Alam & TamanDanau & Sungai

Menyepi di Ketinggian Embung Batara Sriten, Gunung Kidul Yogyakarta

Ingin cari lokasi wisata yang sedikit berbeda tapi tetap menghadirkan pesona alam yang luar biasa??!! Nah, sebagai alternatifnya kamu bisa coba kunjungi beberapa Embung atau lebih tepatnya waduk buatan yang berada di Kota Yogyakarta. Salah satunya yakni Embung Batara Sriten yang terletak di wilayah Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sumber: piknikasik.com

Embung Batara Sriten terletak di Padukuhan Sriten, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Dibuat diatas ketinggian mencapai 800mdpl , Embung ini tampak kokoh dan gagah jika dilihat dari perbukitan Karst Gunung Kidul. Konon, Embung yang satu ini juga didedikasikan menjadi Embung tertinggi di tanah Jawa. Lokasinya yang strategis memang sangat cocok dijadikan lahan pertanian. Seperti wisata kebun buah yang tak jauh dari Embung sendiri , dengan varietas beberapa jenis buah-buahan khas dataran Gunung Kidul bisa menjadi buah tangan ketika kamu berkunjung.

Sumber: mandrapahlawa.blogspot.com

Sepintas terdengar, namanya memang sangat unik dan seperti mengandung unsur-unsur mitologi Jawa yang kental. Namun dibalik keunikan namanya tersebut ternyata Embung Sriten memang memiliki pancaran keindahan yang berbeda dari waduk buatan biasanya. Embung sendiri merupakan tempat tampungan persediaan aliran air hujan sebagai cadangan air di musim kemarau. Lokasi dataran tinggi Gunung Kidul yang tergolong daerah kering dan berbatu memang sangat cocok untuk dibuatkan semacam Embung guna suplai kebutuhan air mencukupi.

Sumber: mandrapahlawa.blogspot.com

Pesona exotis yang tak perlu kamu pertanyakan lagi dari ketinggian Embung Batara Sriten. Yakni, Hamparan luas keindahan Kota Klaten hingga Gagahnya Waduk Gajah Mungkur Wonogiri bisa kamu saksikan dengan leluasa dari Embung ini. Cekungan Embung dengan tampungan air yang berwarna biru tampak menyiratkan kesegaran bagi siapa saja yang memandangnya. Udara segar dan bebas tanpa polusi cocok sekali kamu jadikan lokasi menyepi dan mengasingkan diri dengan suasana yang lain. View landscape yang full frame berupa mewahnya rentetan pepohonan hijau, dibalut birunya langit dan tumpukan awan yang lembut.

Sumber: piknikasik.com

Akses menuju lokasi, pasti kamu bisa tebak sendiri dong jalanan Gunung Kidul seperti apa!! Sudah jelas bahwa untuk bisa menikmati sebuah keindahan memang diperlukan sebuah usaha dan perjuangan yang ekstra (seperti kamu memperjuangkan si “Dia”) terrmasuk untuk menuju Embung Sriten ini kamu harus ekstra hati-hati dengan jalanan licin dan naik turun. Fasilitas semacam gazebo-gazebo sederhana, mushola, dan toilet sudah dipersiapkan oleh pihak pengelola. Untuk tiket masuknya sendiri tergolong murah meriah yakni hanya Rp. 3000,- kamu bisa menikmati wisata air yang lain daripada yang lain. Tunggu apalagi !!!

Sumber: piknikasik.com

 

Sumber Referensi: gunungkidulku.com & ngadem.com

 

Tags

Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *