Pesona Pulau Weh Aceh

Menuju ujung kepulauan Indonesia adalah salah satu hal yang terngiang di benak para traveller. Di bagian barat Indonesia, tepatnya di sebuah pulau di dekat Aceh ada surga yang belum banyak terjamah. Surga tersebut bernama Pulau Weh. Sebuah pulau cantik yang terletak di titik nol kilometernya Indonesia yang terletak di kota Sabang dan terdiri dari lima pulau besar dan kecil, yakni Pulau Weh sebagai pulau terbesar, Pulau Rubiah, Pulau Klah, Pulau Seulako, dan Pulau Rondo. Bagi para pecinta wisata laut, Pulau Weh merupakan tempat yang tepat untuk kegiatan menyelam dan berselancar.

pulau weh

foto: Hasbi Azhardiwana

Saat ini Sabang merupakan incaran destinasi yang menawarkan surga bagi para penyelam. Di sini Anda dapat menikmati alam bawah laut dan menemukan ratusan spesies ikan serta terumbu karang yang alami dan anda juga dapat menikmati pemandangan daratan yang sangat menawan.

Untuk menapakkan kaki di Pulau Weh tentu nya kita harus melewati jalur udara dari tempat asalmu menuju Bandara di Aceh adalah Sultan Iskandar Muda yang terletak di ibukota provinsi tersebut yakni Banda Aceh yang terkenal dengan julukan Serambi Mekkah. Setelah ini di lanjutkan menuju Pelabuhan Ulee Lheue yang menjadi tempat dimana kita bisa menyebrang menuju Pulau Weh. Di sana terdapat dua jenis kapal yaitu kapal ekspres atau ferry. Perbedaan dari dua jenis kapal ini adalah kecepatannya. Jika menggunakan kapal ekspress perjalanan ditempuh kurang lebih 45 menit. Sementara kapal ferry waktu yang dibutuhkan adalah 2 jam.

pulau weh aceh

foto: Scancanner

Setelah sampai pasti nya kalian membutuhkan penginapan yang sesuai dengan kantong kalian bukan ? Nah Ada banyak penginapan dengan harga bersahabat yang bisa kamu temukan di pulau ini seperti: Balohan, Sabang, Iboih, Gapang, Sumur 3, serta beberapa daerah lainnya yang menawarkan harga di mulai dari Rp. 50.000/malam dengan fasilitas kipas angin sampai yang mahal dan ber AC. Semua tergantung pilihan dan kenyamanan serta kantong kalian.

Ok gaes berikut informasi yang sedikit bisa membantu kalian untuk memanjakan kaki di Pulau Weh ini. Oh iya untuk mengelilingi Pulau Weh dan sekitarnya, disarankan kalian sharecost dengan tourism lain apabila kalian pergi dengan jumlah yang sedikit makan biaya akan lebih irit. Jangan malu untuk bertanya ya gaes.

Baca Artikel Lainnya