Madira sumber by Google

Pantai Napae

Pantai ini terletak di Kecamatan Sabu Barat, memiliki pantai dengan pasir yang putih dan terlihat bersih. Di samping itu, kamu juga bisa menunggu dan menikmati sunset dengan bersantai di gazebo nya. Oh iya, pantai ini juga dekat dengan pelabuhan laut Seba dan bandara Terdamu.

Pantai Napae sumber by Google

Pantai Seba

Adanya di kota Seba. Jika menggunakan kapal untuk berkunjung ke Sabu, kamu pastinya akan diperlihatkan langsung dengan pemandangan keren pantai ini, ketika kapal yang dinaiki tengah bersandar di Pelabuhan Seba. Pantai ini adalah salah satu dari beberapa pantai terbaik di Pulau Sabu. Pasir yang putih, airnya jernih, kondisinya tenang, sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata favorit.

Pantai Seba sumber by Google

Pantai Rai Mea

Tidak hanya pasirnya yang putih, tebing-tebing kecil berwarna putih kekuningan menjadi nilai tawar tersendiri bagi pantai yang terletak di desa Loborai, Kecamatan Sabu Timur ini.

Pantai Rai Mea sumber by Google

Kampung Adat Namata 

Yang sakral dan keramat kampung ini merupakan objek wisata budaya di Pulau Sabu. Jadi, jika kamu kesana kamu akan dapatkan berbagai macam kegiatan dan aktifitas warga disana. Untuk menjangkau wilayah ini, kamu cuma perlu berjalan, setidaknya 30 menit dari kota Seba.

Kampung Adat Kudji Ratu

Kampung Adat Kudji Ratu

Kampung ini letaknya di wilayah Sabu Timur. Seperti layaknya kampung adat pada umumnya. Kamu dapat melihat seluk beluk perkampungan tersebut. Untuk mengunjunginya kamu harus didampingi dengan orang yang sudah paham dan mengerti bahasa kampung ini. Untuk mencapainya ke pulau Sabu tersebut kamu bisa menyewa motor kira-kira Rp200.000 perhari. Berjarak sekitar 15 km dari pusat kota. Jadi kamu bisa menyewa kendaraan, untuk menghemat tenaga.

Taji Ayam 

Nah, ini merupakan bagian dari kalender event Adat Hole yang sangat terkenal dan paling dinanti-nantikan oleh seluruh masyarakat Sabu Raijua. Ramainya peminat Taji Ayam ini hampir sama dengan perayaan piala dunia. Bagi warga Sabu, Taji Ayam ini merupakan simbol juga kegiatan adat warga Sabu. Didalamnya terselip sebuah filosofi, yaitu daerah yang ditumpahkan pada ajang ini adalah berlambang, tidak ada lagi darah manusia yang tumpah di tanah Sabu. Artinya jangan ada konflik apapun.

Taji Ayam

Itulah beberapa tempat wisata dan budaya di pulau Sabu. Juga keindahan dan kecantikan memikat si kecil Pulau Sabu. Yang wajib banget kamu kunjungi dengan berbagai kultur yang masih sangat apik terjaga dan tertata.

Selamat berlibur backpacker.

Angkat ranselmu.

Penulis : ariwidi @ari_widiyastuti

About Ari Widi

Sedikit bicara, banyak menulis..
Mencintai sastra,
Suka membaca dan membuat puisi
Menulislah dengan imajinasimu yang paling tinggi.

Check Also

7 Destinasi Wisata di Kalimantan Yang Wajib Anda Datangi

Pulau Kalimantan atau dikenal juga dengan Borneo, memiliki potensi wisata baik wisata alam maupun pantai. …