GunungLiputan Trip

Pendakian Gunung Slamet

Gunung Slamet merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru. Terletak di kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Ketinggiannya mencapai 3428 mdpl. Ada beberapa jalur untuk mencapai Gunung Slamet diantaranya adalah jalur pendakian lewat Bambangan.

gunung selamet

Perjalanan dari basecamp ke pos satu (Pondok Gembirung) di tempuh kurang lebih dua sampai tiga jam. Pos satu ke pos dua (Pondok Walang) di tempuh selama satu setengah sampai dua jam , kemudian untuk sampai ke pos tiga (Pondok Cemara) memakan waktu dua sampai tiga jam, dari pos tiga menuju pos empat (Samaranthu) satu sampai satu setengah jam. Dilanjutkan ke pos lima (Samyang Rangkah) dapat di tempuh hingga satu jam.

puncak gunung selamet

Untuk Menuju pos enam (Samyang Jampang) perjalanan akan ditempuh kurang lebih selama satu jam. begitupula Satu jam tambahan untuk menuju pos tujuh (Samyang Kendit). Setengah jam untuk menuju pos delapan (Kendit), dan pos sembilan (Plawangan) dua sampai tiga jam dapat di tempuh untuk sampai ke puncak.

jalur gunung selamet

Sebenarnya lama waktu perjalanan tergantung dari kekuatan dan kecepatan masing- masing pendaki.

Berikut hal – hal yang harus diperhatikan saat mendaki :

?Bawa bekal (makan/minum)secukupnya karena perjalanan cukup jauh dan melelahkan. Tiap pos juga ada warung untuk makan dan minum.
?Saat ke puncak hati – hati karena medan berbatu dan berpasir (rawan longsor dan jatuh).
?Usahakan sampai puncak sebelum jam 5 subuh agar dapat melihat indahnya matahari muncul di awal pagi.

 

Editor : Aemilia Dessy Setianingrum 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close