Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kabupaten Situbondo

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kabupaten Situbondo

Tahukah kamu, jika setiap Tanggal 13 Februari di peringati sebagai Hari Persatuan Farmasi Indonesia?

Yaps, pada tanggal tersebut menjadi tanggal sejarah terbentuknya Persatuan Ahli Farmasi Indonesia atau disingkat sebagai PAFI, yang dibentuk pada tanggal 13 Februari 1946.

Tanggal tersebut merupakan momen yang menandakan perjuangan bangsa untuk memperbaiki dan menambah sumber daya manusia di bidang farmasi dari segi kualitas maupun kuantitas.

Hari Persatuan Farmasi Indonesia
Hari Persatuan Farmasi Indonesia

Beberapa Persatuan diantaranya yakni Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kabupaten Situbondo yang menjadi salah satu perhimpunan Farmasi di wilayah Jawa Timur.

Kabupaten Situbondo ini adalah sebuah wilayah kabupaten di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kota Situbondo berada di kecamatan adalah Situbondo.

Kabupaten Situbondo terletak di daerah pesisir utara pulau Jawa, di kawasan Tapal Kuda dan dikelilingi oleh perkebunan tebu, tembakau, hutan lindung Baluran dan lokasi usaha tambak udang dan perikanan.

Nah dengan letaknya yang strategis, di tengah jalur transportasi darat Jawa-Bali, kegiatan perekonomian di kabupaten ini termasuk yang paling aktif di Jawa Timur

Sejarah Persatuan Ahli Farmasi Indonesia

Sejarah Persatuan Ahli Farmasi Indonesia
Sejarah Persatuan Ahli Farmasi Indonesia

Hari Persatuan Farmasi Indonesia atau yang sering disebut PAFI dimulai pada tahun 1946. Tahun tersebut menjadi awal didirikannya sebuah organisasi yang menyatukan seluruh apoteker di Indonesia.

Berdasarkan catatan sejarah, Ahli Farmasi Indonesia sudah ada sejak di Proklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Mereka telah berjuang bahu membahu dengan semua golongan masyarakat, untuk melenyapkan penjajahan dari muka bumi Indonesia.

Dan mereka juga serta turut aktif mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kemudian ikut serta dalam Pembangunan Masyarakat dan Negara.

Ahli Farmasi Indonesia merupakan salah satu potensi pembangunan yang tidak pernah absen dalam perjuangan pembangunan Negara.

Sebagai salah satu potensi pembangunan sesuai Fungsinya, Ahli Farmasi Indonesia disamping tugas keseharian, tetap ikut serta mempertinggi taraf kesejahteraan umum, khususnya dibidang Kesehatan Masyarakat dan Farmasi.

Dan Pada tanggal 13 Februari 1946, di Yogyakarta dibentuklah suatu Organisasi yang dinamakan “Persatuan Ahli Farmasi Indonesia “ sebagai wadah untuk menghimpun Semua Tenaga yang Bakti Karyanya di bidang Farmasi, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia selanjutnya disingkat “PAFI.

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia
Persatuan Ahli Farmasi Indonesia

PAFI dan Pengurus Pusat PAFI berkedudukan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berazaskan Pancasila, Organisasi PAFI adalah Organisasi Profesi yang bersifat Kekaryaan dan Pengabdian.

Termasuk salah satunya yakni Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kabupaten Situbondo yang sudah dibentuk.

Adapun Tujuan dan maksud dibentuknya Persatuan Ahli Farmasi Indonesia ini yakni Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Bisa Mewujudkan Derajat Kesehatan yang Optimal bagi Masyarakat Indonesia serta mengembangkan dan meningkatkan Pembangunan Farmasi Indonesia.

Tujuan lainnya adalah Meningkatkan Kesejahteraan Anggota Persatuan Ahli Farmasi Indonesia.

Tentang Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kabupaten Situbondo

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kabupaten Situbondo
Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kabupaten Situbondo

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya jika, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia memiliki banyak cabang di setiap daerah baik tingkat kabupaten maupun kota hingga provinsi.

Nah salah satunya adalah Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kabupaten Situbondo atau PAFI Kabupaten Situbondo kini telah dibentuk dan diresmikan.

PAFI Kabupaten Situbondo sendiri berlokasi di Jl. Irian Jaya 124-86, Krajan Mimbaan, Mimbaan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68323.

Tujuan dibentuknya Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kabupaten Situbondo tentunya selarasa dengan misi dan visi yang dimiliki oleh PAFI  sendiri.

Seperti untuk meningkatkan Kesejahteraan Anggota Persatuan Ahli Farmasi Indonesia yang ada di wilayah kabupaten Situbondo Jawa Timur.

Serta meningkatkan kualitas dan pelayanan serta Kesehatan yang baik bagi masyarakat Kabupaten Situbondo serta mengembangkan dan meningkatkan Pembangunan Farmasi Indonesia khususnya di wilayah Kabupaten Situbondo.

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Era Digitalisasi

Pafi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia
Pafi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia

Meningkatknya Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, tentunya telah banyak menghadirkan perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan.

Termasuk didunia Medis dan Farmasi seperti informasi tentang cara pelayanan kesehatan, farmasi, sampai tata kelolanya.

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) sebagai organisasi profesi yang menaungi tenaga teknis kefarmasian pun berperan strategis mengawal dan memanfaatkan era digitalisasi ini.

Tentunya untuk meningkatkan kualitas pelayanan farmasi di Indonesia.

Organisasi yang menghimpun para ahli di bidang farmasi seperti Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) dituntut untuk terus berinovasi mengikuti perkembangan yang pesat di era digital ini.

Hits: 20

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok.

Instagram : @backpackerjakarta
Tiktok : @backpackerjakarta
Twitter : @official_bpj
Facebook : backpackerjakarta
Group Wa : 081237395539