Alam & TamanPantaiPulau

Merepih Alam Di Salah Nama

Keindahan obyek wisata Pulau Salah Namo (Salah Nama) yang terletak berada di Desa Bogak, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara. Pulau Salah Namo ini merupakan pulau terluar yang berbatas dengan Pulau Berhala, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.
Perjalanan menuju pulau tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 2 sampai 3 jam mengunakan perahu boat atau nyewa perahu nelayan sekitar dari dari dermaga Tanjung Tiram.

Pulau Salah Nama ini menyajikan pemandangan laut berwarna biru, keindahan alam bawah laut, tepian pantai bebatuan, hempasan angin, dan deburan ombak selat Malaka. Di pinggir pantai wisatawan bisa melihat kerambah-kerambah budi daya pengemukan ikan hasil tangkapan para nelayan.

foto by mapio.net

Siapa menyangka awalnya pulau ini diberi nama organ seksual perempuan karena bentuknya seperti klitoris. Dari situ pula kamu bisa menilai asal usul nama “Pulau Salah Nama” ini sebenarnya. Setidaknya itulah pernyataan beberapa nelayan yang sering hilir mudik mencari sotong dan cumi-cumi di perairan selat malaka.

Namun, belakangan masyarakat nelayan menyadari nama tersebut tidak nyaman disebutkan, sehingga ketika ditanya wisatawan, mereka enggan menyebutnya dan menuturkan “Salah Nama” hingga para nelayan pun mengganti pulau itu dengan nama Pulau Salah Nama.

Ketika malam menghampiri pulau, kamu akan dimanjakan dengan kerlap kerlip dari lampu kapal para nelayan yang sedang melaut ditambah lagi deburan ombak yang berderu keras dan hawa dingin yang tidak akan kamu rasakan ketika berada di kota.

Di siang harinya, kamu tidak boleh melewatkan kegiatan menaiki puncak bukit di Pulau Salah Nama ini, karena dari atas terlihat pemandangan yang luar biasa indah dari bentuk keseluruhan pulau ini. Kamu juga tidak perlu khawatir pada terik matahari, karena kamu dapat berteduh di bawah rimbunnya pepohonan yang menjulang tinggi di pulau ini.

AKSES MENUJUPULAU SALAH NAMA

Mengunjungi Pulau Salah Nama, dapat menaiki perahu bermotor dari dermaga Tanjung Tiram. Pelabuhan Tanjung Tiram berada sebelah Tenggara Kota Medan dengan jarak tempuh sekitar 145 kilometer dari Kota Medan. Waktu tempuh dari Pelabuhan Tanjung Tiram tidak lebih dari 1 jam saja menggunakan speedboat. Jika cuaca mendukung, tidak jarang dapat ditempuh hanya 45 menit saja. Lain lagi jika menunggang jetsky, tentu waktu tempuh hanya butuh 30 menit saja.

Tags

BerlianSelig

Jangan biarkan dunia merubahmu tapi berusahalah dunia yg mengubah kita

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *