Pulau Kumala, Pulau Bak Kapal Di Tenggarong

Pulau Kumala yang sering disebut Pantai merupakan sebuah delta sungai yang sering terendam jika air Sungai Mahakam meluap.

Pada tahun 2002, Pulau ini diresmikan menjadi objek wisata karena keindahan alamnya dan letaknya yang berada di tengah sungai Mahakam sehingga terlihat seperti sebuah kapal di tengah sungai.

Luas Pulau Kumala kurang lebih 81 Hektar.

madriyanto.blogspot.com
madriyanto.blogspot.com

Menurut berbagai sumber yang saya peroleh bahwa pulau kumala dulunya merupakan sebuah pulau yang tak berpenghuni dengan di tumbuhi aneka pohon khas Kalimantan.

Seperti Ulin, Meranti, Bengkirai serta menjadi tempat hidup dan berkembanganya habitat bekantan ( monyet berhidung panjang ).

Pada tahun 2002 Pulau Kumala di rubah menjadi salah satu destinasi pariwisata unggulan di Kabupaten Kutai Kartanegara dengan mengusung konsep seperti di Taman Mini Indonesia Indonesia Indah ( TMII ) dengan menggunakan APBD.

flickr.com

Sebagai taman rekreasi, Pulau Kumala memiliki sekitar 10 wahana permainan yang bisa Anda nikmati.

Seperti jet coaster, bombom car, gokart, komedi putar, kereta gantung, dan kereta api mini untuk mengelilingi pulau dan lain sebagainya.

Selain itu Anda juga dapat menikmati Kota Tenggarong dari ketinggian dengan menaiki Planetarium (Sky Tower). Tinggi Sky Tower ini mencapai 75 meter.

travel.grivy.com

Objek Wisata ini juga memiliki sebuah akuarium raksasa yang dipergunakan khusus untuk menampung ikan pesut (orcaella brevirostris).

Ikan ini yaitu spesies lumba-lumba air tawar yang juga terdapat di Sungai Irawady, Brazil dan Sungai Mekong di China.

Lokasi Pulau Kumala

Lengkap nya, pulau ini terletak di tengah-tengah delta Sungai Mahakam yang terletak di Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Anda dapat mengunakan kendaraan umum seperti bus atau kendaraan pribadi sebagai alat transportasi.

Setelah sampai di tepi Sungai Mahakam, Anda dapat mencapai Pulau Kumala dengan menyewa perahu motor kecil (Ketinting)

Namun ika Anda takut menggunakan perahu, Anda juga dapat menuju Pulau Kumala dengan kereta gantung.

dhebunciet.blogspot.com

Tarif Masuk ke Wisata Pulau Kumala

Untuk menyewa perahu (ketinting) biaya yang harus Anda keluarkan sekitar Rp6.000,-

Biaya masuk Rp2.000,-/ orang

Tarif wahana rekreasi bervariasi antara Rp2.000,- s/d Rp25.000,-.

Hits: 1948

Guntur agung

Aku hanya seorang anak kampung kelahiran Purworejo, 12 Januari 1995. Tumbuh besar dengan adat budaya Kota Solo yang sedang mencoba memperpanjang nama sekaligus mengais rejeki di tanah rantau, Jakarta.
Aku adalah orang yang tidak akan mengingat hari, tetapi yang kuingat adalah momen penting dan berkesan sehingga bisa ku curahkan dalam tulisan.

Baca Artikel Lainnya